Sosialisasi Anti-Bullying Untuk Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v6i1.1720Keywords:
Bullying, Karakter, Lingkungan Pendidikan, Sekolah Dasar, KKNAbstract
Bullying merupakan salah satu permasalahan serius yang dapat mengganggu perkembangan psikologis, sosial, dan akademik siswa, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Pencegahan sejak dini diperlukan agar tercipta lingkungan pendidikan yang aman, ramah anak, dan mendukung tumbuh kembang peserta didik. Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan sosialisasi anti-bullying sebagai bentuk pengabdian masyarakat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SD Inpres 12/79 Liliriatang, Desa Liliriatang, Kecamatan Lappriaja, Kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah observasi partisipatif dengan melibatkan seluruh siswa kelas I hingga kelas VI. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa kelas rendah mampu memahami pesan sederhana mengenai larangan menyakiti teman melalui pendekatan cerita, permainan, dan tayangan visual, sedangkan siswa kelas tinggi menunjukkan kemampuan berpikir analitis dan kesadaran moral terhadap dampak bullying. Guru menilai kegiatan ini efektif untuk mendukung program sekolah ramah anak dan memperkuat upaya pencegahan perundungan. Dengan demikian, sosialisasi anti-bullying dapat disimpulkan sebagai strategi penting dalam membangun kesadaran kolektif, menumbuhkan nilai empati, serta menciptakan budaya sekolah yang aman, inklusif, dan bebas dari perundungan.
References
P. S. N. Wardhani and T. Alawiyah, “Penanaman Nilai-Nilai Karakter kepada Generasi Muda untuk Mencegah Perundungan,” Ducare: Journal of Education and Learning, vol. 1, no. 2, pp. 59–74, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.limitlabel.com/index.php/ducare/article/view/75
D. Rachmawati, “Bullying dan dampak jangka panjang koneksi dengan kekerasan dan kriminalitas,” JOIES (Journal of Islamic Education Studies), vol. 9, no. 1, pp. 83–104, Aug. 2024, doi: 10.15642/joies.2024.9.1.83-104.
P. F. Listiani, M. Fauziah, A. D. E. Fatmala, F. Fathurahman, M. Khaerima, and N. N. Azizah, “Perilaku Bullying Pada Anak Di Sekolah Dasar,” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 38–47, Feb. 2024, doi: 10.55606/jurripen.v3i1.2672.
R. V. Astifionita, “Memahami dampak bullying pada siswa sekolah menengah: Dampak emosional, psikologis, dan akademis, serta implikasi untuk kebijakan dan praktik sekolah,” Lebah, vol. 18, no. 1, pp. 36–46, 2024. [Online]. Available: https://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/238
S. H. Saleh et al., “Sosialisasi Anti Bullying Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Perilaku Baik Peserta Didik di SMA Negeri 1 Samarinda,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, vol. 1, no. 1, pp. 31–44, Jun. 2024, doi: 10.30872/jpmpg.v1i1.3541.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.
D. Daniyantara et al., “Sosialisasi Anti Bullying sebagai Upaya Mencegah Perundungan di SDN 1 Masbagik Timur, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur,” Kreasi: Jurnal Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 220–231, Dec. 2024, doi: 10.58218/kreasi.v4i3.1085.
M. A. Santso, R. Anggraeni, L. Mahfudz, and I. F. A. F. Lailiyah, “Sosialisasi Penanaman Nilai Karakter dalam Upaya Meminimalisir Potensi Bullying di SDN Gempolklutuk,” Ta’awun: Jurnal Pengabdian, vol. 4, no. 1, pp. 32–41, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/taawun/article/view/231
J. Yulian, S. Ahmad Adi, and I. Siti Rachmi, “Pendekatan Partisipatif dalam Program Bahari Sembilang Mandiri sebagai Upaya Peningkatan Inisiatif Lokal,” Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, vol. 1, no. 7, pp. 496–504, Oct. 2022, doi: 10.58344/locus.v1i7.168.
B. C. Repelino, C. J. Paradisa, C. N. Aulya, T. F. Nurhayati, T. N. Devi, and B. Setiawan, “Perbandingan Efektivitas Video Pembelajaran Ceramah dan Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa,” Action Research Journal Indonesia (ARJI), vol. 6, no. 4, Dec. 2024, doi: 10.61227/arji.v6i4.233.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0







