Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk Mendesain Modul Pembelajaran di Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Makassar

Authors

  • Nur salam Universitas Dipa Makassar
  • Faisal Faisal Universitas Dipa Makassar
  • Erni Marlina Universitas Dipa Makassar
  • ST Aminah Dinayati Universitas Dipa Makassar
  • Nurdin Nurdin Universitas Dipa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i2.1689

Keywords:

Artificial Intelligence, Modul Pembelajaran, Guru, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi Artificial Intelligence (AI) ke dalam pembelajaran. Pesatnya perkembangan AI menuntut guru agar mampu memanfaatkannya secara tepat dalam merancang modul ajar yang kreatif, inovatif, serta relevan dengan kebutuhan peserta didik. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup pelatihan, praktik langsung, dan pendampingan dalam pembuatan modul ajar berbasis AI. Guru diperkenalkan pada aplikasi AI yang dapat dimanfaatkan untuk penyusunan materi, visualisasi interaktif, hingga perancangan evaluasi digital. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest guna mengukur peningkatan kompetensi sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan guru dalam memahami serta mengaplikasikan teknologi AI dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.73. Guru tidak hanya lebih terampil mengoperasikan aplikasi AI, tetapi juga mampu menghasilkan modul ajar yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam mendorong transformasi digital pendidikan, khususnya di SMK SMTI Makassar, serta diharapkan dapat menjadi model pelatihan yang dapat direplikasi di sekolah lain.

References

W. Holmes, M. Bialik, and C. Fadel, Artificial intelligence in education promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign, 2019.

M. Granström and P. Oppi, “Assessing Teachers’ Readiness and Perceived Usefulness of AI in Education: An Estonian Perspective,” in Frontiers in Education, Frontiers, 2025, p. 1622240.

C. T. Murniati, T. D. Hastuti, and R. Sanjaya, “Exploring the Integration of Artificial Intelligence in K-12 Education: An Indonesian Case,” in 7th Celt International Conference (CIC 2024), Atlantis Press, 2024, pp. 165–176.

S. T. Setyawati and I. J. J. Y. Putra, “The Analysis of Teacher Readiness in Implementing an AI (Artificial Intelligence) on Biology Subject at SMAN 1 Ampel,” Kurikula J. Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 84–94, 2025.

S. F. Meilana and S. Ithriyah, “Pengabdian Terhadap Masyarakat: Pelatihan Chat GPT Sebagai Alat Bantu Pembuatan Modul Ajar: Pengabdian,” J. Pengabdi. Masy. dan Ris. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 117–120, 2025.

B. H. Zega, M. N. Sibuea, and N. Ritonga, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Digital terhadap Efektivitas Proses Belajar di Sekolah Dasar,” Modem J. Inform. dan Sains Teknol., vol. 3, no. 3, pp. 97–109, 2025.

R. D. Liklikwatil, S. T. A. Dinayati, F. Fatmasari, N. Nurdin, and N. Salman, “Inovasi Pembelajaran dengan Web Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Ibnul Qayyim Islamic School (IQIS) Makassar,” JDISTIRA-Jurnal Pengabdi. Inov. dan Teknol. Kpd. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 264–269, 2025.

N. Nurdin and I. Intan, “Pembuatan Website Personal Guru Sebagai Pendukung Learning Management System Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 3, pp. 2255–2267, 2022.

B. Joyce and M. Weil, Models of teaching. Pearson, 2018.

Y. Zhang, Q. Chen, and R. Huang, “Prompt engineering for AI-enhanced learning: Practices and challenges,” Br. J. Educ. Technol., vol. 54, no. 6, pp. 1456–1472, 2023.

A. M. Al-Zahrani, “Beyond the hype: A critical review of artificial intelligence in education and its implications for teaching and learning,” Educ. Inf. Technol., vol. 29, pp. 5341–5362, 2024.

M. A. Ayanwale, M. A. Rahman, M. A. Affian, and M. M. Rahman, “Teachers’ readiness and intention to teach artificial intelligence in K-12 schools,” Educ. Inf. Technol., vol. 27, no. 12, pp. 16949–16973, 2022.

A. Güneyli and M. Eygün, “Teachers’ awareness of artificial intelligence in education: A mixed-method study,” Educ. Inf. Technol., vol. 29, pp. 3981–4002, 2024.

U. S. D. of Education, “Artificial intelligence and the future of teaching and learning: Insights and recommendations,” Office of Educational Technology, 2023.

Downloads

Published

2025-11-23

Issue

Section

Articles