Pemberdayaan Siswa melalui Pelatihan Gizi dan SADARI untuk Meningkatkan Kualitas Hidup di Desa Simangulampe

Authors

  • Rika Endah Nurhidayah Universitas Sumatera Utara
  • Oding Affandi Universitas Sumatera Utara
  • Farida Lindasari Siregar Universitas Sumatera Utara
  • Cholina Trisa Siregar Universitas Sumatera Utara
  • Erniyati Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v6i1.1685

Keywords:

Pemberdayaan Siswa, SADARI, Hidup Sehat, Gizi Seimbang.

Abstract

Bencana banjir bandang di desa Simangulampe memberikan dampak yang sangat besar bagi warga sekitar karena rusaknya puluhan rumah warga serta fasilitas umum yaitu sekolah dasar Simangulampe yang rusak total sehingga harus di relokasi. Desa Simangulampe merupakan salah satu desa binaan Universitas Sumatera Utara. Tahun 2025 merupakan tahun kedua dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema desa binaan di Simangulampe. Kegiatan tahun ini difokuskan pada pemberdayaan warga terdiri dari dua tim. Tim pertama berfokus pada pelatihan pengelolaan sampah organik untuk dijadikan kompos dan tim kedua berfokus pada kegiatan pelatihan serta penyuluhan kesehatan di sekolah negeri yang berada di kecataman Baktiraja. Kegiatan pertama penyuluhan tentang gizi seimbang dilaksanakan di sekolah menengah pertama, diikuti oleh 90 siswa siswa kelas 7, 8 dan 9. Mereka cukup antusias dan aktif selama kegiatan berlangsung. Kegiatan kedua adalah penyuluhan dan pelatihan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) yang dilaksanakan di sekolah menengah atas yang diikuti oleh 100 siswi. Kegiatan ini bertujuan sebagai pencegahan dan deteksi dini terhadap kanker payudara yang angkanya terus meningkat.

References

R. Batubara, O. Affandi, R. Endah Nurhidayah, A. Fauzia Dewinta, and M. Ulfa, “Pelatihan Pembuatan Produk Dari Bawang Merah Dengan Kelompok Ibu-Ibu Ceria di Desa Simangulampe,” Jdistira, vol. 4, no. 2, pp. 195–200, 2024, doi: 10.58794/jdt.v4i2.1048.

P. Kesehatan et al., “INDRA 1(1) (2020) INDRA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,” vol. 1, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://jffk.unram.ac.id/index.php/indra/index

K. Khobibah et al., “Pelayanan Kesehatan Pada Korban Banjir Sebagai Upaya Rehabilitasi Pasca Bencana,” Link, vol. 19, no. 2, pp. 69–74, 2023, doi: 10.31983/link.v19i2.9137.

M. Y. E. Wawan Herry Setyawan, Mansur, Betty Rahayu, Siti MaryamWawan Herry Setyawan, Mansur, Betty Rahayu, Siti Maryam, Aslichah, Khoiruddin, Humaidah Muafiqie, Endah Marendah Ratnaningtyas, Rika E. Nurhidayah, Asset Based Community Development (ABCD), 1st ed. PT. Gaptek Media Pustaka, 2023.

H. Suryo, “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Kemandirian Masyarakat,” Transformasi, vol. I, no. 29, pp. 45–49, 2016.

I. Komariah and A. Anton, “Pemberdayaan Masyarakat Petani Dengan Memanfaatkan Bawang Yang Tidak Terjual Menjadi Produksi Usaha Bawang Goreng Aneka Rasa,” JPM J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, p. 26, 2022, doi: 10.52434/jpm.v1i1.1795.

H. D. Anugraheni, U. Afrikhah, B. I. Prihatiningrum, I. Ni, and N. Safitri, “Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Meningkatkan Status Kesehatan Warga Sekolah,” Info, vol. 19, no. 2, pp. 95–103, 2018.

M. Una, N. M. Saad, and A. Igirisa, “Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Dalam Edukasi Program UKS (Unit Kesehatan Sekolah ),” J. Pengabdi. Kesehat. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 154–160, 2023.

A. S. Flores-Vázquez, N. P. Rodríguez-Rocha, and G. Macedo-Ojeda, “Educational Nutritional Intervention Program for Adolescents Based on Social Cognitive Theory: Pilot Study of a Cluster Randomized Controlled Trial,” Heal. Serv. Insights, vol. 17, pp. 1–12, 2024, doi: 10.1177/11786329241249011.

R. Qomarrullah, Suratni, L. Wulandari S, and M. Sawir, “Dampak Jangka Panjang Program Makan Bergizi Gratis Terhadap Kesehatan Dan Keberlanjutan Pendidikan the Long-Term Impact of the Free Nutritious Meal Program on Health and Educational Sustainability,” Indones. J. Intelect. Publ., vol. 5, no. 2, pp. 130–136, 2025.

A. A. Oglat et al., “Evaluating the Use of Breast Self-Examination (BSE) for Recognizing Breast Cancer Awareness Among Jordanian Students and Workers in Medical Fields,” Int. J. Womens. Health, vol. 16, no. October, pp. 1743–1753, 2024, doi: 10.2147/IJWH.S485116.

S. O. Ogunlowo and B. L. Ajibade, “Investigating the differential efficacy of lecture and demonstration teaching methods in teaching medical-surgical nursing among nursing students,” BMC Nurs., vol. 23, no. 1, 2024, doi: 10.1186/s12912-024-02541-4.

Published

2025-12-19

Issue

Section

Articles