Pemberdayaan Desa Mekarmukti melalui Perancangan Media Kreatif Zine, Maskot, dan Website Interaktif

Authors

  • Azkia Aini Farhah Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Heni Mulyasari Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Diah Suci Rahmawati Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Muhammad Raihan Zaky Hermawan Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Yoan Ramadhani Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Desti Reswinta Sari Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Elza Nuraisyah Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Muhammad Daffa Putra Widjaja Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Yussi Ananda Almaira Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Azkia Aini Farhah Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Muhamad Faqih Faturachman Universitas Muhammadiyah Bandung
  • M Reyvan Purnama Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i2.1666

Keywords:

Branding Desa, Media Kreatif, zine, Maskot, Website Interaktif

Abstract

Desa Mekarmukti di Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi sosial, budaya, dan ekonomi yang beragam, namun belum memiliki strategi branding yang optimal. Minimnya media komunikasi yang variatif menyebabkan potensi desa kurang dikenal secara luas, baik oleh masyarakat internal maupun eksternal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuat identitas dan citra Desa Mekarmukti melalui perancangan media kreatif berupa zine, maskot, dan website interaktif. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan perangkat desa, pelaku UMKM, dan masyarakat lokal. Tahapan pelaksanaan meliputi observasi, wawancara, diskusi kelompok, perancangan desain, validasi, hingga implementasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan identitas dan daya tarik desa melalui media kreatif yang dihasilkan. Zine berfungsi sebagai media cetak informatif sekaligus souvenir desa, maskot “Si Mukti” menjadi simbol visual yang merepresentasikan potensi perikanan dan nilai budaya lokal, sementara website interaktif menghadirkan kanal digital modern yang memfasilitasi promosi, layanan publik, serta komunikasi dua arah antara pemerintah desa dan masyarakat. Dampak dari kegiatan ini adalah meningkatnya partisipasi masyarakat dalam proses branding serta terbangunnya citra positif Desa Mekarmukti yang adaptif di era digital

References

E. Logar, “Place branding as an approach to the development of rural areas: a systematic analysis of web of science ‘geography’ literature,” Geoj. , vol. 90, no. 4, pp. 1–17, 2025, doi: 10.1007/s10708-025-11448-9.

M. N. Khasbulloh and I. Niawati, “Peran Media Digital dalam Meningkatkan Branding Desa Wisata,” vol. 01, no. 02, pp. 137–145, 2023.

K. Umam, G. Tri, and H. Manurung, “Zine as a Media of Subculture and Literacy in Semarang,” vol. 07040,

pp. 1–5, 2020.

P. Maskot, M. Dan, and C. Sebagai, “IDENTITY DESA WISATA MUNCAR,” vol. 4, pp. 1–7, 2021.

T. Astuti, A. Khawiswara, D. Prabandari, and D. Andira, “Pemberdayaan Potensi Desa Tunggul Melalui Aktivasi Website dan Branding Desa sebagai Upaya Menghadapi Era Digitalisasi Empowering the Potential of Tunggul Village Through Website Activation and Village Branding as an Effort to Face the Digitalization Era,” pp. 4656–4664, 2025.

I. M. D. Oka and I. N. Subadra, “Digital marketing for sustainable tourism village in Bali: A mixed methods study,” J. Infrastructure, Policy Dev., vol. 8, no. 7, pp. 1–31, 2024, doi: 10.24294/jipd.v8i7.3726.

F. Meyman et al., “Sibolangit Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 3, no. 1, pp. 681–688, 2024.

J. P. Masyarakat, P. Data, D. Mekarmukti, B. Barat, and B. Website, “Darma abdi karya,” 2022.

P. W. Desa, “Meningkatkan Potensi Lokal Melalui Website dan Digital Marketing .,” vol. 1, no. 2, pp. 56–61, 2024.

H. A. B. Cintya, “Mascot and Brand Sustainability in Pandemic Era: Systematic Literature Review,” Adv. Sci. Technol. Innov., pp. 41–48, 2024, doi: 10.1007/978-3-031-48453-7_5.

P. Sayekti, P. Studi, D. Komunikasi, F. Sastra, and U. N. Malang, “Revitalisasi Budaya Wisata Air Sumber Jiput Kediri : Perancangan Zine Interaktif Berbasis Ilustrasi,” vol. 4, no. 128, pp. 292–307, 2025.

N. C. Lewaherilla and F. N. Ralahallo, “Revitalisasi Tata Kelola menuju BUMDes Produktif pada BUMDes Tanjung Siput Ohoi Lairngangas di Kabupaten Maluku Tenggara,” vol. 3, no. 2, pp. 331–341, 2022.

M. A. Alansyah, “Perancangan Destination Branding Desa Jatipasar Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarness,” 2023.

Downloads

Published

2025-11-30

Issue

Section

Articles