Digitalisasi UMKM Produk Kerajinan Berbasis Ekonomi Sirkular Melalui Website BiruMarket: Studi Kasus UD Semar Biru

Authors

  • Ita Prihatining Wilujeng Universitas Negeri Malang
  • Handri Dian Wahyudi Universitas Negeri Malang
  • Ika Zutiasari Universitas Negeri Malang
  • Farhani Shauma Wiyana Putri Universitas Negeri Malang
  • Arti Putri Septi Rahayu Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i2.1501

Keywords:

UMKM, Digitalisasi, Website, Ekonomi Sirkular

Abstract

Transformasi digital merupakan elemen krusial dalam peningkatan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era modern. UMKM UD Semar Biru di Desa Jabalsari, Kabupaten Tulungagung, yang bergerak di bidang kerajinan rumah tangga berbasis bahan lokal dan daur ulang, menghadapi kendala dalam pemanfaatan teknologi digital, khususnya dalam aspek pemasaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan mitra melalui pengembangan model bisnis digital berbasis ekonomi sirkular melalui platform website BiruMarket. Metode Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu persiapan (observasi kebutuhan dan pengembangan platform), pelaksanaan (pelatihan digital marketing serta pendampingan teknis), dan evaluasi (umpan balik mitra serta refleksi pelaksanaan). Hasil program menunjukkan bahwa penggunaan BiruMarket berdampak signifikan terhadap peningkatan citra profesional usaha mitra, memperluas jangkauan pasar, serta mengoptimalkan pemanfaatan WhatsApp Business dalam transaksi. Mitra menunjukkan peningkatan literasi digital dan kepercayaan diri dalam mengelola pemasaran berbasis website. Program ini menggarisbawahi bahwa integrasi teknologi digital dengan pendekatan berkelanjutan dapat menjadi strategi efektif dalam penguatan UMKM lokal. Platform BiruMarket juga memiliki potensi untuk direplikasi secara lebih luas dalam konteks pemberdayaan UMKM dengan tantangan serupa.

References

D. Astuti and R. Rosita, “Pentingnya Transformasi Digital UMKM dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia Politeknik LP3I Jakarta , Indonesia Transformasi digital sangat penting untuk keberhasilan berkelanjutan UMKM di toko online dapat menjangkau audiens yang lebih luas di luar lokasi,”

J. Penelit. Bisnis dan Manaj., vol. 2, no. 4, pp. 119–134, 2024, doi: https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i4.1499.

S. Abas, K. Mere, Sugiyanto, W. Abjan, and Verawaty, “Optimlasisasi Strategi Pemasaran Digital Bagi Pelaku Usaha Kecil untuk Meningkatkan Daya

Saing,” Communnity Dev. J., vol. 6, no. 3, pp. 4096–4100, 2025.

A. H. Lestarini, “Kemenko PM Jangkau 35% UMKM yang Belum Optimal Gunakan Teknologi.” Accessed: Jun. 25, 2025. [Online]. Available: https://www.metrotvnews.com/read/NgxCDpxo-kemenko-pm-jangkau-35-umkm-yang-belum-optimal-gunakan-teknologi.

G. Santoso, Rasenda, M. Rizal, H. Wiyana, and S. N. Subagja, “Digitalisasi UMKM: Strategi Dan Model Bisnis Berbasis Teknologi Untuk

Keberlanjutan,” JUBISDIGI J. Bisnis Digit., vol. 01, no. 01, pp. 21–30, 2025.

G. R. Sutama and P. A. Pratama, “Efektivitas Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Digital Effectiveness of Social Media As a Digital Marketing

Media,” J. Komput. dan Teknol. Sains, vol. 2, no. 1, pp. 8–11, 2023.

M. A. M. Siregar, R. Karo, Adriano, R. R. Ardiansyah, and Y. S. Nasution, “Analisis Penerapan Ekonomi Sirkular Pada UMKM F&B Di Sekitar

Medan,” J. Ekon. Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 4, pp. 14–24, 2024.

M. H. Fadhillah and M. Fahreza, “Pendekatan Ekonomi Sirkular sebagai Model Pengembangan Bisnis melalui Pemanfaatan Aplikasi pada Usaha Kecil dan Menengah Pasca Covid-19,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 14, no. 1, pp. 55–66, 2023, doi: 10.32670/coopetition.v14i1.2269.

A. Farhani, A. Fitri, and R. D. Sormin, “Analisis Penerapan Ekonomi Sirkular dan Inovasi Hijau UMKM : Studi Kasus Kabupaten Pesawaran,” pp.

–935, 2025.

N. Amalia, N. Lathifah, U. Islam, N. Sunan, and A. Surabaya, “Circular Economy dan Implikasinya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Hijau di

Indonesia,” J. Ekon. Bisnis Manaj. Akunt., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2024.

“Peluncuran Prinsip-prinsip Global PBB untuk Integritas Informasi.” Accessed: Jun. 17, 2025. [Online]. Available:

https://indonesia.un.org/id/sdgs/8/key-activities

“[Updated] Digital Marketing Statistics 2025,” HubSpot. Accessed: Jun. 17, 2025. [Online]. Available: https://www.responsify.com/digital-marketing- statistics

V. Qatrunnada and M. T. Lestari, “Penggunaan Konten Instagram Untuk Branding Umkm Aqillah By Ria Using Instagram Content for Aqillah Umkm

Branding By Ria,” J. Komun. , vol. 9, no. 1, pp. 40–47, 2023, [Online]. Available: https://andi.link/hootsuite-we-

S. Hazain and Cokki, “Pengaruh Virtual Influencer terhadap Sikap Konsumen: Studi Eksperimen,” J. Manaj. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 8, no. 6, pp. 1358–1369, 2024.

H. Hasanah, S. Widi K, A. M. Mashar, and F. Darmaji, “Pemanfaatan Digital Marketing Menggunakan Website dan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran Produk (Remaja Muslim Kelurahan Wuryorejo Kabupaten Wonogiri),” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Dikemas, vol. 4, no. 2, pp. 2581–1932, 2020.

N. P. N. Anggraini, N. W. Rustiarini, and I. K. S. B. Satwam, “Pemanfaatan Website Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan

Usaha Mikro Kecil Dan Menengah,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 7, no. 1, pp. 381–389, 2023, doi: 10.31764/jmm.v7i1.12150.

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles