Pengembangan Modul Interaktif Multimedia untuk Digitalisasi Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Banyu Urip

Authors

  • Dhini Novely saputri Universitas Bina Darma
  • Devi Udariansyah Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i2.1493

Keywords:

Modul Interaktif, Multimedia, digitalisasi, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah mendorong transformasi digital dalam dunia pendidikan, termasuk pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan modul interaktif berbasis multimedia guna mendukung pembelajaran tematik di SD Negeri 6 Tanjung Lago, Desa Banyu Urip. Modul dirancang menggunakan Canva dan PowerPoint interaktif, dengan elemen visual, animasi, audio, video, serta kuis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui tahapan observasi, pengembangan, uji coba, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul interaktif meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah pemahaman materi, dan membantu guru menyampaikan pembelajaran secara lebih menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa modul multimedia interaktif dapat menjadi solusi inovatif dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran digital di sekolah dasar pedesaan.

Author Biography

Devi Udariansyah, Universitas Bina Darma

Program studi S1 Teknik Informatika Universitas Bina Darma 

References

A. Yani, E. Surahman, and B. Priyono, “Pengembangan e-modul flipbook interaktif berbasis digital literacy dalam pembelajaran tematik,” Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 13, no. 1, pp. 76–84, 2023.

R. Bintaro, L. Amalia, and E. Pratiwi, “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada pembelajaran tematik,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 45–52, 2021.

R. Sandy, I. R. Permana, and N. Wulandari, “Pengembangan video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar,” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 123–131, 2022.

A. S. Utari, M. S. Zulela, and R. Damayanti, “Pengembangan multimedia interaktif berbasis problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 22, no. 3, pp. 211–220, 2020.

P. N. Sari and C. Riyana, “Efektivitas multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa SD pada masa pandemi,” Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 55–63, 2020.

D. Hidayat and S. Utami, “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sekolah dasar,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 23, no. 2, pp. 120–130, 2021.

R. E. Mayer, Multimedia Learning (3rd ed.). 2021.

T. Nugroho and S. Wulandari, “Penggunaan Media Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik,” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 3, pp. 217–224, 2020, doi: 10.32509/jipd.v8i3.876.

E. Beaunoyer, S. Dupéré, and M. J. Guitton, “COVID-19 and digital inequalities: Reciprocal impacts and mitigation strategies,” Comput Human Behav, vol. 111, p. 106424, 2020.

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles