Implementasi KKNT Mahasiswa Berbasis Partisipatif dalam Pemberdayaan Pendidikan, Lingkungan, dan Ekonomi di Desa Purwosari

Authors

  • Hafiz Alfarisyi Universitas Bina Darma
  • Firamon Syakti Universitas Bina Darma
  • Afny Istiqomah Universitas Bina Darma
  • Alif Asfairul Arifin Universitas Bina Darma
  • Kerin Al Ramadhan Fika Universitas Bina Darma
  • M. Iqbal Alvarizi Universitas Bina Darma
  • Nina Firna Universitas Bina Darma
  • Rangga Kusuma Universitas Bina Darma
  • Ricko Mustika Jaya Universitas Bina Darma
  • Vicky Alvareno Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i2.1492

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, KKNT, Pendidikan, Lingkungan, UMKM, Desa Purwosari

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) merupakan bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Bina Darma. Kegiatan ini bertujuan untuk mengintegrasikan peran mahasiswa dalam mendukung pembangunan desa melalui pendekatan kolaboratif. KKNT ini dilaksanakan di Desa Purwosari, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, dengan fokus utama pada tiga aspek: pendidikan, lingkungan, dan ekonomi masyarakat desa. Pada aspek pendidikan, mahasiswa melaksanakan kegiatan mengajar dan pendampingan belajar di SDN 05 Tanjung Lago untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan literasi siswa. Pada aspek lingkungan, dilakukan penghijauan di lingkungan sekolah dan kantor desa untuk menciptakan ruang terbuka hijau dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelestarian alam. Sedangkan pada aspek ekonomi, mahasiswa melakukan pendampingan UMKM melalui pelatihan pemasaran digital serta pembuatan website promosi produk lokal bernama PesonaPurwosari.com. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif, edukatif, dan praktik langsung di lapangan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sinergi antara mahasiswa dan masyarakat dapat menciptakan dampak positif dalam penguatan kapasitas desa secara berkelanjutan. Program ini tidak hanya memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, tetapi juga menjadi media pembelajaran sosial bagi mahasiswa.

References

D. Sutrisno, “Partisipasi Mahasiswa dalam Pengembangan UMKM Desa Melalui KKN,” Jurnal Sosial Humaniora, vol. 10, no. 1, pp. 27–35, 2022.

D. P. and L. Sari A., “Peran Mahasiswa dalam Edukasi dan Penghijauan Lingkungan Desa,” Jurnal Pengabdian Lingkungan, vol. 5, no. 1, pp. 12–20, 2021.

A. and A. Wibowo D., “Implementasi Metode Partisipatif dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Margaluyu,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 2, no. 4, pp. 312–319, 2021.

R. and S. Harahap M. N. and Lubis S., “Penguatan Kolaborasi Mahasiswa dan Masyarakat dalam Program KKN untuk Pemberdayaan Desa,” Jurnal Abdi Insani, vol. 5, no. 1, pp. 45–53, 2023.

E. Yuliani, “Pembangunan Berbasis Masyarakat: Studi Pendekatan Partisipatif di Desa,” Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, vol. 8, no. 4, pp. 101–114, 2020.

D. and H. Prasetyo J.T., “Peran Digital Marketing dalam Pengembangan UMKM di Era Ekonomi Digital,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 14, no. 1, pp. 55–63, 2022.

D. Rahmawati, “Peran Kegiatan KKN dalam Meningkatkan Identitas Sosial Masyarakat Desa,” Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 22–29, 2021.

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles