Pelatihan Hidroponik sebagai Upaya Pemberdayaan Generasi Z dalam Mendukung Ketahanan Pangan Berkelanjutan

Authors

  • Fatkhul Rohman Universitas Jambi
  • Rido Saputra Universitas Jambi
  • Igef Rasinta Universitas Jambi
  • Melvi Viyona Universitas Jambi
  • Diana Pebriani Daulay Universitas Jambi
  • Latifa Aini Universitas Jambi
  • Indriyani Indriyani Universitas Jambi
  • Yogie Zulni Pratama Universitas Jambi
  • Dewi Fortuna Universitas Jambi
  • Lisani Lisani Universitas Jambi
  • Fitry Tafzi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i2.1438

Keywords:

Pelatihan, Hidroponik, Generasi Z, Ketahanan Pangan

Abstract

Sektor pertanian yang memiliki peran krusial dalam menjaga ketahanan pangan nasional tengah menghadapi menghadapi tantangan serius yakni minimnya partisipasi Generasi Z. Minat generasi ini terhadap dunia pertanian masih tergolong rendah akibat pandangan bahwa profesi di bidang pertanian bersifat konvensional dan kurang menguntungkan secara ekonomi. Dalam upaya mengubah perspektif ini maka dibutuhkan pengenalan pertanian modern yang memiliki prospek cerah, salah satunya melalui pelatihan budidaya tanaman dengan sistem hidroponik. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan pendekatan partisipatif dan edukatif, yang terdiri atas beberapa tahapan utama, yaitu: persiapan, pelaksanaan (sesi materi dan praktik), evaluasi (pre-test, post-test, dan observasi praktik), dan tindak lanjut. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap materi pelatihan hidroponik. Secara praktik peserta mampu merancang instalasi hidroponik sederhana dan melakukan penyemaian. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta setelah mengikuti pelatihan mencerminkan bahwa hidroponik merupakan salah satu metode pertanian yang sesuai untuk dikembangkan di kalangan Generasi Z. Selain menjadi solusi atas keterbatasan lahan, hidroponik juga berpotensi menjadi pintu masuk bagi pengembangan wirausaha yang ramah lingkungan dan dapat menunjang ketahanan pangan yang berkelanjutan.

References

I. Shalahuddin, U. Rosidin, and S. Pebrianti, “The Green School Movement is Promoting Food Security Through Hydroponics at SMP Negeri 1 Rancaekek,” Abdimas Umtas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 698–705, 2025.

O. Solihin, S. Anggreany, R. Rais, and B. Siregar, “Komunikasi Digital Untuk Motivasi Generasi Z Meningkatkan Keterlibatan Dalam Bidang Pertanian Indonesia,” J. Forum Penelit. Agro Ekon., vol. 41, no. 2, pp. 79–95, 2023.

D. Iriani Putri, M. Meisanti, and S. Sukrianto, “Pengaruh Pelatihan Pertanian Organik The Learning Farm Indonesia terhadap Kompetensi Bertani Generasi Z,” J. Agribisnis Indones., vol. 11, no. 2, pp. 236–246, 2023, doi: 10.29244/jai.2023.11.2.236-246.

T. Francis and F. Hoefel, “‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies,” McKinsey Co., p. 10, 2018.

N. Hadiyanti, R. T. Probojati, R. N. Prayoga, and M. K. P. Subarkah, “Budidaya Tanaman Hortikultura Sistem Hidroponik untuk Menarik Minat Generasi Muda dalam Bidang Pertanian,” Agrokreatif, vol. 11, no. 1, pp. 11–19, 2025.

S. Rajendran, T. Domalachenpa, H. Arora, P. Li, A. Sharma, and G. Rajauria, “Hydroponics: Exploring innovative sustainable technologies and applications across crop production, with Emphasis on potato mini-tuber cultivation,” Heliyon, vol. 10, pp. 1–14, 2024, doi: 10.1016/j.heliyon.2024.e26823.

P. H. Adiwibowo et al., “Pelatihan Hidroponik Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan dan Ketahanan Pangan Siswa di Sekolah Indonesia Davao (SID) Filipina,” I-Com Indones. Community J., vol. 5, no. 1, pp. 449–460, 2025.

E. Ernah and L. Rahayuwati, “Pelatihan Budidaya Hidroponik Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Keluarga dan Tercapainya Desa Sehat Plus,” J. Abdidas, vol. 5, no. 3, pp. 296–300, 2024.

R. Saputra et al., “Pelatihan Penerapan Internet of Things (IoT) dalam Bidang Pertanian untuk Mahasiswa Program Studi Teknik Pertanian Universitas Jambi,” JDISTIRA, vol. 4, no. 2, pp. 400–405, 2024.

S. C. Pan and F. Sana, “Pretesting Versus Posttesting: Comparing the Pedagogical Benefits of Errorful Generation and Retrieval Practice,” J. Exp. Psychol. Appl., vol. 27, no. 2, pp. 237–257, 2021, doi: 10.1037/xap0000345.

Y. S. Pambudi et al., “Hydroponic Training as an Effort to Improve Food Security, Community Economy, and Environmental Quality in the City of Surakarta,” Asian J. Community Serv., vol. 1, no. 5, pp. 251–260, 2022, doi: 10.55927/ajcs.v1i5.1841.

E. Setiany, T. B. Utami, W. Chairunesia, B. A. T. Prakoso, and C. Juniarsih, “Budidaya Sayur Hidroponik Menuju Ketahanan Pangan dan Kewirausahaan Produk Organik di Meruya Selatan,” J. Abdi Masy., vol. 9, no. 2, pp. 103–110, 2024, doi: 10.22441/jam.v9i2.24627.

N. Najihah, D. Permatasari, and L. M. Ifada, “Pertanian Hidroponik sebagai Solusi Ketahanan Pangan pada Skala Rumah Tangga Hydroponic Agriculture as a Food Security Solution on a Household Scale,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 9, no. 4, pp. 862–871, 2024.

S. Anggraini, E. Siaga, S. Loso, A. Heirina, and Y. I. Vajri, Z-Farm Wisdom : Menyatukan Tradisi dan Inovasi Pertanian Ramah Lingkungan untuk Generasi Z. 2024. [Online]. Available: https://repository.insightmediatama.co.id/books/37/28

I. Oktafiani, M. Y. Sitohang, and R. Saleh, “Sulitnya Regenerasi Petani pada Kelompok Generasi Muda,” J. Stud. Pemuda, vol. 10, no. 1, pp. 1–17, 2021.

Downloads

Published

2025-06-15

Issue

Section

Articles