Pelatihan MC Bahasa Inggris sebagai Penguatan Kemampuan Literasi Bahasa Inggris

Authors

  • Rini Meliyani Universitas Muhammadiyah Bone
  • Dian Riani Said Universitas Muhammadiyah Bone
  • Achmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i1.1373

Keywords:

Pelatihan, Literasi, Bahasa Inggris

Abstract

 –Pengabdian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan membaca teks Bahasa Inggris pada siswa kelas VI SD Inpres Morowa yang berjumlah 16 siswa, di Desa Bonto Mate’ne, Kec. Sinoa, Kab. Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi Bahasa Inggris. Sebelum penelitian ini dilaksanakan, dilakukan observasi yang menunjukkan kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris sangat rendah. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus untuk mengamati interaksi siswa yang dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Data diperoleh melalui observasi secara langsung serta angket yang diisi langsung oleh siswa yang bertujuan untuk mengevaluasi tingkat antusiasme siswa selama pembelajaran. Hasil dari angket yang diberikan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat kepuasan dan antusiasme selama pembelajaran MC (Master of Ceremony). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ini mampu membantu siswa dalam membaca dan memahami teks yang dibaca. Tingkat pemahaman dan kesulitan siswa yang berbeda dalam memahami pembelajaran, dapat diatasi melalui teknik interaktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan MC (Master of Ceremony) mampu memberikan dampak yang signifikan dalam penguatan kemampuan literasi Bahasa Inggris siswa.

References

Asrul, N., Daulay, I. K., Nur, B., Lubis, A., & Husda, A. (2021). Pelatihan Literasi Bahasa Inggris Bagi Siswa SD Negeri Percobaan Medan.

Jurnal Pustaka Mitra, 1(1), 1–5. https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/36

Gutami, I. K., Prismutitomi, A. R., Laverda, J. C., Nikmah, K., Jundullah, M., Rochmadhoni, N., Primasari, R. N., Kurniati, A. D., Bella, A., Nafi’ah, M. Z., Syaifudin, A., Ulya, I. H., Indrianingsih, E., Rohmah, S. N., Ningsih, S., & Prastiwi, C. H. W. (2021). Read Aloud Buku Cerita Dwi Bahasa (Bilingual) untuk Membangun Literasi Bahasa Indonesia dan Inggris. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 153–159. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1154

Kamlasi, I., & Salu, M. L. (2019). Workshop tentang Master of Ceremony (MC) bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FIP Universitas Timor. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 6. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3134

Kuspiyah, H. R., & Shandy, C. M. (2023). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling di Desa Kuripan. Bantenese : Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 5(2), 378–385. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v5i2.7675

McGowan, U. (2018). Integrated academic literacy development: Learner teacher autonomy for MELTing the barriers. Journal of University Teaching and Learning Practice, 15(4), 29–38. https://doi.org/10.53761/1.15.4.6

Melalui, D., Asik, P., Juliantari, N. K., Badra, I. K., Ayu, I. G., Rahayuni, A., & Erna, N. K. (2024). Pendampingan Pengembangan Literasi Siswa Sekolah Dasar Negeri 1. 36–47.

Misran, M., & Nurhasanah, M. (2023). PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE DALAM PELATIHAN MASTER OF CEREMONY (MC)

BAHASA JAWA Di Dusun Sukorejo Desa Banyubiru Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi Misran 1 , Muwahidah Nurhasanah 2 ,. Mc.

Oktaviani, L., Styawati, S., Samsugi, S., Surahman, A., Rahmanto, Y., Setiawan, B., & Agustin, W. (2022). Pelatihan Tips Dan Trik Mahir Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Siswi Sman 1 Padang Cermin. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 70–75. https://doi.org/10.59458/jwl.v2i2.34

Richard, J., Gultom, D. A., Rasyid, M., Ihsani, R., Presiden, U., Studi Manajemen Bisnis, P., & Manajemen, F. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Generasi Milenial Menggunakan Aplikasi Cakap. 01(01), 2023.

Wati, S. (2020). Menumbuhkan Budaya Literasi Bahasa Inggris Melalui Extensive Reading di Taman Baca Masyarakat (TBM) Kota Tasikmalaya.

LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 46. https://doi.org/10.30739/loyal.v3i1.549

Downloads

Published

2025-05-27

Issue

Section

Articles