Pemberdayaan Pendidikan Anak Melalui Lagu Alphabet Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v5i1.1336Keywords:
Mengajar, Abjad, Bahasa Inggris, Interaktif, KreatifAbstract
Pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar, khususnya di daerah pedesaan, masih menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya minat siswa dan keterbatasan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar bahasa Inggris siswa melalui penggunaan lagu alfabet sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SDN 01 Alasombo, Kabupaten Sukoharjo, dengan melibatkan guru kelas dan menerapkan metode berbasis musik untuk membantu siswa dalam mengenali huruf, melafalkan kata, serta meningkatkan daya ingat mereka terhadap kosakata bahasa Inggris. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa penggunaan lagu alfabet dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, menciptakan suasana belajar yang positif, serta memperbaiki kemampuan mengeja dan mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaan program ini, seperti variasi kemampuan siswa dan keterbatasan waktu pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam bentuk peningkatan durasi program, pelatihan bagi guru, serta penyediaan media pembelajaran yang lebih variatif.
References
Sunaryo, Rizki Zuliani, and Balqis Syifa Fauziyyah, “Analisis Kesulitan Membaca Teks Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Iii Di Sd Islam At-Thahirin Kota Tangerang,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 04, pp. 2373–2383, 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i04.1888.
A. Saroji and R. M. Zikrullah, “1 2 3 4,” vol. 04, no. 01, pp. 56–59, 2024.
A. Rachmah, “Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggrispada Siswa Sekolah Dasar,” Karimah Tauhid, vol. 1, no. 2, pp. 288–294, 2023.
N. Anita, M. Jafar, and F. Muhdari, “Pengenalan Kosakata Dasar Bahasa Inggris ( English Basic Vocabulary ) Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas 5 SDN 64 Buntu Ampang,” vol. 4, no. 2, 2024.
A. Z. Siregar, T. Indriyanti, A. F. Kurniawan, M. A. R. Ananda, and N. C. Chandra, “Pemberdayaan Anak Melalui Program Bahasa Inggris, Melukis, PHBS, dan Gizi Bersama Pertukaran Mahasiswa Modul Nusantara Universitas Sumatera Utara,” J. Abdimas, vol. 27, no. 1, pp. 17–25, 2023, doi: 10.15294/abdimas.v27i1.41438.
A. A. SHELEMO, “No Titleیلیب,” Nucl. Phys., vol. 13, no. 1, pp. 104–116, 2023.
Rizqiatul Janah, Ari Widyaningrum, and Veryliana Purnamasari, “Penggunaan Media Lagu Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas Iii Sdn 02 Krompeng,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 04, pp. 779–791, 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i04.1602.
M. Gerak and D. Lagu, “Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Eksfresif Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak Dan Lagu,” no. April, 2024.
D. Rika Widianita, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” AT-TAWASSUTH J. Ekon. Islam, vol. VIII, no. I, pp. 1–19, 2023.
S. Wahjusaputri, D. Zulviana, L. Putri Apriliana, E. Handayani, and A. Rohman Hakim, “Metode Phonics Menggunakan Aplikasi Oxford Phonics World dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 1–15, 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i2.266.
N. Al Ghifarah and R. Pusparini, “Students’ Perception Towards the Role of Ice Breaking Activities in Learning English At Senior High School,” J. English Lang. Teach. Lit., vol. 6, no. 2, pp. 118–128, 2023, doi: 10.47080/jeltl.v6i2.2793.
A. C. Jufri, “Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Audio- Lingual Method,” vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2023.
M. J. Satriawan, Padlurrahman, and Mohzana, “Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman,Penguasaan Kosa Kata Dan Sikap Bahasa Dengan KeterampilanMenulis Ringkasan Siswa Di Sekolah Dasar,” BADA’A J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 352–260, 2023, doi: 10.37216/badaa.v5i2.1174.
E. Handayani, “Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 1, pp. 771–781, 2024, doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i1.7903.
V. K. Modjanggo and I. P. Lantu, “Peningkatan Keterampilan Membaca Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Menggunakan Media Gambar di SDN Tagolu,” vol. 3, no. 2, pp. 41–45, 2023.
Л. Питканен and А. М. Стригель, “Machine Translated by Google Эксклюзионная хроматография металлических наночастиц и квантовые точки Machine Translated by Google,” vol. 80, no. 2, pp. 311–320, 2016.
S. Azzahra, “Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa SD,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 2, p. 9, 2023, doi: 10.47134/pgsd.v1i2.142.
A. S. Faradisa and L. Fitriani, “Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Kosakata di MTs Nurul Ulum,” Al-Fusha Arab. Lang. Educ. J., vol. 5, no. 1, pp. 17–23, 2023, [Online]. Available: https://www.ejournal.inaifas.ac.id/index.php/alfusha/article/view/1028
L. S. Jagat, W. I. I. Fatimatul Djamilah, S. U. Hasanah, A. Alfiyanto, and F. Hidayati, “Penerapan Media Gambar Sebagai Media Evaluasi Penguasaan Kosakata Nama-Nama Profesi Bahasa Arab,” Indones. Berdaya, vol. 4, no. 1, pp. 325–334, 2022, doi: 10.47679/ib.2023355.
E. Maulidah, “Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM) Untuk Mengenalkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini di PAUD Al Barokah 1 Karang Melok Tamanan Bondowoso,” Child. Educ. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 68–85, 2024, doi: 10.53515/cej.v5i1.5510.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0