Sosialisasi Mitigasi Bencana : Pengenalan Bencana di SDN 017 Pelambaian Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana Untuk Generasi Cepat Tanggap

Authors

  • Fitry Erlin Institut Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
  • Fhirly Setiani Putri Institut Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
  • Rahma Salsabila Institut Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
  • Hasfia Khasfi Institut Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
  • Leni Pamungkasari Institut Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i2.1272

Keywords:

Mitigasi Bencana, Pengetahuan, Sosialisasi, Cepat Tanggap

Abstract

Bencana yang sering terjadi di Indonesia memberikan dampak yang serius bagi semua kalangan masyarakat, khususnya pada anak usia dini. Salah satu cara untuk mengurangi dampak bencana adalah dengan melakukan mitigasi bencana. Berdasarkan penelitian sebelumnya, mitigasi bencana pada anak usia dini untuk anak SD belum pernah dilakukan. Padahal mitigasi bencana atau penanganan bencana perlu diberikan sejak dini. Oleh karena itu peneliti akan melakukan mitigasi bencana, salah satunya tsunami pada anak usia dini (SD) dengan cara memberikan kegiatan bermain yang terdiri dari peningkatan wawasan tentang pengertian, dampak, dan keterampilan mitigasi bencana, hingga anak SD dalam melakukan simulasi sederhana dengan tenang, tanpa ada kepanikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, kegiatan bermain dapat menjadi salah satu cara untuk melakukan mitigasi bencana tsunami. Kegiatan bermain dengan tema bencana ini perlu dilakukan secara berkesimbungan agar proses evakuasi saat bencana dapat terekam lebih baik pada memori anak-anak dan hal yang terpenting adalah proses sosialisasi dan mitigasi bencana pun perlu dikuasi terlebih dahulu oleh guru. (sumber : Jurnal Pendidikan : Early Childhood)
Kata kunci : mitigasi bencana, anak usia dini.

References

B. Wisner, P. Blaikie, T. Cannon, and I. Davis, At Risk: Natural Hazards, People's Vulnerability and Disasters, 2nd ed. London: Routledge, 2004.

BNPB, “Pedoman Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah,” Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Indonesia, 2012. [Online]. Available: https://bnpb.go.id

UNESCO, “Disaster Risk Reduction in School Curricula: Case Studies from Thirty Countries,” Geneva: UNESCO/UNICEF, 2012.

S. Nugroho and D. Susanti, “Peningkatan Pengetahuan Mitigasi Bencana Melalui Edukasi Interaktif pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 45–50, 2022.

R. H. Putra et al., “Penguatan Peran Sekolah dalam Membangun Budaya Sadar Bencana,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), vol. 3, no. 2, pp. 100–108, 2021.

Y. Rahayu and T. Wulandari, “Simulasi Kebencanaan Sebagai Upaya Mitigasi Dini Bagi Siswa SD,” Jurnal Abdimas, vol. 4, no. 3, pp. 133–140, 2023.

World Bank, “Safer Homes, Stronger Communities: A Handbook for Reconstructing after Natural Disasters,” The World Bank, Washington, DC, 2010.

N. Rahmawati, “Pendidikan Mitigasi Bencana pada Anak Usia Dini: Sebuah Kajian Literasi,” Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 88–95, 2020.

LIPI-UNESCO-ISDR, “Kajian Risiko Bencana pada Sekolah Dasar,” LIPI Press, Jakarta, 2013.

A. S. Prasetyo, R. F. Akbar, and E. Saputra, “Model Edukasi Bencana Berbasis Game Interaktif untuk Anak Sekolah Dasar,” in Proceedings of the National Conference on Community Service, pp. 72–78, 2022.

Downloads

Published

2025-06-13

Issue

Section

Articles