Peningkatan Pengetahuan Konten Marketing pada UMKM di Desa Bende

Authors

  • Muhamad Stiadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Wahyunis Wahyunis Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Satifa Satifa Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Sri Nurul Hidayatullah Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Wirda Wirda Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Ildatul Kamariah Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Rani Yanti Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Elista Elista Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Muspita Sari Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Dini Aulia Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Muh. Zandika Zanriad Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Yoas Paliling Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i1.1263

Keywords:

Peningkatan pengetahuan, Konten Marketing, UMKM, Desa Bande

Abstract

Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Desa Bende dalam bidang konten marketing. UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi lokal, namun mereka banyak menghadapi kendala dalam memanfaatkan media digital untuk memasarkan produk mereka. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi presentasi, diskusi dan praktik pembuatan konten marketing. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menunjukkan peningkatan pemahaman mengenai konten marketing, serta mereka cakap dalam membuat konten marketing. Program kegiatan Pengabdian masyarakat ini diharapkan memilikidampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal di desa Bende melalui penguatan kemampuan pemasaran digital bagi pelaku UMKM.

References

M. Stiadi, “MARKET SEGMENTATION ANALYSIS IN FOOD SELECTION,” J. Ekon., vol. 11, no. 03, pp. 169–173, 2022.

M. Stiadi, H. Kurniadi, A. S. Titing, A. R. Wonua, and H. Hendrik, “MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI MASYARAKAT DESA TIRAWUTA KABUPATEN KOLAKA TIMUR,” Bakti Banua J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 47–49, 2022.

M. Stiadi, D. Herlinudinkhaji, Y. D. P. Ariyanti, and N. Erwanti, “PELATIHAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN PEMASARAN BAGI PELAKU UMKM,” Bakti Banua J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 8–11, 2021.

R. Lestari, N. Astaginy, and M. Stiadi, “Online Promotion And Perceived Quality On Consumer Purchasing Decisions,” Sammajiva J. Penelit. Bisnis Dan Manaj., vol. 1, no. 4, pp. 148–158, 2023.

A. R. Rahim, F. Adelina, S. Sudarmin, Q. F. Adi, and M. Stiadi, “Sosialisasi Pengembangan Produk Olahan Tepung Ubi Kayu Fermentasi dan Manajemen Pemasaran Pada Kelompok Ibu PKK Desa Rahanggada Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka,” JDISTIRA-Jurnal Pengabdi. Inov. dan Teknol. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 172–179, 2024.

A. S. Titing, M. Stiadi, H. Kurniadi, S. Sunandar, and H. Hendrik, “Pengembangan Strategi Pemasaran pada Destinasi Wisata Air Terjun Wai Boto di Desa Lapasi-Pasi,” BERDAYA J. Pendidik. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 3, pp. 188–194, 2023.

M. Stiadi, A. S. Titing, J. Jimsan, F. Kumalasari, and Y. Anggraini, “PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN DIGITAL PADA INDUSTRI KREATIF RUMAH TANGGA DI DESA PALEWAI KABUPATEN KOLAKA,” Bakti Banua J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 11–14, 2023.

A. Lubis, E. Purike, M. Stiadi, L. Judijanto, and F. Tobing, “The triad of marketing success: product innovation, customer engagement, and market penetration,” Int. J. Econ. Lit., vol. 1, no. 3, pp. 245–257, 2023.

D. Puspasari and R. Hadithya, “Pemanfaatan Sosial Media Marketing Melalui Konten pada Instragram dalam Upaya Meningkatkan Brand Image Sebuah Produk,” J. Manaj. Bisnis dan Keuang., vol. 4, no. 2, pp. 239–252, 2023, doi: 10.51805/jmbk.v4i2.122.

D. Yunita, A. Widad, Y. M. Diah, and W. Farla, “Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19,” Sricommerce J. Sriwij. Community Serv., vol. 2, no. 2, pp. 89–96, 2021, doi: 10.29259/jscs.v2i2.38.

T. Akbari, “Sosialisasi Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk Umkm Di Desa Kurungdahu, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang,” Media Abdimas, vol. 3, no. 2, pp. 64–70, 2023, doi: 10.37817/mediaabdimas.v3i2.2770.

D. Pertiwi and H. Gusfa, “Pengaruh Content Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Kalbis Institute,” J. Media Kom, vol. VIII, no. 2, pp. 45–57, 2018.

P. I. Rachmawati and N. Hariyana, “Sosialisasi Strategi Pengembangan Umkm Melalui Digital Marketing Kelurahan Turi Kota Blitar,” J. Pengabdi. Kpd. …, vol. 4, no. 3, pp. 1678–1684, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1176%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1176/883.

A. Rosid, L. Judijanto, M. Stiadi, R. Rostini, and M. T. Mohamad, “Contemporary marketing management strategies: navigating complexity and challenges in the dynamic industry era,” Int. J. Econ. Lit., vol. 1, no. 3, pp. 271–284, 2023.

M. Stiadi, N. Qomariah, D. A. Kumalasari, K. Khusniyah, and R. Ambarwati, “Harnessing Social Media Platforms as Integral Components of Business Marketing Strategies in The Digital Age: A Case Study Within The E-Commerce Industry,” Int. J. Econ. Lit., vol. 1, no. 2, pp. 111–121, 2023.

N. F. Yusuf, N. Astaginy, and M. Stiadi, “Pengaruh Social Commerce Construct dan Trust terhadap Buying Intention (pada pengguna facebook di Kabupaten Kolaka).”

D. Indrawan, Y. Yorman, M. Stiadi, N. Hendayani, and A.-A. Al-Amin, “Revolutionizing social media marketing through AI and automation: an in-depth analysis of strategies, ethics, and future trends,” Int. J. Humanit. Soc. Sci. Bus., vol. 3, no. 1, pp. 22–45, 2023.

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Articles