Bimbingan Belajar Matematika Dasar dengan Mudah dan Menyenangkan Terhadap Anak-Anak
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v2i2.125Keywords:
Matematika, Sekolah Dasar, Bimbingan BelajarAbstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang tidak disukai oleh sebagian siswa karena dianggap sulit dan membosankan untuk dipelajari. Oleh karena itu, ini menjadi tantangan untuk memberikan solusi dan mengubah pandangan orang tentang belajar matematika yang membosankan menjadi menyenangkan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah bimbingan dan pendampingan belajar matematika yang mudah dan menyenangkan. Belajar matematika melalui metode bermain menjadi salah satu solusi kreatif dalam pembelajaran matematika. Melalui metode bermain, belajar matematika akan menjadi menyenangkan dan menarik. Dalam proses belajar, hal ini akan menghasilkan anak dengan daya ingat yang lebih kuat dibandingkan dengan anak yang belajar hanya dengan membaca dan mendengarkan. Adapun sasaran pengabdian ini adalah anak-anak Dusun Bungae Desa Biji Nangka Kecamatan Sinjai Borong sebanyak 20 orang. Hasil dari pengabdian masyarakat dengan kegiatan bimbingan belajar matematika dasar yang mudah dan menyenangkan di Dusun Bungae Desa Biji Nangka Kecamatan Sinjai Borong yaitu anak-anak yang awalnya hanya fasih menghafal perkalian 1 sampai 4 telah meningkat sampai perkalian 7 bahkan 9. Adapun anak-anak yang awalnya tidak lancar dalam melafalkan perkalian akhirnya menjadi lancar setalah di terapkan trik perkalian cepat. Bimbingan belajar dengan trik perkalian cepat dapat membantu anak-anak meningkatkan kemampuan matematisnya walaupun dengan waktu yang terbatas dalam proses pembinaan.
References
T. Amrulloh, A. Santoso, and M. Gipayana, “PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN UNTUK PENGUASAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DASAR SISWA SD,” vol. 2, no. 1, pp. 1–118, 2009.
E. Mailani, “Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan,” Elem. Sch. J. PGSD FIP Unimed, vol. 1, no. 1, pp. 8–11, 2015.
S. M. Manokwari, “JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat SISWA SD DI ARFAI JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat matematika disekolah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain , itu merupakan pelajaran yang sulit dan menjadi momok yang menakutkan . Hal inilah mengaplikasikan konsep-konsep dalam berbagai soal yang berbeda-beda . Karena perkembangan teknologi dan mempunyai peranan dalam berbagai disiplin ilmu,” vol. 4, no. 2, pp. 184–192, 2022.
C. N. Salsinha, E. Binsasi, and E. N. Bano, “Peningkatan kemampuan berhitung dengan metode jarimatika di sekolah dasar negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur,” Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 15, no. 2, pp. 73–84, 2019.
Irmayanti, Jurniyati, N. Hidayah, and N. Islamiah, “Pendampingan belajar matematika metode jarimatika di taman baca karlos,” Ruang Cendekia J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 184–188, 2022.
D. S. Pambudi, T. A. Novitasari, and S. Shofiya, “Sosialisasi dan Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Kuliah Kerja pada Masa Pandemi Covid-19 di Jember,” Pelita J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2021.
A. Quraisy, I. Ilhamuddin, A. Gaffar, R. S. Mahmud, A. A. Syahrir, and M. Muzaini, “PELATIHAN PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DAN PERKALIAN CEPAT BAGI SISWA SMP,” J. Abdimas Indones., vol. 2, no. 2, pp. 286–293, 2022.
G. B. Hendrawan and R. Marlina, “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Digital Pada Pembelajaran Matematika,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 5, no. 2, p. 395, 2022, doi: 10.22460/jpmi.v5i2.10288.
Irmayanti, N. Islamiah, and Syarifuddin, “Analisis sosiomatematika berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran pada siswa sdn 224 palae,” vol. 1, no. 2, pp. 27–34, 2020.
I. Irmayanti and D. Danial, “EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SINJAI SELATAN,” AULADUNA J. Pendidik. Dasar Islam, 2019, doi: 10.24252/auladuna.v6i1a10.2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JDISTIRA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0