Pengenalan Kosakata Dasar Bahasa Inggris (English Basic Vocabulary) Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas 5 SDN 64 Buntu Ampang

Authors

  • Nur Anita Universitas Muhammadiyah Bone
  • Muhammad Jafar Universitas Muhammadiyah Bone
  • Fahri Muhdar Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v4i2.1072

Keywords:

Bahasa Inggris, Kosakata, Media Gambar

Abstract

Bahasa Inggris memainkan peran penting dalam kehidupan kita dan penting untuk dikuasai oleh individu dari segala usia. Kosakata adalah kumpulan kata atau frasa yang disusun menurut abjad, dijelaskan, dan didefinisikan. Pengajaran bahasa inggris kepada pelajar muda perlu mempertimbangkan karakteristik dan kesiapan anak dalam menerima, mengolah, dan mengadptasi materi. Penggunaan media gambar dalam pengajaran kosakata dasar bahasa inggris memperkaya keterampilan komunikasi siswa dan meningkatkan pemahaman dan retensi memori mereka. Melalui metode interaktif dan aktivitas menarik menggunakan alat bantu visual, seperti permainan, kemahiran dan minat bahasa inggris siswa ditingkatkan sehingga membuka jalan bagi pembelajaran dan peningkatan berkelanjutan.

References

R. A. I. OCTAVITA and R. SARASWATI, “Integrasi Pendidikan Berkarakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris,” J. Terap. Abdimas, vol. 2, p. 33, 2017, doi: 10.25273/jta.v2i0.974.

Wahyudi, “Pengenalan Bahasa Inggris Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Desa Sukasari,” J. Pengabdi. Mandiri Vol.2, No.1, Januari 2023, vol. 2, no. Januari, pp. 77–82, 2023.

S. Pohan, A. Irmayana, N. Husainah, and F. B. Saputra, “Memperkenalkan Vocabulary Melalui Lagu Pada Anak Sd,” J. Adam J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 304–308, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam

A. S. P. SARI and S. R. Pandiangan, “the Application of Guessing Strategy To Improve Students’ Vocabulary Mastery on English Phrasal Verbs,” J. Suluh Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 24–38, 2021, doi: 10.36655/jsp.v9i1.524.

R. Retnowaty, P. Indriawati, and K. H. Prasetya, “Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Bertema Lingkungan Sekolah di Sekolah Dasar,” Abdimas Univers., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.36277/abdimasuniversal.v2i1.53.

D. Adiatmana Ginting, M. Hassan, N. Sri Lestari, M. Rahmadhani, and F. De Napoli Marpaung, “Pelatihan Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Media Gambar Untuk Anak-Anak Desa Jaring Halus, Kec. Secanggang, Kab. Langkat,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Al Maksum, vol. 1, no. 1, pp. 13–20, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

Raden Agus Budiharto, S. Agus Santoso, and Ratna Ani Lestari, “Pengenalan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini Melalui English For Kids,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 287–293, 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i2.4423.

T. Kushnir, “Imagination and social cognition in childhood,” Wiley Interdiscip. Rev. Cogn. Sci., vol. 13, no. 4, pp. 1–12, 2022, doi: 10.1002/wcs.1603.

H. Kahrs, “Teaching English as a Foreign Language,” Educ. Forum, vol. 31, no. 3, pp. 303–306, 1967, doi: 10.1080/00131726709338061.

T. Suningsih, R. Rukiyah, and R. S. Andarini, “Development of digital teaching material in the South Sumatra traditional games course,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 64–75, 2023, doi: 10.21831/jitp.v10i1.54862.

T. Yudhiyanto, I. Asyura, E. Dewi, and E. L. Khoiriyah, “Pendampingan Belajar Dasar Bahasa Inggris Dengan Media Gambar dan Lagu Kepada Siswa SD Desa Bojen,” vol. 5, no. 3, pp. 264–269, 2023.

S. Setyoningsih, “Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (Tpr) Pada Anak Usia Dini,” ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, vol. 4, no. 1, p. 148, 2016, doi: 10.21043/thufula.v4i1.4274.

J. Ilmiah et al., “Meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam mengenal bahasa inggris dengan metode permainan tebak buah,” vol. 1, no. 1, pp. 44–51, 2020.

N. Amini and S. Suyadi, “Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini,” PAUDIA J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 9, no. 2, pp. 119–129, 2020, doi: 10.26877/paudia.v9i2.6702.

N. U. P. Utami and T. Rahman, “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Anak,” J. Paud Agapedia, vol. 2, no. 1, pp. 53–65, 2020, doi: 10.17509/jpa.v2i1.24388.

Downloads

Published

2024-11-24

Issue

Section

Articles