Keputusan Pembelian ditinjau dari Electronic Word of Mouth, Impulse Buying, Brand Image dan Label Halal Produk MS Glow pada Generasi Millennial dan iGeneration
DOI:
https://doi.org/10.58794/bns.v2i1.97Keywords:
Electronic Word of Mouth, Impulse Buying, Brand Image, Label Halal, Keputusan PembelianAbstract
Trend penggunaan kosmetik atau skincare merupakan tuntutan utama seseorang untuk berpenampilan menarik khususnya wanita muslimah yang mempunyai prinsip bahwa halal is my life. Namun, telah kita amati masih banyak konsumen muslim memakai kosmetik atau skincare tanpa label halal. Penelitian dilakukan pada Generasi Millennial dan iGeneration di Jepara yang pernah membeli dan memakai skincare produk MS Glow sampel yang diambil sebesar 100 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode penelitian menggunakan regresi berganda dengan bantuan program IBM SPSS versi 25.0 for windows 8.1 pro. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial electronic word of mouth, impulse buying, brand image dan label halal mempunyai pengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian produk MS Glow yang dilakukan oleh Generasi Millenial dan iGeneration. Implikasi managerial pada penelitian ini adalah pentingnya bagi seorang muslimah dalam menggunakan kosmetik yang terdapat label halal. Inovasi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen menjadi penting untuk dilakukan karena akan menyebabkan seorang konsumen membeli produk yang dihasilkan.
References
Anie dan I Made Bayu Dirgantara Luthfiyani, "Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Emina’Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Emina," Diponegoro Journal of Management Vol 10 No 4, p. 25, 2021.
Farokhah Muzayinatun Niswah, "Hubungan Persepsi dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Tanpa Label Halal," Jurnal Middle East and Islamic Studies Vol 5, No 1, p. 49, 2018.
Etta Mamang Sangadji and Sopiah , Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2013.
dkk Fuadi, "Pengaruh Celebrity Endorser dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Lhokseumawe," Jurnal Investasi Islam Vol 6, No 1, 2021.
Nana Triapnita, dkk Nainggolan, Perilaku Konsumen di Era Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
Fatchur Rohman, Peran Factor Situasional dan Perilaku Pembelian Impulsive. Malang: UB Press, 2012.
Dwi Edi dan Benny Diah Mandusari Wibowo, "Pengaruh Lebelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Di Kota Pekalongan," Indonesia Journal Of Halal Vol 1, No 1, p. 75, 2018.
I Kadek, dkk Rupayana, "Pengaruh Kualitas Produk, Impulse Buying dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Merek Oppo di Kota Denpasar," American Journal Humanities and Social Science Research Vol 5, No 1, p. 234, 2021.
Irfan dan Albertis Widyanto, "Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Padat Wardah Pada PT Pargon Technology and Innovation (Studi Kasus MahasiswaFakultasEkonomi STIE Graham Karya Muara Bulian)," Jurnal Manajemen dan Sains Vol 6, No 1, 2021.
Mia Adisty Amin and Lucky Rachmawati, "Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah," Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam Vol 3, No 2, p. 63, 2020.
Malonda, dkk Deisy, "Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler Di IT Center Manado," Jurnal EMBA Vol 6, No 4, p. 2296, 2018.
Khayrina Nurul dan Hastho Joko Nur Utomo Fajritami, "Keputusan Pembelian ditinjau Kualitas Produk, Label Halal dan Brand Image," Jurnal Paradigma: Jurnal Masalah Social, Politik, dan Kebijakan Vol 5, No 2, p. 32, 2021.
Masrukhin, Metode Penelitian Kuantitatif. Kudus: STAIN Kudus, 2009.
V. Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru, 2015.
Stanley, dkk Lemeshow, Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1997.
I Kadek Rupayana, I Wayan Suartina, And Ia Mashyuni, "Pengaruh Kualitas Produk, Impulse Buying Dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Merek Oppo Di Kota Denpasar," Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2021.
Mia Adisty Amin And Lucky Rahmawati, "Pengaruh Label Halal, Citra Merek Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah," Ekonomika Dan Bisnis Islam, Vol. 3, No. 2, 2020.
Rawin, dkk Vongurai, "Social Media Usage, Electronic Word Of Mouth And Trust Influence Purchase-Decision Involvement In Using Traveling Services," Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research Vol 6, No 4, p. 32, 2018.
I Made Joshi Wira Andryana and I Gusti Agung Ketut Sri Ardani, "The Role Of Trust Mediates Effect Of E-Wom On Consumer Purchase Decisions," American Journal of Humanities and Social Science Research Vol 5, No 1, p. 234, 2021.
dkk. Rodita Yulinda, "Pengaruh Promosi, Diskon dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret Cabang Rungkut Menanggal Kota Surabaya," Jurnal Manajemen Branchmarck Vol 4, No 1, p. 279, 2018.
Rynaldi Pratama Nur Maulana and Supriyono, "Pengaruh Promosi dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian pada Bunga Swalayan Sampang," Jurnal STEI Ekonomi Vol 30, No 1, p. 74, 2021.
dkk. Ngoc-Long Nguyen, "The Effect Of Lifestyle, Brand Image and Personalities On Smartphone Purchase Decision Of Consumers In Hochiminh City," International Journal of Innovative Science and Research Technology Vol 5, No 3, p. 483, 2020.
Billmart Einstein Siahaan and Kristinasisilia, "Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Screamous di Kota Bandung," Jurnal E-Proceeding of Management Vol 7, No 2, p. 6265, 2020.
dkk Wisnu Mahendri, "The Influence Of Religiosity and Halal Label Through Halal Awareness Purchase Decisions’," Budapest International Research and Critics Institute Journal Vol 3, No 3, p. 1739, 2020.
dkk Ahmad Ulil Albab Al Umar, "Pengaruh Label Halal dan Tanggal KadaluarsaTerhadap Keputusan Pembelian Produk Sidomuncul," Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah Vol 3, No 1, p. 644, 2020.
Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: UNDIP, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal BANSI - Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BANSI-Journal of Accounting Management Business provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BANSI-Journal of Accounting Management Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0