Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Daya Saing Bisnis Laundry dengan Pendekatan SWOT (Studi Kasus pada Laundry Kota Pekanbaru)
DOI:
https://doi.org/10.58794/bns.v4i1.890Keywords:
Analisis SWOT, usaha laundry, kemampuan bersaing, strategi pemasaran, bauran pemasaran.Abstract
Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) untuk mengkaji bagaimana teknik pemasaran mempengaruhi kapasitas industri cuci untuk bersaing. Utama Laundry di Kota Pekanbaru dijadikan sebagai subjek studi kasus. Melalui penggunaan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen, metodologi penelitian kualitatif digunakan. Analisis SWOT merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui peluang dan ancaman, serta elemen internal dan eksternal (kekuatan dan kelemahan) yang mempengaruhi daya saing dan strategi pemasaran Utama Laundry. Temuan penelitian menunjukkan bahwa daya saing Utama Laundry dipengaruhi oleh taktik pemasaran yang menggabungkan bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan situs). Implikasi manajerial penelitian ini mencakup perlunya mengembangkan rencana pemasaran yang sesuai untuk meningkatkan daya saing industri laundry dengan memaksimalkan kelebihan dan kekuatan serta meminimalkan kelemahan dan ancamannya.
References
R. Lestari, “Digital marketing, persepsi harga, kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap kinerja pemasaran laundry,” JPPI (Jurnal Penelit. Pendidik. Indones., vol. 10, no. 1, pp. 151–157, 2024.
A. Rifai, “MEMPERKUAT KINERJA PEMASARAN USAHA LAUNDRY DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI INTERVENING,” J. Manaj. dan Retail, vol. 1, no. 02, pp. 85–102, 2021.
Faradiba and S. R. T. Astuti, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan ‘Bebek Gendut’ Semarang),” Diponegoro J. Manag., pp. 59–69, 2013.
S. Tirtayasa, I. Nadra, and H. Khair, “Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Manaj. Dan Bisnis, vol. 22, no. 2, pp. 244–259, 2021.
E. N. Syahputro, Melejitkan pemasaran UMKM melalui media sosial. Caremedia Communication, 2020.
A. Dani, “Strategi mempertahankan loyalitas konsumen usaha Laundry Arafah Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus 38 Banjarrejo Lampung Timur).” IAIN Metro, 2020.
A. F. Sabilla, “A Analisa Implementasi Strtegi Pemasaran Terhdap Usaha Pelayanan Jasa AnanAbyan Laundry: Analisa Implementasi Strategi Pemasaran Terhadap Usaha Pelayanan Jasa AnanAbyan Laundry,” in Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi, 2024.
S. Sodikin and S. Gumiandari, “Analisis swot mutu evaluasi pembelajaran,” JDMP (Jurnal Din. Manaj. Pendidikan), vol. 6, no. 1, 2021.
W. Wahidmurni, “Pemaparan metode penelitian kualitatif,” 2017.
M. I. Nasution, M. A. Prayogi, and S. M. A. Nasution, “Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan,” J. Ris. Sains Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2017.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal BANSI - Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BANSI-Journal of Accounting Management Business provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BANSI-Journal of Accounting Management Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0