Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Daya Saing Bisnis Laundry dengan Pendekatan SWOT (Studi Kasus pada Laundry Kota Pekanbaru)

Authors

  • Irsyadi Zain STIE PERSADA BUNDA
  • Daniel Richardo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda
  • Nora Karlina Silalahi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda
  • Richson Lee Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda
  • Reyhan Sabrina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda
  • Nuri Dilla Aprillia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda

DOI:

https://doi.org/10.58794/bns.v4i1.890

Keywords:

Analisis SWOT, usaha laundry, kemampuan bersaing, strategi pemasaran, bauran pemasaran.

Abstract

Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) untuk mengkaji bagaimana teknik pemasaran mempengaruhi kapasitas industri cuci untuk bersaing. Utama Laundry di Kota Pekanbaru dijadikan sebagai subjek studi kasus. Melalui penggunaan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen, metodologi penelitian kualitatif digunakan. Analisis SWOT merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui peluang dan ancaman, serta elemen internal dan eksternal (kekuatan dan kelemahan) yang mempengaruhi daya saing dan strategi pemasaran Utama Laundry. Temuan penelitian menunjukkan bahwa daya saing Utama Laundry dipengaruhi oleh taktik pemasaran yang menggabungkan bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan situs). Implikasi manajerial penelitian ini mencakup perlunya mengembangkan rencana pemasaran yang sesuai untuk meningkatkan daya saing industri laundry dengan memaksimalkan kelebihan dan kekuatan serta meminimalkan kelemahan dan ancamannya.

References

R. Lestari, “Digital marketing, persepsi harga, kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap kinerja pemasaran laundry,” JPPI (Jurnal Penelit. Pendidik. Indones., vol. 10, no. 1, pp. 151–157, 2024.

A. Rifai, “MEMPERKUAT KINERJA PEMASARAN USAHA LAUNDRY DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI INTERVENING,” J. Manaj. dan Retail, vol. 1, no. 02, pp. 85–102, 2021.

Faradiba and S. R. T. Astuti, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan ‘Bebek Gendut’ Semarang),” Diponegoro J. Manag., pp. 59–69, 2013.

S. Tirtayasa, I. Nadra, and H. Khair, “Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Manaj. Dan Bisnis, vol. 22, no. 2, pp. 244–259, 2021.

E. N. Syahputro, Melejitkan pemasaran UMKM melalui media sosial. Caremedia Communication, 2020.

A. Dani, “Strategi mempertahankan loyalitas konsumen usaha Laundry Arafah Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus 38 Banjarrejo Lampung Timur).” IAIN Metro, 2020.

A. F. Sabilla, “A Analisa Implementasi Strtegi Pemasaran Terhdap Usaha Pelayanan Jasa AnanAbyan Laundry: Analisa Implementasi Strategi Pemasaran Terhadap Usaha Pelayanan Jasa AnanAbyan Laundry,” in Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi, 2024.

S. Sodikin and S. Gumiandari, “Analisis swot mutu evaluasi pembelajaran,” JDMP (Jurnal Din. Manaj. Pendidikan), vol. 6, no. 1, 2021.

W. Wahidmurni, “Pemaparan metode penelitian kualitatif,” 2017.

M. I. Nasution, M. A. Prayogi, and S. M. A. Nasution, “Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan,” J. Ris. Sains Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2017.

Downloads

Additional Files

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles