Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Keberhasilan

Authors

  • Albab shodikin AL Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sedya Santosa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurul Yaqin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58794/bns.v4i2.829

Keywords:

Berwirausaha, kreativitas , inovasi

Abstract

Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kebberhasilan". Penelitian ini membahas tentang pentingnya kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha untuk meningkatkan kemampuan wirausahawan dalam menciptakan produk atau layanan yang inovatif dan berbeda. Kreativitas berarti menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, sedangkan inovasi berarti menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Dalam berwirausaha, kreativitas dan inovasi digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam suatu sistem. Wirausahawan yang kreatif dan inovatif dapat mengembangkan ide-ide baru dan mengubah cara kerja yang lebih efisien, sehingga apa yang dihasilkan dapat diterima oleh masyarakat luas dan meningkatkan profit bagi perusahaan. Penelitian ini juga membahas strategi-strategi untuk meningkatkan kemampuan kreativitas dan inovasi, serta implikasi bisnis dari penelitian ini

 

References

Anggraini, D. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Melalui Orientasi Kewirausahaan Pada UKM Sektor Makanan di Desa kolam. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital, 1(3), 351–363. https://doi.org/10.59663/jebidi.v1i3.120

Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Kurniadi, B. D. (n.d.). PRAKTEK PENELITIAN KUALITATIF (B. D. Kurniadi (ed.); 2011th

ed.). Bayu Dardias Kurniadi.

Lestari, I., Astuti, M., Ridwan, H., Ekonomi, F., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2019). PENGARUH INOVASI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP

KEUNGGULAN BERSAING UMKM KULINER. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 111–118.

Lorensius, & Ping, T. (2021). Model Pembiayaan Pendidikan di Perguruan Tinggi Pada Masa Covid-19. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(2), 107–119.

Madaniah, F., Nurjannah, S., & Suryandari, M. (2023). Sebab Akibat Banyak Anak Di Indonesia Yang Putus Sekolah. Http://Journal- Stiayappimakassar.Ac.Id/Index.Php/Srj/Article/View/218, 1(1), 418–424. http://journal- stiayappimakassar.ac.id/index.php/srj/article/view/218

Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2015). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Ukm Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 10(1), 23. https://doi.org/10.21067/jem.v10i1.771

Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA, 5(2), 100–109. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.55

Purwandari, N. R. (2016). Implementasi Sistem Among Dalam Penanaman Karakter Di Kelas Iv Sd Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyak. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Reza, V. (2022). ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP: Membangun Karakter Wirausahawan Muslim dengan Pengetahuan berbasis Ekonomi. Jurnal An-Nahl, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.54576/annahl.v9i1.42

Santosa, I. (2014). Masalah dan Tantangan Pengembangan. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 3(3), 203–207.

Siswanto. (2016). Desain Mutu Pendidikan Pesantren. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 23(2), 259–274. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.726

SM, I., & Hidayatulloh, M. A. (2014). “Learning To Live Together”: Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini Di Lembaga Paud Islam. Al-Ulum, 14(1), 229–246. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/258

Syarifah. (2018). Manajemen pengelolaan lembaga pendidikan (Arinta umi khomarianti (ed.); Agus budim).

Downloads

Published

2025-04-23

Issue

Section

Articles