Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pengguna Gojek di Pekanbaru)
DOI:
https://doi.org/10.58794/bns.v2i1.73Keywords:
Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada transportasi online. Objek penelitian ini pada pengguna gojek di Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling metode Convenience Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 218 responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini dengan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.
References
I. M. A. Juniantara and T. G. R. Sukawati, “Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 7, no. 11, p. 5955, 2018, doi: 10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p06.
R. Septiani, “Peran mediasi kepuasan pelanggan pada pengaruh,” vol. 10, no. 2, 2020.
D. G. A. Adnyana and N. W. S. Suprapti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Gojek Di Kota Denpasar,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 7, no. 11, p. 6041, 2018, doi: 10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p09.
S. Widyasari, E. Soliha, S. Wuryan, and L. D. Damayanti, “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Pada Koran Harian Suara Merdeka di Kota Semarang),” J. Manaj. dan Bisnis Indones., vol. 5, no. 1, pp. 117–132, 2017, doi: 10.31843/jmbi.v5i1.144.
Nuraeni, “GRAB (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang),” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 8, no. 1, p. 95, 2021, [Online]. Available: https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/197
N. A. N. L. Dewi and A. A. G. A. A. Kusuma, “Peran Kepuasaan Dalam Memediasi Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Kembali,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 8, no. 9, p. 5591, 2019, doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i09.p12.
S. Normasari, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang,” J. Adm. Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 1–9, 2013.
R. Rachman and R. Oktavianti, “Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Penggunaan Sistem Pembayaran Online (Survei Pengguna Produk Unipin),” Prologia, vol. 5, no. 1, p. 148, 2021, doi: 10.24912/pr.v5i1.8200.
S. Darwin, D. Yohanes, S. Kunto, and S. Si, “Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya,” J. Manaj. Pemasar. Petra, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2014.
N. Agustina, “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Smartphone Samsung.,” pp. 1–112, 2018.
A. R. Rivai and triyono A. Wahyudi, “Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi,” Mitra Wacana Media, vol. 4, no. 1, pp. 29–37, 2017.
G. Wariki, L. Mananeke, and H. Tawas, “Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 3, no. 2, pp. 1073–1085, 2015, doi: 10.35794/emba.v3i2.9286.
N. L. P. Juniantari, N. P. N. Anggraini, and I. G. Y. Hendrawan, “Pengaruh Service Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Transportasi Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Ganesa Transport,” vol. 10, no. 2014, pp. 107–115, 2020.
I. P. E. A. Prasada and N. W. Ekawati, “Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 7, no. 10, p. 5284, 2018, doi: 10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p04.
M. Siddik, L. Suprihartini, and R. Kurniawan, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi,” pp. 1–13, 2019.
S. E. Wibowo, E. Ruswanti, U. Januarko, F. Ekonomi, U. E. Unggul, and K. Jeruk, “Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Toko Buku Gramedia Yogyakarta,” J. Ekon., pp. 56–64, 2013.
L. Trianah, D. Pranitasari, and S. Z. Marichs, “Pelanggan ( Studi Kasus Pada Pelanggan D ’ Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan ),” vol. 26, no. 01, pp. 105–122, 2017.
. M., A. Eldine, and L. Muniroh, “Kualitas Pelayanan Dan Pemuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan,” Manag. J. Ilmu Manaj., vol. 1, no. 1, p. 57, 2018, doi: 10.32832/manager.v1i1.1766.
S. Rahayu and L. N. Wati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan,” J. Ekobis Ekon. Bisnis Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 117–122, 2020, doi: 10.37932/j.e.v8i2.41.
M. F. M. Gultom, Dedek Kurniawan; Arif, “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek,” MANEGGGIO J. Ilm. Magister Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 273–282, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Agus Supandi Soegoto, “Persepsi Nilai kepuasan pelanngan terhadap public Relation di Rumah Sakit,” J. EMBA, vol. 1, no. 3, pp. 1271–1283, 2013.
M. A. F. Ramadhan, “Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Transportasi Online Gojek Di Kota Malang,” J. Ilmu Manaj., vol. 4, no. 2, p. 153, 2020, doi: 10.33474/manajemen.v4i2.3733.
A. Nurbani, H. Mulyanto, M. K. Wardani, and M. Andriyani, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen,” J. Manaj. Kewirausahaan, vol. 16, no. 2, p. 109, 2019, doi: 10.33370/jmk.v16i2.346.
M. Y. Ronasih and H. Widhiastuti, “Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen,” Philanthr. J. Psychol., vol. 5, no. 1, p. 109, 2021, doi: 10.26623/philanthropy.v5i1.3303.
R. Octavia, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung,” J. Manaj. Pemasar., vol. 13, no. 1, pp. 35–39, 2019, doi: 10.9744/pemasaran.13.1.35-39.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal BANSI - Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BANSI-Journal of Accounting Management Business provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BANSI-Journal of Accounting Management Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0