Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada 26 Store Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.58794/bns.v3i2.656Keywords:
Kualitas Produk, Persepsi Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah membeli di 26 Store Pekanbaru yang jumlahnya tidak diketahui. Penentuan sampel dengan rumus Lemeshow, sehingga jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 97 orang dengan teknik accindental sampling. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian diperoleh kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dan persepsi harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kualitas produk dan persepsi harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan F hitung (84,916)>F tabel (3,09) dengan Signifikan (0,000)<0,05 dan nilai adjusted r square mempunyai arti bahwa variasi keputusan pembelian sebesar 63,6% dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan persepsi harga, sisanya 36,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
References
R. Imanulah, I. Andriyani, and F. N. Melvani, “Pengaruh Citra Toko, Varian produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Pancious SOMA Palembang,” EKOMBIS Rev. J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 285–295, 2022, doi: 10.37676/ekombis.v10i1.1743.
Sugito, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xpander (PT. Sardana Indah Berlian Motor),” Public Serv. Gov. J., vol. 4, no. 1, pp. 52–60, 2023.
S. Fitri, Z. Nasution, and D. Simanjuntak, “Pengaruh Harga, Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Toko khanza Aeknabara,” Remik, vol. 6, no. 3, pp. 408–417, 2022, doi: 10.33395/remik.v6i3.11563.
M. I. Iffathurjannah and Harti, “Pengaruh keamanan makanan, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian pada konsumen mie Lemonilo,” J. Akuntabel, vol. 18, no. 2, pp. 235–246, 2021.
S. Tirtayasa, A. P. Lubis, and H. Khair, “Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen,” J. Inspirasi Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 1, p. 67, 2021, doi: 10.33603/jibm.v5i1.4929.
T. Susanti and A. F. R. Sari, “Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Sabun Lifebuoy Di Kota Pontianak,” JEMBA J. Ekon. Pembangunan, Manaj. dan bisnis, Akunt., vol. 1, no. 2, pp. 123–137, 2021, doi: 10.52300/jemba.v1i2.2991.
K. Pembelian, S. Xiaomi, S. Kasus, P. Siswa, and S. M. A. Negeri, “PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI,” J. Ekper, vol. 4, no. 2, pp. 26–43, 2020.
N. Sahara, M. Asnawi, and A. Firah, “Pengaruh kualitas produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian pada pt. hari rezeki kita semua di medan,” J. Econ. Manag. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 189–204, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/article/viewFile/3486/2296
B. A. Kasiono, A. L. Tumbel, and J. J. Pondaag, “Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengunjung di Cafe Kopi Lain Hati Tondano),” J. EMBA, vol. 10, no. 4, pp. 1795–1806, 2022.
N. Nadya Rizki Mirella, R. Nurlela, H. Erviana, and M. Herman Farrel, “Faktor Yang Mempengaruhi: Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian: Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga (Literatur Review Manajemen Pemasaran),” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 350–363, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i1.880.
S. N. Aini and R. Indrarini, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Simpanan Wadiah Pada USPPS BMT Sunan Drajat Tunggul Paciran Lamongan,” J. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Sos., vol. 1, no. 4, pp. 363–377, 2021, [Online]. Available: https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/48%0A363
N. Sukmawati and S. R. Ekasasi, “Pengaruh gaya hidup, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk makanan sehat Soyjoy,” Cakrawangsa Bisnis J. Ilm. Mhs., vol. 1, no. 1, pp. 17–28, 2020, [Online]. Available: http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/125
A. R. Anggraeni and E. . Soliha, “Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang),” Al Tijarah, vol. 6, no. 3, p. 96, 2020, doi: 10.21111/tijarah.v6i3.5612.
D. Rahmawaty and A. R. Nur, “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo,” J. Ekon., vol. 23, no. 1, pp. 1–12, 2020, doi: 10.47896/je.v23i1.99.
L. Lionarto, M. Tecoalu, and S. Wahyoedi, “Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen,” J. Manag. Bussines, vol. 4, no. 1, pp. 527–545, 2022, doi: 10.31539/jomb.v4i1.3709.
K. Ilmiyah and I. Krishernawan, “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto,” Mak. J. Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 31–42, 2020, doi: 10.37403/mjm.v6i1.143.
Jahroni dkk, “Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Pendidik. Tambusai, vol. Vol. 5, no. No. 3, pp. 10234–10241, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal BANSI - Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BANSI-Journal of Accounting Management Business provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BANSI-Journal of Accounting Management Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0