Model Penentu Keputusan Penggunaan Layanan Grab di Pekanbaru

Authors

  • Vina Viviana Utari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia
  • Sarli Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58794/bns.v1i1.35

Keywords:

Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Komunikasi dari Mulut ke Mulut, Persepsi Kemudahan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, kualitas pelayanan, citra merek, komunikasi dari mulut ke mulut, dan persepsi kemudahan masing-masing terhadap keputusan pembelian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan adalah 400 responden yang merupakan konsumen pengguna layanan Grab di Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, harga, citra merek, komunikasi dari mulut ke mulut, dan persepsi kemudahan masing-masing berpengaruh terhadap keputusan penggunaan layanan Grab di Pekanbaru.

References

N. M. Primantari, A. A. B. D. A., & Purnami, “Pengaruh Promosi, Gaya Hidup, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Taksi Online Blue Bird.,” 2017.

Wibowo, “Manajemen Kinerja.Edisi Ketiga.,” 2010.

& S. Putranto, N. I., Arifin, Z., “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Warga Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Yang Pernah Memilih Jasa Transpotasi PO Nusantara rute Cepu-Blora-Rembang-Jakarta).,” 2014.

R. Farochi, C., & Hidayat, “Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Merk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Go-Jek.,” 2013.

D. Dermawan, B., Saroh, S., & Krisdianto, “Pengaruh Price , Promotion , Dan People Terhadap Proses Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online ( Studi Pada Pengguna GrabBike Mahasiswa Universitas Islam Malang ).,” 2019.

M. Ridwan, “Analysis Of Customer Trust, Service Quality And Ticket Cost On Customer Decision In Using Trans Metro Bus Pekanbaru Service.,” 2018.

K. G. S. Sari, D. M. F. P., & Dwiya, “Strategi Digital Marketing , Word of Mouth ( Wom ), Service Quality Terhadap Keputusan Pemakaian Jasa Go-Jek.,” 2018.

B. Mahanani, E., & Sari, “Pengaruh Perceived Ease Of Use, Word Of Mouth Dan Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Grab Pada Mahasiswa/i FEB UPI-Y.A.I. 3(1), 9–17,” 2021.

L. Widjaja, A. E., & Indrawati, “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Ojek Online.,” 2005.

R. N. Nisa, N. R., Rahayu, R., & Hardati, “Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.,” 2019.

N. Fitria, D., & Salim, “EFFECT OF FLEXIBLE BUDGET IN MAKING MANAGERIAL DECISION ( STUDY CASE : PT . ES TONASA ) PENGARUH ANGGARAN FLEKSIBEL DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MANAJERIAL ( STUDI KASUS : PT . ES TONASA ),” 2020.

M. A. Firnanda, “Pengaruh Electronic Word of Mouth , Brand Image , Brand Trust terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ojek Online Go-Jek di Samarinda The Influence of Electronic Word of Mouth , Brand Image , Brand Trust to the Decision of Using Online Ojek Service Go-Jek in S,” 2017.

L. M. Saragih, “Pengaruh Harga, Brand Image dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pelanggan Jasa GrabCar Di Kota Medan.,” 2018.

& F. Habir, H., Zahara, Z., “Pengaruh Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha.,” 2018.

M. Fatuh, “Pengaruh Promosi Penjualan, Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Keputusan Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Pengguna Uber Di Surabaya Pusat).,” 2017.

M. Retnaningrum and T. Haryanto, “ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN DAN LEVERAGE TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN PEMODERASI CSR,” no. 2001, pp. 1–9, 2016.

M. Misnarum, M., Arifin, R., & Hufron, “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian.,” 2018.

B. Alma, “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,” 2013.

G. Kotler, P., & Armstrong, “Prinsip-Prinsip Pemasaran,” 2012.

T. Darmadji and Fakhruddin, “Pasar Modal Di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Selemba Empat,” 2012.

Pujawan., “Riset Pemasaran Kontemporer,” 2010.

F. Tjiptono, “Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan dan Penelitian,” 2014.

P. K. and K. L. Keller, “Marketing Management,” 2016.

S. Assauri, “Manajemen Pemasaran,” 2014.

K. L. Kotler, P., & Keller, “Marketing Management,” 2012.

A. Hasan, “Marketing dari Mulut ke Mulut.,” 2010.

T. E., “Decision Support Systems and Intelligent Systems Edis,” 2005.

F. D. Venkatesh, V. M., & Davis, “A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies,” 2000.

K. L. Kotler, P., & Keller, “Marketing Management,” 2016.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” 2011.

B. P. Statistik., “Retrieved from https//www.bps.go.id,” 2018.

FAO, “Fao Food and Agricultural Policy Trend,” no. 8, pp. 2012–2017, 2017, [Online]. Available: http://www.fao.org/3/a-i7696e.pdf.

Sujarweni., “SPSS Untuk Penelitian,” 2015.

I. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,” 2013.

Downloads

Published

2021-12-30

Issue

Section

Articles