Hukum Persaingan Usaha dan Perlindungan Konsumen Mewujudkan Pasar yang Adil dan Transparan

Authors

  • Zahra Ainun Maldina Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ubaid Aisyul Hana Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Universita Islam Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58794/bns.v5i1.1444

Keywords:

Hukum Persaingan Usaha, Perlindungan Konsumen, Pasar Adil, Regulasi Ekonomi

Abstract

Persaingan usaha yang sehat merupakan pilar utama dalam menciptakan pasar yang adil dan transparan. Namun, beberapa praktik persaingan usaha tidak sehat masih menjadi tantangan serius di Indonesia. Dampak dari persaingan usaha tidak sehat sangat dirasakan oleh konsumen, yang menghadapi harga yang tidak wajar, produk berkualitas rendah, dan terbatasnya pilihan di pasar. Persaingan curang dapat mengakibatkan kenaikan harga, produk berkualitas rendah, kurangnya pilihan, informasi yang tidak jujur, pengabaian hak konsumen, dan kerugian finansial. Oleh karena itu, perlindungan hukum terhadap konsumen menjadi aspek penting dalam menjaga keseimbangan pasar. Untuk mewujudkan pasar yang adil dan transparan, diperlukan sinergi antara hukum persaingan usaha dan perlindungan konsumen. Perlindungan konsumen tidak hanya berfokus pada aspek preventif, tetapi juga represif terhadap pelaku usaha yang melanggar hukum. Reformasi regulasi dan penguatan kelembagaan menjadi langkah strategis dalam menghadapi tantangan persaingan usaha di era modern. Perlunya penguatan kerangka hukum dan kelembagaan untuk memastikan perlindungan konsumen yang efektif dan persaingan usaha yang sehat. Hal ini mencakup pembaruan regulasi yang responsif terhadap perkembangan teknologi serta peningkatan kapasitas lembaga pengawas dalam menegakkan hukum secara efektif.

References

T. Mahfudin, “PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN DALAM MENGHADAPI AKIBAT PERSAINGAN CURANG,” J. Huk. Progresif, vol. XI, no. 2, pp. 1928–1940, 2017.

R. I. Harmain and K. Fikriyah, “Perilaku Pedagang Pasar Pabean Surabaya Dalam Perspektif Prinsip Dasar Pasar Islami,” J. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 6, pp. 124–136, 2023, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/25196%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/download/25196/10579

M. W. Firdaus. F and R. Mardiah, “International Law: Existence in International Dispute Settlement Efforts as a Symbol of Peace in the International Community,” Muhammadiyah Law Rev., vol. 7, no. 2, p. 24, 2023, doi: 10.24127/mlr.v7i2.2766.

M. E. Darnia, Z. Daresdi, A. A. Sakinah, A. Melita, Y. Mai Zahra, and S. R. Riza, “Persaingan Usaha Tidak Sehat Terhadap Perlindungan Konsumen di Indonesia,” Civilia J. Kaji. Huk. dan Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 2, no. 6, pp. 236–243, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id

Rizkita Dinar Anggraini and Sinarianda Kurnia Hartantien, “PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS HAK INFORMASI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI ONLINE,” J. Huk. Dan Keadilan, pp. 104–112, 2024, doi: 10.55499/judiciary.v13i1.240.

K. A. Sari, “Integrasi Hukum Perlindungan Konsumen dan Persaingan Usaha Atas Data Pribadi Konsumen pada Platform Digital,” UNES Law Rev., vol. 6, no. 1, pp. 1936–1947, 2023, [Online]. Available: https://www.review-unes.com/index.php/law/article/view/954%0Ahttps://www.review-unes.com/index.php/law/article/download/954/738

R. Adolph, “View of Konsep Aktualisasi Peran Hukum Persaingan Usaha Dalam Pasar E-Commerce di Era 5.0 di Indonesia,” vol. 6, no. 2, pp. 1–23, 2016.

R. Mantili, H. Kusmayanti, and A. Afriana, “Problematika Penegakan Hukum Persaingan Usaha di Indonesia dalam Rangka Menciptakan Kepastian Hukum,” PADJADJARAN J. Ilmu Huk. (Journal Law), vol. 3, no. 1, pp. 116–132, 2016, doi: 10.22304/pjih.v3n1.a7.

M. A. Hasanah, U. Islam, I. Yogyakarta, S. Achiria, U. Islam, and I. Yogyakarta, “Analisis harga adil pada pasar sempurna,” no. February, 2024.

T. Tarmizi, “Analisis Hukum Persaingan Usaha Di Indonesia Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2019,” J. Real Ris., vol. 4, no. 1, pp. 12–19, 2022, doi: 10.47647/jrr.v4i1.545.

M. A. Hasbullah, “Penegakan Hukum Persaingan Usaha Dalam Sektor Ekonomi Digital,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. dan Akuntansi), vol. 4, no. 1, pp. 582–597, 2020.

D. Surya Pranata and H. Hadi, “PENEGAKAN HUKUM PERSAINGAN USAHA DALAM PENERAPAN ALAT BUKTI TIDAK LANGSUNG (IndIrect evIdence) TERHADAP PRAKTIK KARTEL,” J. Priv. Law, vol. 8, no. 2, p. 260, 2020, doi: 10.20961/privat.v8i2.48418.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia, “Laporan Tahun Komisi Pengawas Persaingan Usaha 2022,” p. 26, 2022.

Y. L. Fista, Aris Machmud, and S. Suartini, “Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Transaksi E-commerce Ditinjau dari Perspektif Undang-Undang Perlindungan Konsumen,” Binamulia Huk., vol. 12, no. 1, pp. 177–189, 2023, doi: 10.37893/jbh.v12i1.599.

R. A. Dewi and I. nyoman Suyatna, “Implementasi Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Melalui Online,” J. Ilmu Huk., vol. 4, pp. 1–13, 2016.

Y. M. Samosir and R. Aprian, “Efektivitas Hukum Perlindungan Konsumen dalam Menghadapi Tantangan di Era Ekonomi Digital,” JUSTITIA J. Ilmu Huk. dan Hum., vol. 7, no. 1, p. 63, 2024, doi: 10.31604/justitia.v7i1.63-67.

F. Al Ghozali and T. Hardyanthi, “Perlindungan Konsumen pada Platform E-Commerce: Regulasi dan Peran Pemerintah,” Ethics Law J. Bus. Notary, vol. 2, no. 3, pp. 136–141, 2024, doi: 10.61292/eljbn.220.

A. Z. dan D. Yusri, “Perkembangan Perlindungan Konsumen Pengguna Jasa Pengiriman Barang di Indonesia,” J. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 809–820, 2020.

I. Harsono, “Perlindungan Konsumen dalam Transaksi E-Commerce di Indonesia,” J. Legis. Indones., vol. Vol. 17, no. No. 2, pp. 187–196, 2020.

N. Fibrianti, “Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen: Sinergi Negara, Pelaku Usaha dan Konsumen,” Borobudur Law Rev., vol. 2, no. 2, pp. 90–101, 2020, doi: 10.31603/burrev.3971.

P. Usaha Berdasarkan, K. Kppu, O. : Dwi, F. Mokoagow, R. A. Maramis, and G. H. Tampongangoy, “Analisis Hukum Penyelesaian Perkara,” 2018.

Y. A. Putra, L. Marsuni, and A. Rahman, “Analisis Tentang Wewenang Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Sebagai Penegak Hukum Persaingan Usaha Di Indonesia,” J. Lex Theory, vol. 1, no. 2, pp. 196–212, 2020, doi: 10.52103/jlt.v1i2.264.

R. Fitriansyah, “Kekuatan hukum putusan kppu dalam menjamin persaingan usaha yang sehat di indonesia,” Komun. Yust., vol. 7, pp. 1–10, 2024.

H. yusuf Sony valentino tulung, “PENGARUH HUKUM PERSAINGAN USAHA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL,” J. Dimens. Huk., vol. 8, no. 1, pp. 49–54, 2024.

A. A. Maheswari, “Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Melalui E-Commerce Lintas Negara,” J. Educ. Dev., vol. 11, no. 2, pp. 162–173, 2023, doi: 10.37081/ed.v11i2.4714.

S. Ismantara and Y. Prianto, “Relevansi Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia Di Era Ekonomi Digital,” Pros. Serina, vol. 4, no. 3, pp. 321–330, 2022, [Online]. Available: https://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/view/18548%0Ahttps://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/download/18548/10468

D. Kusumo and R. Afandi, “Indonesian Journal Of Law and Economic,” Indones. J. Innov. Stud., vol. 13, no. 1, pp. 1–12, 2020.

A. Kennedy, “Analisis Hukum Persaingan Usaha Platform Marketplace Online Pada Era Ekonomi Digital Analysis of Competition Law for Online Marketplace Platforms in the Digital Economy Era,” Ethics Law J., vol. 2, no. 4, pp. 1–16, 2024.

A. Fitra, S. Rahman, and A. Arief, “Efektivitas Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce Di Kota Sengkang,” J. Lex Gen., vol. 3, no. 3, pp. 543–546, 2022, [Online]. Available: http://pasca-umi.ac.id/index.php/jlg/article/view/818%0Ahttp://pasca-umi.ac.id/index.php/jlg/article/download/818/871

M. E. Darnia, E. E. Utami, R. Marsya, D. P. Pertiwi, and N. Nadila, “Strategi Penguatan Hukum Perlindungan Konsumen Dalam Era Digital,” Perkara J. Ilmu Huk. dan Polit., vol. 1, no. 4, pp. 44–58, 2023.

Downloads

Published

2025-08-12

Issue

Section

Articles