Peran Nct Sebagai Aktor Nation Branding Korea Selatan Dalam Diplomasi Budaya Terhadap Indonesia Tahun 2021-2023

Authors

  • Roza Andriani Universitas Abdurrab
  • Selvia Rahmayani Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/sumur.v2i2.969

Keywords:

Diplomasi Budaya, Nation Branding, Indonesia, Korea Selatan, Neo Culture Technology (NCT)

Abstract

Fenomena Hallyu mendapat popularitas di banyak  negara di dunia yang bertujuan untuk merubah citra korea selatan sebagai kebudayaan unik dan telah menjadi salah satu alat penting bagi negara Korea Selatan untuk mempromosikan citra positifnya di tingkat internasional melalui nation branding. NCT merupakan boyband K-Pop yang sedang populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang mana memiliki penggemar terbanyak setelah BTS di Indonesia. Hal ini lah yang membuat NCT berperan sebagai aktor dalam melakukan nation branding dengan membawa aspek budaya di Indonesia terutama pada tahun 2021-2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi peran grub musik K-Pop NCT sebagai aktor nation branding Korea Selatan dalam diplomasi budaya terhadap Indonesia tahun 2021-2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari data sekunder melalui studi kepustakaan dan analisis konten media sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa NCT memiliki peran yang signifikan dalam memperkuat citra Korea Selatan di Indonesia melalui aktivitas promosi, ekspor, pariwisata, kolaborasi, maupun interaksi dengan penggemar. Implikasi praktis dari penelitian ini termasuk pemahaman yang lebih baik tentang cara memanfaatkan kekuatan budaya populer dalam memperkuat hubungan bilateral dan mempromosikan kedua negara di tingkat global.

 

References

Book

]Alexandra, F., & Mujiono, D. I. K. (2019). Pengantar Diplomasi; sejarah, Teori dan studi kasus (U. W. Sagena (Ed.)). Mulawarman University

PessGienow-

Hecht, J.C., & Donfried, M.C. (2010). Searching for a Cultural Diplomacy.

Warsito, T., & Kartika, W. (2010). Diplomasi Kebudayaan: Konsep dan Relevansi Bagi Negara Berkembang: Studi Kasus Indonesia. Yogyakarta:

Penerbit Ombak

Journal Article

Anholt S, Anholt Nation Brands Index: How Does the World See America, journal of advertisting research journal of advertising research, 45 (3)), 296-304

Globalization for South Korea‟s Cultural Industry: The Future of K-Pop in The Untact Era. Jurnal Asia Pacific Studies, 5(1), 36-48.

Kim, S. (2020). Hallyu diplomacy: South Korea's soft power strategy and the global promotion of K-pop. East Asia: An International Quarterly, 37(1), 49-64.

Maryani, E., Rizal, E., & Mahardika (2022). Budaya Korean Wave Sebagai Komoditas Industri Media Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(1), 121- 133

Permatasari, I. (2022). Hallyu and Multitrack Diplomacy of South Korea by SM Entertainment. KYBERNOLOGY : Journal of Government Studies, 2(2), 106– 119.

Prameswari, N. M., Susiatiningsih, H., & Windiani, R. (2022). Gastrodiplomasi Korea Selatan dalam Upaya Nation Branding di Indonesia sebagai Negara Muslim Terbesar. Journal of International Relations, 8(4), 675–689.

Safaat, A. R., Bachtiar. F. A., & Zinal. N. A. (2022). Korean Pop Culture Sebagai Instrumen Politik Luar Negeri Korea Selatan. 5(2), 169–196.

Sarana, S. A., & Sari, V. P. (2022). Strategi Nation Branding Malaysia dalam Penggalakan Pariwisata Medis terhadap Publik Indonesia. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(2), 179-200

Zulkarnain, Astrid R. M., & Suharyono, K. N. I. (2022) K-Pop and Contemporary Cultural Diplomacy: The Influence of K-Pop Idol Neo Culture Technology (NCT) on Indonesia‟s Cultural Diplomacy in the Digital Age. Hasanuddin Journal of Strategic and International Studies (HJSIS), 1(1), 45-54.

Electronic Publication, Information from the internet

Kompasiana.com (2023). Seru dan Sukses, Konser The Dream Show 2 di Jakarta Berhasil MenghibuRibuanPenonton. https://www.kompasiana.com/aprillazzahra/6406cc644addee42df5ebf72/seru- dan-sukses-konser-the-dream-show-2-di-jakarta-berhasil-menghibur-ribuan- penonton (Accesed 10 Maret 2024).

CNN Indonesia (2024). NCT Dream Akan Konser The Dream Show 3 di Jakarta 18 Mei.https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20240220084059-227- 1064817/nct-dream-akan-konser-the-dream-show-3-di-jakarta-18-mei (Accesed : pada 9 Maret 2024).

Berita Satu (2023). Grub Kpop dengan Fans Terbanyak di Indonesia Tahun 2023. https://www.beritasatu.com/lifestyle/1049270/grup-kpop-dengan-fans- terbanyak-di-indonesia-tahun-2023 (Accesed: 10 Oktober 2023).

Downloads

Published

2024-08-10

Issue

Section

Articles