Pengaruh Iklan di Youtube Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi (Studi Pada Gofood)

(Studi Pada Gofood)

Authors

  • Suci Shinta Lestari Universitas Abdurrab
  • Muhammad Arif Universitas Abdurrab
  • Muhammad Hanif Ahda Universitas Abdurrab
  • Ramadhani Fahmi Universitas Abdurrab

Keywords:

Iklan GoFood, YouTube, Aplikasi Gojek

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk megetahui bagaimana pengaruh iklan GoFood di YouTube terhadap minat penggunaan aplikasi GoJek pada mahasiswa Universitas Abdurrab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan menggambarkan sebuah fenomena iklan GoFood di YouTube. Adanya frekuensi dari hasil google form pra-riset data mahasiswa Universitas Abdurrab yang sering melihat iklan GoFood di YouTube berjumlah 44 mahasiswa. Terdiri dari 6 mahasiswa sangat sering melihat iklan GoFood di YouTube, 20 mahasiswa sering melihat iklan GoFood di YouTube dan 18 mahasiswa jarang melihat iklan GoFood di YouTube. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin dalam menentukan sampel. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling kuota yang dimana merupakan bagian dari unsur nonprobabilitiy. Hasil sampel ini ditemukan sebanyak 100 orang yang diambil dari jumlah populasi mahasiswa aktif Universitas Abdurrab semester genap 2021/2022 sebanyak 2.420 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket (google form). Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian dapat dijelaskan bahwa besarnya nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0.806 dari output tersebut determinasi (R Square) sebesar 0.650 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (X) terhadap varibael terikat (Y) adalah sebesar 65%. Artinya H1 diterima H0 ditolak (Iklan GoFood di YouTube memberi pengaruh terhadap minat penggunaan aplikasi GoJek pada mahasiswa Universitas Abdurrab).

References

Asih, A.T. and Fauziah, N. (2018) ‘Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecemasan Jauh Dari Smartphone (nomophobia) Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang’, Jurnal Empati,6(2),pp.15–20.Availableat: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/19725. Diakses pada tanggal 3 Mei 2022 pukul 10.30 WIB

Dewi, N.K. and SE, G.A. (2012) ‘Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand And Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus di PT. Unilever

Cabang Padang)’, Sumber, 6(1), p. 26. PENGARUH_IKLAN CITRA_MEREK DAN_KEPUASAN_KONSU MEN_TERHADAP_LOYALITAS_KONSUMEN_DALAM_MENGGUN AKAN_VASELINE_HAND_AND_BODY_LOTION_DI_KOTA_P- with-cover-page-v2.pdf (d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net). Diakses pada tanggal 4 Juni 2022 pukul 21.22 WIB.

Faiqah, F., Nadjib, M. and Amir, A.S. (2016) ‘YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassar Vidgram’, Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, pp. 259–272.

Farida, I., Tarmizi, A. and November, Y. (2016) ‘Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online’, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT,

(1), pp. 31–40. 8-Article_Text-12-1-10-20170415-with-cover-page- v2.pdf (d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net). Diakses pada tanggal 13 Juni 2022 pukul 15.37 WIB.

Hidayatullah, S., Waris, A. and Devianti, R.C. (2018) ‘Perilaku Generasi Milenial Dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food’, Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), pp. 240–249. file:///C:/Users/admin/Downloads/2560-7658-1-PB (2).pdf. Diakses pada tanggal 1 Juli 2022 pukul 17.05 WIB.

Lengkey, L.M.E. (2014) ‘Peranan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Pengguna Iklan di Harian Komentar Manado’, ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(3). file:///C:/Users/admin/Downloads/5689-11061-1- SM%20(1).pdf. Diakses pada tanggal 17 Juli 2022 pukul (ed.). Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, p. 133. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/RESPON_TERHADAP_MERK_ KARENA_PENGARUH_GAN/t7_ZDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=se jarah youtube sebagai media&pg=PR2&printsec=frontcover. Diakses pada tanggal 7 Agustus pukul 01.05 WIB.

Rahmah, A. (2022) Rumus Slovin, Rumus.co.id. Available at: https://rumus.co.id/rumus-slovin/. diakses pada tanggal 20 Juni pukul 20.35 WIB.

Wardani, L.M.I. (2020) ‘Aplikasi Psikologi Positif: Pendidikan, Industri dan Sosial’, in Wardani, L.M.I. (ed.). Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, p. 335. Available at: https://books.google.co.id/books?id=RaT7DwAAQBAJ&newbks=1&new bks_redir=0&lpg=PA296&dq=YouTube indonesia&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false. Diakses pada tanggal 7 Agustus pukul 13.05 WIB.

Yanto, O. (2021) ‘Pemidanaan atas Kejahatan yang Berhubungan dengan Teknologi Informasi’, in Alviana (ed.). Di Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota Ikapi), p. 214. Available at:

https://books.google.co.id/books?id=68hEEAAAQBAJ&newbks=1&newb ks_redir=0&lpg=PA44&dq=YouTube indonesia&hl=id&pg=PA44#v=onepage&q=YouTube indonesia&f=false. Diakses pada tanggal 7 Agustus pukul 13.25 WIB

Adriani, C.A., Nisyak, H. and Bafadhal, O.M. (2021) ‘Efektivitas Iklan GoJek (GoRide) J3K: Agar Nyaman Dalam Perjalanan Pake GoJek Di Televisi Terhadap Minat Menggunakan Jasa Aplikasi GoJek Pada Masyarakat Kota Palembang’. Sriwijaya University. https://repository.unsri.ac.id/65272/1/RAMA_70201_07031381722178_00 02037805_0022089205_01_front_ref.pdf. Diakses pada tanggal 18 April 2022 pukul 19.51 WIB.

Cahyaningtyas, N.A. (2020) ‘Efektivitas Iklan Seluler (Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, dan Kualitas Pesan Iklan terhadap Efektivitas Iklan Seluler Gojek Versi ‘Cerdikiawan’pada Pengguna Aplikasi Youtube Judul (1).pdf. Diakses pada tanggal 10 April 2022 pukul 23.13 WIB.

Hidayatullah, S. (2021) ‘Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Di Pekanbaru’. Pekanbaru: Fakultas Teknik Universitas Abdurrab.

Ramadi, E. (2020) ‘Pengaruh Iklan GoJek Pada Konten Youtube Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi GoJek Oleh Mahasiswa Uin Raden Fatah Palembang’. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. http://repository.radenfatah.ac.id/16675/1/EDO%20PRAMADI.pdf. Diakses pada tanggal 8 April 2022 pukul 22.19 WIB.

Morissan (2018) Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 1st edn. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-08-01

Issue

Section

Articles