Perkembangan Teknologi Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Nellalucky Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.58794/sumur.v2i1.602

Keywords:

Teknologi , Pendidikan, Agama Islam

Abstract

Di era globalisasi saat ini, teknologi memberikan dampak yang besar terhadap eksistensi pendidikan Islam. Teknologi telah mengubah cara kita belajar dan mengakses informasi. Dahulu pendidikan Islam hanya dapat diperoleh melalui guru atau lembaga pendidikan tertentu. Namun berkat kemajuan teknologi, pendidikan Islam kini dapat diakses secara online melalui internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif  pendidikan Islam terhadap perkembangan teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yakni penelitian yang menjadikan literatur-literatur baik dari buku, jurnal-jurnal, serta artikel-artikel yang terkait dengan penelitian sebagai sumber data penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekata fenomenologi, dimana pendeskripsian permasalahan berdasarkan fenomena atau kejadian nyata. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa secara perspektif islam sangat mendukung perkembangan teknologi, karena dengan adanya teknologi akan berdampak pada perkembangan Pendidikan islam yang meliputi peningkatan aksesibilitas global, metode pembelajaran menjadi interaktif dan kreatif, mengembangkan kreativitas dan inovasi, serta meningkatkan evaluasi dan pemantauan. Oleh karena itu, perlunya peran serta masyarakat di era digital ini dengan membangun pendidikan berbasis teknologi dan informasi islam yang dapat menjawab tantangan kebutuhan masyarakat di era digital

References

Z. Arifin, “Solusi Terhadap Problem IT di Pendidikan Islam,” Intelegensia J. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 11–23, 2021, doi: 10.34001/intelegensia.v9i1.2001.

Sabri A, Pendidikan Islam Menyonsong Era Industri 4.0. Sleman: CV Budi Utama, 2020.

A. Manan, “PENDIDIKAN ISLAM DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI : MENGGAGAS HARMONI DALAM ERA DIGITAL,” vol. 5, pp. 56–73, 2023.

M. F. Hajri, “Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21,” Al-Mikraj , vol. 4, no. 1, pp. 33–41, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikrajDOI:https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006.

I. Hidayat, A. Askar, and Z. Zaitun, “Teknologi Menurut Pandangan Islam,” Pros. Kaji. Islam dan Integr. Ilmu di Era Soc. 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarj., vol. 1, no. 5, pp. 456–460, 2022.

C. R. Ardita, U. H. Salsabila, A. Syarofah, M. S. Pahlevie, and M. R. N. Risam, “Peran Teknologi Pendidikan pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19,” Lisyabab J. Stud. Islam dan Sos., vol. 2, no. 2, pp. 173–184, 2021, doi: 10.58326/jurnallisyabab.v2i2.89.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Widi RK, Menggelorakan penelitian; Pengenalan dan penuntun pelaksanaan penelitian. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2018.

Hadi WN, Pengantar Teknologi Informasi. Sumatera Barat: PT Mafy Media Literasu Indonesai, 2023.

M. R. R. Budianto, S. F. Kurnia, and T. R. S. W. Galih, “Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,” Islam. J. Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 21, no. 01, pp. 55–61, 2021, doi: 10.32939/islamika.v21i01.776.

R. Putri, A. Ramadhan, and M. Afif, “Perspektif Islam Terhadap Integrasi Perkembangan Ilmu Teknologi,” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 2, no. 1 Juni, pp. 48–54, 2021, doi: 10.34306/abdi.v2i1.447.

Zalik Nuryana, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,” J. TAMADDUN, vol. XIX, no. 1, 2018.

U. H. Salsabila, M. L. N. Hanifan, M. I. Mahmuda, M. A. Nur Tajuddin, and A. Pratiwi, “Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pendidikan Islam,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3268–3275, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.995.

U. H. Salsabila, P. L. Ramadhan, N. Hidayatullah, and S. N. Anggraini, “Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam,” TA’LIM J. Stud. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 1–17, 2022, doi: 10.52166/talim.v5i1.2775.

Downloads

Published

2024-01-28

Issue

Section

Articles