Analisis Pelaksanaan Komunikasi Pada Organisasi Generasi Pesona Indonesia (Genpi)
DOI:
https://doi.org/10.58794/sumur.v3i1.1340Keywords:
Analisis, Pelaksanaan, Organisasi, GenpiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan komunikasi dalam organisasi Generasi Pesona Indonesia (GenPI), sebuah komunitas yang berperan aktif dalam promosi pariwisata di Indonesia. Sebagai bagian dari upaya pengembangan sektor pariwisata, GenPI memanfaatkan media sosial dan komunikasi internal untuk memperkenalkan destinasi wisata Indonesia kepada publik, khususnya generasi muda. Studi ini berfokus pada pemahaman tentang efektivitas komunikasi yang diterapkan baik di dalam organisasi (komunikasi internal) maupun komunikasi eksternal antara GenPI dengan masyarakat, pihak terkait, dan pemangku kepentingan lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan wawancara mendalam dengan anggota dan pengurus GenPI, serta analisis konten media sosial yang digunakan oleh komunitas ini. Melalui wawancara dan observasi langsung terhadap praktik komunikasi yang dilakukan, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh GenPI untuk mencapai tujuan promosi pariwisata. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi tantangan yang dihadapi dalam mengelola komunikasi dan kolaborasi lintas sektor yang melibatkan akademisi, pengusaha, pemerintah, serta komunitas. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan strategi komunikasi berbasis komunitas untuk industri pariwisata, serta meningkatkan pemahaman tentang peran komunikasi dalam mendukung kesuksesan promosi pariwisata di Indonesia.
References
R. Sulisyati, “MEWUJUDKAN WISATA BERKELANJUTAN DI TAMAN NASIONAL KARIMUNJAWA,” JECE-Journal Empower. Community …, 2021, [Online]. Available: https://jurnalpengabdian.com/index.php/jece/article/view/700
M. Dulkiah, Nurmawan, J. A. Rohmana, and A. S. Rahman, “Adaptasi Mahasiswa Dalam Penggunaan Media on Line Sebagai Dampak Wabah Covid-19,” pp. 1–10, 2018.
M. A. F. Habib, “Kajian teoritis pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif,” Ar Rehla J. Islam. Tour. Halal Food …, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/arrehla/article/view/4778
A. Amir, T. D. Sukarno, and F. Rahmawati, “Identifikasi Potensi dan Status Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat,” J. Reg. Rural …, 2020, [Online]. Available: https://journal.ipb.ac.id/index.php/p2wd/article/view/29293
H. D. Saraswati and S. Afifi, “Strategi komunikasi pemasaran pariwisata di masa pandemi COVID-19,” Cover. J. Strateg. Commun., vol. 12, no. 2, pp. 138–155, 2022.
E. Saraswati, F. Nomaini, and K. M. Sobri, “Efektivitas Komunikasi Organisasi Dalam Penguatan Potensi Bumdes Pada Pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa Di Masa Covid-19,” J. Pemerintah. Dan Polit., vol. 6, no. 2, 2021.
C. S. Akasse and R. Ramansyah, “Strategi promosi pariwisata melalui media sosial dalam meningkatkan pengunjung di desa wisata,” J. Socius J. Sociol. Res. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 52–60, 2023.
K. Munthe and E. Tiorida, “Pengaruh Komunikasi Internal Terhadap Kinerja Karyawan,” J. Ris. Bisnis Dan Investasi, vol. 3, no. 1, pp. 86–97, 2017.
S. P. Robbins and T. A. Judge, “Perilaku organisasi edisi ke-12,” Jakarta: Salemba Empat, vol. 11, 2008.
R. T. Siregar et al., “Komunikasi Organisasi,” 2021.
D. M. A. Lexy J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi),” PT. Remaja Rosda Karya, 2019, doi: 10.1016/j.carbpol.2013.02.055.
J. W. Creswell, “pendekatan Metode Kualitatif , Kuantitatif dan Campuran,” vol. 4, 2016.