Strategi Manajemen Komunikasi Penyiaran Radio Aditya 87.6 Fm Pekanbaru Di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.58794/sumur.v3i1.1298Keywords:
Strategi Penyiaran, Radio Aditya 87.6 FM, Era Digital, Media Sosial, Industri PenyiaranAbstract
Penelitian ini mengkaji tantangan yang dihadapi oleh Radio Aditya 87.6 FM Pekanbaru dalam mempertahankan eksistensinya di tengah pesatnya perkembangan media digital. Sebagai radio lokal yang masih eksis, Radio Aditya 87.6 FM menghadapi persaingan ketat dengan platform media digital yang lebih digemari oleh audiens muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen komunikasi penyiaran yang diterapkan oleh Radio Aditya 87.6 FM dalam menghadapi era digital, serta untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan guna menjaga keberlanjutan dan relevansi stasiun radio tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research dengan metode kualitatif deskriptif, yang berlandaskan pada teori manajemen media dari Peter Pringle. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan pihak manajerial, penyiar, serta pendengar radio. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi pola komunikasi dan strategi manajemen yang digunakan oleh pihak radio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radio Aditya 87.6 FM telah merancang manajemen komunikasi yang efektif, yang mencakup perencanaan matang melalui rapat rutin dan survei pendengar melalui media sosial untuk memahami preferensi audiens. Struktur organisasi yang jelas dan kepemimpinan yang efektif turut mempermudah pencapaian tujuan radio. Solusi yang diterapkan oleh radio untuk menghadapi tantangan era digital antara lain adalah pelatihan rutin bagi penyiar untuk beradaptasi dengan perubahan industri, serta pengawasan dan evaluasi berkala guna meningkatkan kualitas siaran dan kinerja radio agar menjaga eksistensi Radio Aditya 87.6 FM di tengah persaingan dengan media digital.
References
N. E, Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online, Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 2021.
A. Lestari, "Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Global FM Dalam Menghadapi Persaingan Di Era New Media," Universitas Sriwijaya, 2022.
M. G. Muhammad Adnan S, "STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN RADIO SMART FM MAKASSAR DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA," Jurnal komunikasi Unifa, vol. 15, no. 2, p. 1, 2022.
Morrisan, Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi Edisi. Revisi, Jakarta: Kencana, 2018.
I. I. D. P. M. Fadilah Hamdi, "STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR PADA ACARA MELAYU DI RADIO DIS FM KOTA TEBING TINGGI," Jurnal At-tadzkir, vol. 1, no. 2, p. 2, 2024.
F. A. Iis StiyoputriInstitut, "STRATEGI RADIO MADYA 106,4 FM KOTA MADIUN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MEDIA BARU," Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 5, no. 1, p. 2, 2023.
D. T. C. W. Latifa Nur Fakhirah, "STRATEGI RADIO MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI," Jurnal Komnasham, vol. 1, no. 1, p. 4, 2021.
Y. P. D. K. S. T. A. M. S. A.-Q. N. H. R. Winda Kustiawan, "Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, UIN Sumatera Utara, Indonesia," Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, vol. 1, no. 3, p. 5, 2024.
P. Amelia, "STRATEGI MANAJEMEN RADIO RRI- PRO 2 DALAM MENINGKATKAN MINAT DENGAR MASYARAKAT KECAMATAN MEDAN DENAI DI KOTA MEDAN," Jurnal Network Media, vol. 3, no. 1, p. 2, 2020.
W. Ranum, Manajemen Penyiaran Radio Bercahaya 94.3 FM Cilacap di Era Digital, Purwokerto: Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2023.
M. Saiful, Strategi Radio Nusantara Ponorogo 92.1 FM Dalam Peningkatan Penyiar di Era Digital, Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo , 2023.
W. A. Pratiwi, Strategi Komunikasi Radio Duta Nusantara FM Ponorogo Dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Digital, Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2023.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2012.
Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta: Yuma pustaka, 2006.
S. Jonathan, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif., Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Morissan, Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio & Televisi, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2008.
M. R. M. M. I. A. Tri Agung Nugraha Buana Wijaya, "STRATEGI PENYIARAN RADIO RAMA FM BANDUNG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MEDIA ONLINE," Jurnal Network Media, vol. 7, no. 1, p. 5, 2024.
C. N. A. P. Sinaga, "Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya," Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 1, no. 1, p. 16, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B., Bandung: Alfabeta, 2019.