Pemberdayaan TIK bagi Siswi SMA Melalui Pendekatan Digital Literasi Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Authors

  • Suci Shinta Lestari Universitas Abdurrab
  • Ira Puspita Sar Universitas Abdurrab
  • Muhammad Yazid Universitas Abdurrab
  • Nurul Aiyuda Universitas Abdurrab
  • Endah Wahyuningsih Universitas Abdurrab
  • Indah Ananda Putri Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/sumur.v3i1.1259

Keywords:

Information and Communication Technology (ICT), Sustainable Development, Female Students, ICT Training, Digital Skills

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin pesat, namun pemanfaatannya di kalangan siswi SMA masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya literasi digital, keterbatasan akses terhadap sumber daya teknologi, serta minimnya pemahaman akan dampaknya dalam pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan siswi SMA melalui pendekatan Digital Literasi  dengan memberikan pelatihan serta pendampingan dalam penggunaan TIK yang efektif, kritis, dan bertanggung jawab. Solusi yang ditawarkan meliputi program edukasi berbasis literasi digital, pelatihan keterampilan teknis, serta integrasi pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran dan kewirausahaan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini meningkatkan pemahaman siswi terhadap literasi digital, keterampilan teknologi, serta kesadaran akan peran mereka dalam pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, pemberdayaan TIK berbasis literasi digital dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kemandirian digital di kalangan generasi muda.

 

References

ari, R. A. (2023). Pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(2), 75-90.

Putra, H. (2022). Peran TIK dalam pembangunan berkelanjutan. Jurnal Ilmu dan Teknologi, 8(1), 45-60.

Fitria, N. (2021). Pengaruh pendidikan TIK terhadap kemandirian siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 10(3), 99-110.

Mardiana, S., & Ramadhan, R. (2020). Implementasi teknologi informasi dalam pendidikan: Studi kasus di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(4), 150-162.

Rahman and S. Kartika, "Pemanfaatan TIK dalam Pendidikan dan Implikasinya bagi Siswa di Sekolah Menengah," Jurnal Pendidikan Digital, vol. 10, no. 2, pp. 45–56, 2021.

Putri and H. Wibowo, "Literasi Digital dan Kesenjangan Gender: Studi Kasus di Sekolah Menengah," Jurnal Komunikasi dan Teknologi, vol. 8, no. 1, pp. 23–35, 2020.

Nugroho, "Integrasi Teknologi dalam Kurikulum Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan," Jurnal Teknologi dan Pendidikan, vol. 12, no. 3, pp. 78–91, 2022.

Sari, "Gender dan Akses Teknologi Informasi di Kalangan Remaja," Jurnal Sosioteknologi, vol. 9, no. 4, pp. 33–47, 2021.

Widodo, "Pemanfaatan Digital Literacy Framework dalam Pembelajaran Berbasis TIK," Jurnal Inovasi Pendidikan, vol. 11, no. 2, pp. 55–67, 2023.

Rahayu, "Peran Perempuan dalam Penggunaan Teknologi Informasi di Pendidikan," Jurnal Kajian Gender dan Teknologi, vol. 7, no. 1, pp. 12–25, 2020.

Susanto and R. Amelia, "Strategi Peningkatan Literasi Digital untuk Pemberdayaan Siswa Perempuan," Jurnal Teknologi dan Sosial, vol. 13, no. 2, pp. 40–54, 2021.

Pratama, "Analisis Tingkat Literasi Digital pada Siswa SMA di Pekanbaru," Jurnal Media Digital, vol. 10, no. 1, pp. 67–80, 2022.

Wahyudi and N. Dewi, "Penerapan STEM dalam Pendidikan Berbasis TIK," Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 98–111, 2023.

Handayani, "Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Perempuan dalam Teknologi," Jurnal Sains Sosial, vol. 9, no. 3, pp. 50–63, 2021.

Ramadhani and P. Yusuf, "Kesenjangan Digital dan Dampaknya pada Pendidikan," Jurnal Transformasi Digital, vol. 8, no. 2, pp. 20–32, 2020.

Saputra, "Evaluasi Program Literasi Digital di Sekolah Menengah," Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 11, no. 1, pp. 45–59, 2022.

Fadilah and A. Surya, "Implementasi Pendidikan Digital untuk Kesetaraan Gender," Jurnal Studi Gender, vol. 10, no. 2, pp. 34–48, 2021.

Zulkarnain, "Model Pemberdayaan Perempuan melalui TIK di Pendidikan," Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 12, no. 3, pp. 55–68, 2023.

Wijaya, "Persepsi Siswa terhadap Literasi Digital dan Penggunaan TIK," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 38–52, 2020.

Hasan and T. Mulyadi, "Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Siswa," Jurnal Pendidikan Digital, vol. 13, no. 2, pp. 44–58, 2022.

Rizky and S. Lestari, "Dampak Pemanfaatan Teknologi terhadap Kesenjangan Gender," Jurnal Kajian Teknologi dan Sosial, vol. 10, no. 4, pp. 25–39, 2021.

Anggraini, "Keterlibatan Perempuan dalam Pengembangan Teknologi," Jurnal Komunikasi dan Media, vol. 8, no. 3, pp. 60–73, 2020.

Harahap, "Pendekatan Holistik dalam Pendidikan TIK untuk Perempuan," Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, vol. 14, no. 1, pp. 32–47, 2023.

Mahendra, "Pemanfaatan Media Digital untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa," Jurnal Transformasi Pendidikan, vol. 9, no. 2, pp. 15–29, 2021.

Fauzan, "Strategi Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Literasi TIK," Jurnal Pendidikan Modern, vol. 10, no. 3, pp. 56–71, 2022.

Setiawan, "Peran Pendidikan Digital dalam Mengurangi Kesenjangan Gender," Jurnal Ilmu Sosial dan Teknologi, vol. 7, no. 1, pp. 23–37, 2020.

Andini, "Kajian Gender dan Literasi Digital dalam Pendidikan," Jurnal Sosiologi Digital, vol. 8, no. 4, pp. 40–53, 2021.

Suhendra, "Penerapan Digital Literacy Framework dalam Pendidikan SMA," Jurnal Inovasi dan Teknologi, vol. 12, no. 1, pp. 65–78, 2023.

• Y. Permata and Z. Anwar, "Meningkatkan Literasi Digital melalui Pendidikan Berbasis Teknologi," Jurnal Pendidikan Masa Depan, vol. 11, no. 2, pp. 30–45, 2022.

Downloads

Published

2025-02-17

Issue

Section

Articles