DIGIMUN- Digital Communication Journal https://rumahjurnal.or.id/index.php/digimun <p><strong>DIGIMUN - Digital Communication Journal </strong> adalah sebuah jurnal <em>blind peer-review</em> yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang komunikasi digital. jurnal Digimun diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan <strong>Januari</strong> dan <strong>Juli</strong> oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya.</p> en-US jurnaldigimun@gmail.com (Muhammad Arif M.Ikom) rmuzawi@gmail.com (Rometdo Muzawi) Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Representasi Pesan Self Acceptance Pada Video Klip Yura Yunita “Tutur Batin” https://rumahjurnal.or.id/index.php/digimun/article/view/648 <p>Latar belakang dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis pesan self acceptance apa yang ada dalam video klip Yura Yunita “Tutur Batin” dan juga apa yang dikomunikasikan pada video klip Yura Yunita “Tutur Batin”. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menambah suatu bacaan yang diharapkan bisa membantu mengerti mengenai pembelajaran self acceptance atau penerimaan diri, juga untuk memahami pesan yang terkandung dalam suatu video klip. Penelitian ini dilakukan dengan cara analisis semiotika dengan pendekatan kualitatif. Paradigma pada penelitian ini adalah paradigm konstrutivisme, untuk memahami sebuah makna. Analisis ini dilakukan berdasarkan konsep semiotika Roland Barthes, dengan menghasilkan tiga makna denotasi, konotasi, dan mitos. Tipe penelitian yang digunakan adalah analisis konten dengan cara studi pustaka dari sumber bacaan buku, artikel, berita dan kepustakaan lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada video klip “Tutur Batin” ditemukan makna denotasi, konotasi, dan mitos. Lagu tersebut menceritakan tentang bagaimana seseorang berjuang untuk menemukan rasa self acceptance atau penerimaan diri dengan cara masing – masing.</p> Putri Awaliah, Mazaya Rizy Safira22 Copyright (c) 2024 DIGIMUN- Digital Communication Journal https://rumahjurnal.or.id/index.php/digimun/article/view/648 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 Peran Platform Media Sosial Dalam Meningkatkan Keterlibatan Karyawan Generasi Z https://rumahjurnal.or.id/index.php/digimun/article/view/1122 <p>Platform Media sosial berperan dalam mengintegrasikan Gen Z ke dalam perusahaan, dengan banyak Gen Z yang kini menggantikan generasi baby boomer. Penelitian mengenai tingkat keterlibatan karyawan lintas generasi Anda akan mendapatkan hasil yang berbeda. Atieq (2019) menemukan ragam tingkat keikutsertaan yang signifikan antara Gen Z dengan dua generasi lainnya (generasi branded). Secara keseluruhan, studi-studi ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat perbedaan dalam keterlibatan antargenerasi, sikap individu juga memiliki &nbsp;kontribusi yang signifikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan karena penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kepustakaan. Platform media sosial memainkan peran penting dalam menarik karyawan Gen Z. Gen Z tumbuh dengan teknologi digital dan jaringan online. Mereka memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi, memperoleh informasi, menambah pengetahuan dan belajarserta mengekspresikan diri<strong>. </strong>Berikut adalah beberapa peran platform media sosial dalam keterlibatan karyawan Gen Z. 1. Komunikasi dan kolaborasi 2. Ekspresi diri 3. Akses terhadap Informasi 4. Pembelajaran 5. Pengaruh dan Aktivisme: Gen Z mulai memasuki dunia kerja dan&nbsp; dianggap sebagai generasi yang sangat profesional, siap bekerja di era digital saat ini. Selain itu, Gen Z cenderung mencari makna dan tujuan dari pekerjaan mereka. Mereka cenderung&nbsp; suka mengerjakan proyek yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan memberikan nilai tambah. Generasi Z memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi, mengekspresikan diri, memperoleh informasi, dan belajar. Dengan kata lain, media sosial berperan penting dalam mengikutsertakan karyawan Gen Z</p> <p>Kata Kunci: Generasi Z, Media Sosial, Keterlibatan karyawan</p> Darmawati, Alhamda Putri, Zannuraini Copyright (c) 2024 DIGIMUN- Digital Communication Journal https://rumahjurnal.or.id/index.php/digimun/article/view/1122 Tue, 17 Dec 2024 00:00:00 +0000