https://rumahjurnal.or.id/index.php/SANTI/issue/feedJurnal SANTI - Sistem Informasi dan Teknik Informasi2025-01-13T03:35:38+00:00Debi Setiawanjurnalsanti@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong> SANTI - Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi</strong> diterbitkan 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan <strong>Maret</strong>, <strong>Juli</strong> dan <strong>November</strong> oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal SANTI adalah sebagai sarana untuk menerbitkan makalah/artikel dalam bidang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.</p> <p> </p>https://rumahjurnal.or.id/index.php/SANTI/article/view/929Implementasi Metode User Centered Design Pada Aplikasi Donasi Pakaian Bekas Berbasis Web2024-07-30T15:10:48+00:00Mardiyat Fadliellahantigalaugalau2020@gmail.comJunadhi Junadhijunadhi@usti.ac.idSusi Erlindasusierlinda@usti.ac.idHerwinherwin@usti.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi donasi pakaian bekas berbasis web dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD). UCD adalah pendekatan desain yang berfokus pada kebutuhan dan preferensi pengguna akhir selama seluruh proses pengembangan aplikasi. Melalui tahapan UCD, mulai dari analisis kebutuhan pengguna, perancangan, prototyping, hingga pengujian, aplikasi ini diharapkan mampu memberikan pengalaman pengguna yang optimal dan memudahkan proses donasi pakaian bekas. Dalam penelitian ini, proses pengembangan aplikasi melibatkan partisipasi aktif dari pengguna potensial untuk memastikan aplikasi memenuhi kebutuhan dan harapan mereka. Setelah tahap pengembangan selesai, aplikasi diuji menggunakan metode blackbox testing untuk memastikan fungsionalitasnya. Blackbox testing dilakukan dengan cara menguji aplikasi berdasarkan input dan output yang dihasilkan tanpa memperhatikan struktur internal atau kode program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode UCD pada aplikasi donasi pakaian bekas berbasis web dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna. Pengujian dengan blackbox testing menunjukkan bahwa semua fitur aplikasi berfungsi dengan baik sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dalam memfasilitasi donasi pakaian bekas secara online, sehingga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.</em></p>2025-01-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal SANTI - Sistem Informasi dan Teknik Informasihttps://rumahjurnal.or.id/index.php/SANTI/article/view/861Game Edukasi Untuk Melatih Minat Baca Pada Anak Dengan Metode GDLC2024-07-01T05:32:23+00:00fardiansyah zikri fardiansyahfardiansyah.zikri21@student.univrab.ac.id<p><em>Minat baca anak yang semakin menurun merupakan permasalahan yang signifikan dalam pendidikan saat ini. Fenomena ini dipicu oleh preferensi anak-anak terhadap perangkat elektronik dibandingkan membaca buku, serta rendahnya dorongan dari lingkungan sekitar. Penurunan minat baca ini berdampak negatif pada perkembangan kognitif dan akademik anak-anak, mengingat pentingnya membaca dalam meningkatkan keterampilan berbahasa, berpikir kritis, dan wawasan. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi yang fokus pada melatih minat baca anak dengan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Metode ini memberikan pendekatan sistematis dan terstruktur dalam pengembangan game edukasi, mencakup tahapan perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi. Kelebihan GDLC meliputi kerangka kerja yang terstruktur, pendekatan iteratif, dan dokumentasi yang baik. Dengan menggabungkan unsur permainan dan pembelajaran, game edukasi diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif bagi anak-anak. Melalui game ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak, membentuk kebiasaan membaca yang berkelanjutan, serta memperkuat keterampilan literasi mereka. Hasil dari penelitian ini adalah game platform yang merupakan subgenre dari genre action games, dapat dijalankan pada perangkat mobile phone berbasis android. Dengan demikian, game edukasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat baca anak-anak dan membuat proses pembelajaran lebih interaktif serta menyenangkan..</em></p>2025-01-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal SANTI - Sistem Informasi dan Teknik Informasihttps://rumahjurnal.or.id/index.php/SANTI/article/view/817Mendiagnosa Penilaian Keparahan Gigitan Demam Berdarah Dengue Melalui Gejala Menggunakan Sistem Pakar2024-06-18T05:23:32+00:00melianasari deda tuwamelituwa@gmail.comAlfrian C Talakuaalfriantalakua@unkriswina.ac.id<p><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Gigitan demam berdarah dengue (DBD) merupakan masalah kesehatan yang signifikan di seluruh dunia. Untuk mengatasi masalah ini, evaluasi tingkat keparahan penyakit secara cepat dan akurat sangatlah penting. Sistem pakar dapat menjadi solusi efektif dalam penilaian ini dengan memanfaatkan tanda-tanda yang dialami pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem pakar berbasis gejala untuk menilai tingkat keparahan gigitan demam berdarah. Metode pengembangan sistem pakar yang digunakan adalah metode Forward Chaining. Data gejala diperoleh dari studi literatur dan wawancara dengan dokter spesialis. Sistem pakar yang dikembangkan mampu memberikan penilaian tingkat keparahan penyakit DBD dengan tingkat akurasi yang tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu tenaga medis dalam menilai pasien DBD dengan cepat dan akurat. Hal ini akan memungkinkan pengobatan yang lebih baik dan efisien.</span></span></em></p>2025-01-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal SANTI - Sistem Informasi dan Teknik Informasi