Game Edukasi Untuk Melatih Minat Baca Pada Anak Dengan Metode GDLC

Authors

  • fardiansyah zikri fardiansyah ayah

DOI:

https://doi.org/10.58794/santi.v5i1.861

Keywords:

minat baca, game edukasi, GDLC

Abstract

Minat baca anak yang semakin menurun merupakan permasalahan yang signifikan dalam pendidikan saat ini. Fenomena ini dipicu oleh preferensi anak-anak terhadap perangkat elektronik dibandingkan membaca buku, serta rendahnya dorongan dari lingkungan sekitar. Penurunan minat baca ini berdampak negatif pada perkembangan kognitif dan akademik anak-anak, mengingat pentingnya membaca dalam meningkatkan keterampilan berbahasa, berpikir kritis, dan wawasan. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi yang fokus pada melatih minat baca anak dengan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Metode ini memberikan pendekatan sistematis dan terstruktur dalam pengembangan game edukasi, mencakup tahapan perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi. Kelebihan GDLC meliputi kerangka kerja yang terstruktur, pendekatan iteratif, dan dokumentasi yang baik. Dengan menggabungkan unsur permainan dan pembelajaran, game edukasi diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif bagi anak-anak. Melalui game ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak, membentuk kebiasaan membaca yang berkelanjutan, serta memperkuat keterampilan literasi mereka. Hasil dari penelitian ini adalah game platform yang merupakan subgenre dari genre action games, dapat dijalankan pada perangkat mobile phone berbasis android. Dengan demikian, game edukasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat baca anak-anak dan membuat proses pembelajaran lebih interaktif serta menyenangkan..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. I. P., Yunanto, P. W., & Zaini, B. (2020). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK SISWA TK AISYIAH RAWAMANGUN. Jurnal Pinter, 3(1), 7–12.

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., & Putri, W. D. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303

Krisdiawan, A., & Darsanto, R. (2019). Penerapan Model Pengembangan Gamegdlc (Game Development Life Cycle )Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile. Teknokom, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.33

Luay, D. M., Asriyanik, & Apriandari, W. (2024). Penggunaan Metode Gdlc (Game Development Life Cycle) Untuk Mengenal Bendera Dunia. INFOTECH Journal, 10(1), 40–48.

Mardhotillah, H. (2022). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. 6(1), 779–792.

Ramdhayani, E. (2023). PENTINGNYA LITERASI DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI ERA DIGITAL. International Journal of Technology, 47(1), 1–7.

Sappile, B. I., Mahmudah, L., Gugat, R. M. D., Farlina, B. F., Shofi, A., Mubarok, & Mardikawati, B. (2024). Dampak penggunaan pembelajaran berbasis game terhadap motivasi dan prestasi belajar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 714–727.

Sari, C. P. (2018). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT MEMBACA SISWA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1–10.

Wahyu, S. (2022). Penerapan Metode Game Development Life Cycle Pada Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Budi Pekerti. 5, 82–91.

Yulianti, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 527–533.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1),1–11.

Downloads

Published

2025-01-13

Issue

Section

Articles