Game Edukasi Menyusun Kata Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Dengan Menggunakan Metode MDLC

Authors

  • Muhammad ikmal Ikmal Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/santi.v4i1.801

Keywords:

Game Edukasi , Anak-anak, Construct 2 , Hewan dan Buah

Abstract

Game merupakan salah satu sarana media hiburan yang dimainkan saat waktu luang.selain sebagai media hiburan, game juga dapat menjadi media belajar. Sayangnya, saat ini banyak game yang online dan offline mengandung unsur kekerasan maka dikawatirkan anak-anak meniru kekerasan tersebut. Tujuan penelitian ini membuat game edukasi yang dapat digunakan untuk media belajar dan tidak ada unsur kekerasan bagi anak-anak. Penelitian ini dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cyle(MDLC) merupakan salah satu metode perancangan atau pengembangan aplikasi,keunggulan MDLC memiliki kontrol yang baik untuk sistem nonlinear dan kekurangan MDLC memiliki model kompleks yang sensitif terhadap ketidakpastian dengan membuat game edukasi yang memiliki animasi yang menarik tanpa unsur kekerasan dalam game agar anak-anak tertarik untuk belajar. Game menyusun kata dibuat menggunakan construct 2. hasil dari  penelitian ini adalah berupa aplikasi game edukasi menyusun kata agar anak-anak tidak jenuh dan bosan saat belajar dengan  tampilan game yang semenarik mungkin agar meningkatkan minat belajar bagi anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. L. Dias, J. Enstein, and G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 27–34, 2021, doi: 10.37792/jukanti.v4i1.233.

D. Drajat and A. Herliana, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Berbahasa Inggris Menggunakan Construct 2,” Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Berbahasa Ingg. Menggunakan Constr. 2, vol. 01, no. 01, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/248/133

Raihan Cahya Adi Putra, Wahyudi wahyudi, Chris Dwi Yanthy, Elok Wigati, and Syarif Fahmi Mauliansyah, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” J. Informasi, Sains dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 62–71, 2023, doi: 10.55606/isaintek.v6i1.92.

I. Ayu, P. Febri, N. Luh, G. Ambaradewi, G. Risaldy, and S. Dato, “Implementasi Game Edukasi Tebak Gambar Hewan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Manaj. Dan Teknol. Inf., vol. 12, no. 2, pp. 35–42, 2022.

B. Web and D. A. N. Android, “Jurnal tika,” J. TIKA Fak. Ilmu …, vol. xx, no. 1, pp. 85–91, 2022, [Online]. Available: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3285185&val=21707&title=Game Edukasi Pengenalan Nama-Nama Sayuran Menggunakan Metode Development Life Cycle

S. Savitri, “Perancangan Game Edukasi Susun Huruf Bahasa Inggris untuk Mengenal Hewan bagi Anak Usia Dini,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 4, no. 3, pp. 218–222, 2023, doi: 10.47065/tin.v4i3.4174.

E. S. Nirwana, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1811–1818, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1684.

A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.25139/inform.v1i1.220.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles