Game Edukasi Menyusun Kata Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Dengan Menggunakan Metode MDLC
DOI:
https://doi.org/10.58794/santi.v4i1.801Keywords:
Game Edukasi , Anak-anak, Construct 2 , Hewan dan BuahAbstract
Game merupakan salah satu sarana media hiburan yang dimainkan saat waktu luang.selain sebagai media hiburan, game juga dapat menjadi media belajar. Sayangnya, saat ini banyak game yang online dan offline mengandung unsur kekerasan maka dikawatirkan anak-anak meniru kekerasan tersebut. Tujuan penelitian ini membuat game edukasi yang dapat digunakan untuk media belajar dan tidak ada unsur kekerasan bagi anak-anak. Penelitian ini dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cyle(MDLC) merupakan salah satu metode perancangan atau pengembangan aplikasi,keunggulan MDLC memiliki kontrol yang baik untuk sistem nonlinear dan kekurangan MDLC memiliki model kompleks yang sensitif terhadap ketidakpastian dengan membuat game edukasi yang memiliki animasi yang menarik tanpa unsur kekerasan dalam game agar anak-anak tertarik untuk belajar. Game menyusun kata dibuat menggunakan construct 2. hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi game edukasi menyusun kata agar anak-anak tidak jenuh dan bosan saat belajar dengan tampilan game yang semenarik mungkin agar meningkatkan minat belajar bagi anak-anak.
Downloads
References
L. L. Dias, J. Enstein, and G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 27–34, 2021, doi: 10.37792/jukanti.v4i1.233.
D. Drajat and A. Herliana, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Berbahasa Inggris Menggunakan Construct 2,” Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Berbahasa Ingg. Menggunakan Constr. 2, vol. 01, no. 01, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/248/133
Raihan Cahya Adi Putra, Wahyudi wahyudi, Chris Dwi Yanthy, Elok Wigati, and Syarif Fahmi Mauliansyah, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” J. Informasi, Sains dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 62–71, 2023, doi: 10.55606/isaintek.v6i1.92.
I. Ayu, P. Febri, N. Luh, G. Ambaradewi, G. Risaldy, and S. Dato, “Implementasi Game Edukasi Tebak Gambar Hewan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Manaj. Dan Teknol. Inf., vol. 12, no. 2, pp. 35–42, 2022.
B. Web and D. A. N. Android, “Jurnal tika,” J. TIKA Fak. Ilmu …, vol. xx, no. 1, pp. 85–91, 2022, [Online]. Available: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3285185&val=21707&title=Game Edukasi Pengenalan Nama-Nama Sayuran Menggunakan Metode Development Life Cycle
S. Savitri, “Perancangan Game Edukasi Susun Huruf Bahasa Inggris untuk Mengenal Hewan bagi Anak Usia Dini,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 4, no. 3, pp. 218–222, 2023, doi: 10.47065/tin.v4i3.4174.
E. S. Nirwana, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1811–1818, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1684.
A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.25139/inform.v1i1.220.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal SANTI - Sistem Informasi dan Teknik Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0