Game Matching Card Hewan Untuk Melatih Kemampuan Kognitif Anak Menggunakan Metode GDLC

Authors

  • Daffa Maulana Suherman Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/santi.v5i2.796

Keywords:

Game, Mobile, Matching Card, Construct 2

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi manusia, dari kecil hingga dewasa,

Seiring dengan berjalannya waktu kemajuan teknologi yang pesat menyebabkan berkurangnya minat belajar pada anak, anak jadi lebih sibuk bermain dengan ponsel sehingga tidak bisa membagi waktu untuk bermain dan belajar. Yang akhirnya mendorong dibuatnya penelitian ini, penelitian tentang perancangan aplikasi game Matching Card Hewan dilengkapi dengan sound berbahasa Inggris berbasis Mobile menggunakan Construct 2 dengan metode GDLC (Game Development Lifecycle) untuk meningkatkan kembali minat belajar anak. Game ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif anak dengan mengingat gambar-gambar hewan yang harus dicocokan dengan pasangannya, sekaligus mengingat nama hewan menggunakan Bahasa inggris. Aplikasi juga dilengkapi dengan level yang akan meningkat ketika berhasil menyelesaikan tantangan yang bertujuan meningkatkan adrenalin anak sehingga anak jadi semakin semangat bermain sambil belajar kosakata Inggris baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Hafis And R. Meliasari, “Analisis Penggunaan Aplikasi Pada Smartphone Sebagai Media Pembelajaran,” Jiip - J. Ilm. Ilmu Pendidik., Vol. 4, No. 8, Pp. 740–747, 2021, Doi: 10.54371/Jiip.V4i8.339.

N. Zein, “Perancangan Game Matching Card Untuk Meningkatkan Memori Otak Pada Anak,” Melek It, Vol. 5, No. 2, Pp. 35–39, 2019.

J. A. M. Moch. Kholil, Rafika Akhsani, Kristinanti Charisma, “Pengembangan Game Edukasi Pilah Sampah Berbasis Android 2d,” No. 51.

A. C. B. Eri Satria Yudatama, Nurhadi, “Smartphone Dan Keluarga (Deteritorialisasi Keluarga Pemakai Smartphone Di Kota Surakarta),” Pp. 1–23, 2016.

C. V. Ones S. Deniz, Stephan Dilchert, Cognitive Abilities. 2012.

B. Siswa, S. Menengah, A. Sma, L. Meilani, B. Bastulbar, And W. D. Pratiwi, “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif , Afektif , Dan Psikomotor,” Pp. 282–287.

R. S. E. Keefe And W. S. Fenton, “How Should Dsm-V Criteria For Schizophrenia Include Cognitive Impairment?,” Schizophr. Bull., Vol. 33, No. 4, Pp. 912–920, 2007, Doi: 10.1093/Schbul/Sbm046.

S. Aryadi, “Learning Construct 2,” P. 84, 2014.

F. Ilmu And K. Universitas, “Implementasi Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle Rio Andriyat Krisdiawan,” Vol. 12, Pp. 1–9, 2018.

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles