Game Jumping With Timmy Untuk Melatih Konsentrasi Pada Anak Dengan Metode GDLC

Authors

  • Lingga Aria Predite Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/santi.v4i1.795

Keywords:

Game, Melatih, Konsentrasi, GDLC, Construct 2

Abstract

Menstimulasi kinerja otak sangat perlu dilakukan pada anak usia dini, karena Kecerdasan terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan otak. Saat ini terdapat berbagai permasalahan yang ada. Pertama, perhatian anak-anak yang berubah-ubah. Kedua, anak sering kehilangan fokus. ketiga, Perkembangan lamban sehingga mengakibatkan lamban juga konsentrasinya.Untuk mengoptimalkan fungsi otak dibutuhkan nutrisi yang baik serta stimulasi yang memadai. melalui metode permainan merupakan salah satu cara menstimulasi otak. Game ini bertujuan membuat sebuah aplikasi game sebagai media untuk melatih kemampuan konsentrasi anak pada usia dini. Game ini dibuat menggunakan Construct 2 dengan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Adapum kelebihan GDLC memiliki kerangka kerja terstruktur, pendekatan iteratif dan dokumentasi baik, kekurangan GDLC yaitu tidak fleksibel dan bergantung pada sumber daya. Hasil dari penelitian ini yaitu game platform yang merupakan subgenre dari genre action games yang dapat dijalankan pada perangkat mobile phone berbasis android. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Oleh, : Doni, W. Ardianto, U. Fadlillah, and S. T. M. Eng, “GAME 2D UNTUK MELATIH DAYA INGAT DAN KONSENTRASI ANAK MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 Makalah Program Studi Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika,” 2016.

D. R. Fadilla, F. Fauziah, and R. T. Aldisa, “Pengenalan Bendera Negara Dengan Fisher Yates- Shuffle Pada Game Edukasi Android Menggunakan Metode GDLC,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1377–1386, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3754.

R. Wiyanda et al., “Rancang Bangun Aplikasi Memory Games Untuk Melatih Kemampuan Daya Ingat Dan Konsentrasi Anak Usia Dini Berbasis Website,” Pag, no. February, pp. 0–10, 2023, doi: 10.13140/RG.2.2.30968.93440.

A. A. Pratama, I. M. Ghufron, R. Ferdian Maulana, and I. F. Anshori, “Perancangan Game 2D Side Scrolling Other Side dengan Model GDLC,” vol. 4, no. 1, 2023.

D. D. S. Fatimah, D. Tresnawati, and C. S. Ma’rup, “Perancangan Game Puzzle Untuk Pembelajaran Menggunakan Metodologi Multimedia,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 281–287, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.281.

M. Konsentrasi, M. Bahasa, and D. A. N. Wawasan, “Box Game and Display Banner Untuk,” vol. 7, no. 2, pp. 629–634, 2023.

D. B. Cahyady and I. Afrianto, “Pembangunan Game Edukasi Untuk Melatih Perkembangan Kognitif Anak Berbasis Kinect (Studi Kasus Tk Nusa Bangsa),” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 75–83, 2016, doi: 10.34010/komputa.v5i2.2446.

Y. S. Nugroho, “PERKEMBANGAN PENGETAHUAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KOMPUTER EDUKATIF ( Studi Kasus TK Aisyiyah 3 Salatiga ),” komuniTi, vol. I, no. 1, pp. 49–56, 2011.

A. Chusyairi, J. S. L. Wibowo, and A. K. Winata, “Game Gandrung Strories Untuk Edukasi Kebudayaan Menggunakan Metode GDLC,” J. Apl. Sist. Inf. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 67–75, 2020.

R. Andriyat Krisdiawan and Darsanto, “Penerapan Model Pengembangan Gamegdlc (Game Development Life Cycle )Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile,” Teknokom, vol. 2, no. 1, pp. 31–40, 2019, doi: 10.31943/teknokom.v2i1.33.

A. Chusyairi, “Game Labirin Let’s Clear Up The World Menggunakan Metode Game Development Life Cycle,” INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 4, no. 2, p. 183, 2020, doi: 10.51211/itbi.v4i2.1331.

A. Arief, M. Muhammad, and F. Amin, “Development Of Educational Game Using GDLC Method: A Case Study Of Algorithm And Data Structures Course,” IJIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 8, no. 2, pp. 120–125, 2023.

D. Nurdiana and A. Suryadi, “Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc,” J. Petik, vol. 3, no. 2, p. 39, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i2.149.

R. R. Kurniawan, P. Harliana, and K. -, “Aplikasi Pengenalan Nama Benda dalam Bahasa Jepang dengan Metode GDLC Berbasis Android,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Komput. Terap., vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2022, doi: 10.35447/jikstra.v4i1.457.

A. A. Saputra, F. N. Putra, and R. D. R. Yusron, “Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Berbasis Android,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2022.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles