Aplikasi Game 2D Menggunakan Construct 3 Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.58794/santi.v5i2.794Keywords:
flappy plane, konsentrasi, smartphone berbasis AndroidAbstract
Aplikasi game Android berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi ini memiliki peluang sebagai media hiburan dan juga bisa melatih kita agar fokus dan konsentrasi yang tinggi, apabila dirancang dengan tepat. Game Flappy Plane dikenal karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Ini dapat menjadi masalah karena dapat membuat pemain frustrasi dan berpotensi untuk mengurangi tingkat retensi pemain. Adapun metodologi dalam perancangan game ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu, konsep, perancangan, pengumpulan bahan pembuatan pengujian, distribusi dengan menggunakan perangkat Construct 3. Tujuan utama pembuatan game Flappy Plane untuk menyediakan hiburan bagi pemain. Game sederhana ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengisi waktu luang dan memberikan hiburan yang ringan. Berdasarkan alasan tersebut, maka konsep game bercerita tentang pesawat terbang melewati beberapa rintangan untuk mencapai tujuannya, permainan ini juga dapat bermanfaat untuk mengurangi stress melalui hiburan sederhana. Tahap penciptaannya berupa aplikasi Android Flappy Plane dalam bentuk prangkat smartphone berbasis Android.
Downloads
References
A. Ardiansyah and E. Rainarli, “Implementasi Q-Learning dan Backpropagation pada Agen yang Memainkan Permainan Flappy Bird,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2017, doi: 10.22146/jnteti.v6i1.287.
S. R. Fathihah, N. Alya, N. D. Fazmi, A. A. Muid, and N. K. Wardhani, “Pengaruh Musik Rock Terhadap Konsentrasi Pada Permainan Flappy Bird,” Shafira, vol. 6, no. 1, pp. 67–73, 2019.
P. Octaviandy, O. Pribadi, and Juliyanto, “Perancangan Aplikasi Kids Memory Game Berbasis Android,” J. TIMES, vol. 9, no. 1, pp. 40–47, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stmik-time.ac.id/index.php/jurnalTIMES/article/view/618
M. Ayyash and D. D. Hutagalung, “Perancangan Aplikasi Game 2D " Tapping Bird " Menggunakan Construct 3 Berbasis Android,” vol. 1, no. 3, pp. 838–844, 2023.
F. A. Nugraha and E. Rainarli, “Implementasi Q-Learning yang Dikombinasikan dengan Ccovolutional Neural Network pada Agent yang Memainkan Permainan Flappy Bird,” 2019.
C. R. T.- Itu, “PENGEMBANGAN GAME : Membandingkan Game di Python dengan Pygame dan In Lua dengan Game Engine of LOVE Machine Translated by Google,” vol. 3, pp. 1450–1453, 2021.
P. F. Bird et al., “Machine Translated by Google Penghindaran Hambatan dengan Metode Kontrol Machine Learning di Abstrak Machine Translated by Google 2 Rumusan Masalah 3 Solusi yang Diusulkan,” pp. 1–5, 2014.
S. Ludic, “Digitalitas , dan Jari,” vol. 1, 2014.
P. Mengemudi and L. Di Luccio, “Abstrak,” 2020.
M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal SANTI - Sistem Informasi dan Teknik Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0