Pengembangan Game Edukasi Doa Harian untuk Efektivitas Anak Menghafal Menggunakan Metode MDLC

Authors

  • Muhammad Arif Firdana Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/santi.v4i2.791

Keywords:

Doa Harian, Game Edukasi, MDLC, Anak-anak, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Menghafal doa-doa harian merupakan kewajiban bagi setiap muslim, termasuk anak-anak. Namun, metode pembelajaran konvensional seringkali kurang efektif dan kurang menarik bagi anak-anak. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan agar anak-anak lebih termotivasi dalam menghafal doa-doa harian. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa game edukasi doa harian yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas anak dalam menghafal doa-doa harian melalui metode pembelajaran yang menyenangkan. Game ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Objek penelitian ini adalah anak-anak usia 6-10 tahun yang sedang belajar menghafal doa-doa harian. Metode MDLC digunakan untuk mengembangkan game edukasi yang menarik dan interaktif dengan memadukan unsur-unsur multimedia seperti gambar, suara, dan animasi. Hasil penelitian ini berupa sebuah game edukasi doa harian yang telah melalui serangkaian pengujian dan evaluasi. Game ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif bagi anak-anak dalam menghafal doa-doa harian melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Muntaz, Y. Hariansyah, and A. Aryanto, “Perancangan Buku Doa Untuk Anak-Anak,”

Besaung J. Seni Desain dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 16–24, 2016, doi: 10.36982/jsdb.v1i1.41.

R. Ridwan, A. Siahaan, and Z. Zulheddi, “Aplikasi Beta (Belajar Dari Peta): Media Edukasi Mengenal Doa-Doa Harian Untuk Siswa Sd Kelas Rendah,” J. MUDARRISUNA Media Kaji. Pendidik. Agama Islam, vol. 12, no. 2, p. 309, 2022, doi: 10.22373/jm.v12i2.12984.

S. Suryadi, “Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan,” J. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 9–19, 2019, doi: 10.36987/informatika.v3i3.219.

F. R. Pradhana, T. Harmini, and M. Naufal, “Pengembangan Game Edukasi Doa Harian Berbasis Android Dengan Menerapkan Metode Gamification,” JUMANJI (Jurnal Masy. Inform. Unjani), vol. 5, no. 2, p. 99, 2021, doi: 10.26874/jumanji.v5i2.96.

W. Sulistiyawati, R. Sholikhin, D. S. N. Afifah, and T. Listiawan, “Peranan game edukasi Kahoot! dalam menunjang pembelajaran Matematika,” Wahana Mat. dan Sains J. Mat. Sains, dan Pembelajarannya, vol. 15, no. 1, pp. 46–57, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/29851

M. Chang and S. Rostianingsih, “Implementasi Animasi Pada Mutimedia Interaktif,” no. 031.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2019.

M. K. Muhammad Rizal, “Rancang Bangun Game Edukasi Vocabulary English,” Ranc. Bangun Game Edukasi Vocab. English Menggunakan Metod. Multimed. Dev. Life Cycle, vol. 9, no. 1, pp. 75–80, 2019.

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles