Evaluasi Pembelajaran Interaktif untuk SD Kelas 1-3 dengan Game Kuis Construct 3
DOI:
https://doi.org/10.58794/santi.v5i2.788Keywords:
Permainan, Kuis, Construct 3, EdukatifAbstract
Di era digital ini, pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, begitu pula dengan cara aktivitas belajar mengajar yang semakin beragam, mulai dari cara belajar manual hingga menggunakan teknologi seperti game edukasi. Salah satu tantangan dalam pendidikan adalah kurangnya interaktivitas dan motivasi dalam metode pembelajaran tradisional dan penyampaian materi Pembelajaran dilakukan secara monoton sehingga siswa bosan dan minat dalam belajar berkurang. Oleh, karena itu dilakukan media pembelajaran yang berkreasi dengan dilengkapi animasi yang cukup menarik contohnya pada pengembangan media pembelajaran aplikasi Android berbasis Construct 3. Media pembelajaran ini dibuat untuk mempermudah dan memberikan fasilitas belajar kepada peserta didik maupun guru di kelas. bahwa media pembelajaran sangat layak untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga respon peserta didik terhadap media pembelajaran dapat menarik antusiasme dalam Pembelejaran. Berdasarkan masalah-masalah yang telah dijelaskan sebelumnya maka diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran untuk siswa. Pada penelitian ini digunakan metode R&D sebagai metode penelitiannya. Dan pengembangan media pembelajaran berjenis kuis dengan materi di skolah untuk siswa kelas 1-3 sd akan dikembangkan dengan menggunakan Construct 3 yang dapat dimainkan pada smartphone Android.
Downloads
References
H. Baskoro and F. Ariadi, “Smartkids Matematika Dasar Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 891–906, 2023.
V. Alwi Hura, Rismayanti, and N. Wulan, “Paper Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Perhitungan Dasar Matematika Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Perhitungan Dasar Matematika Menggunakan Construct 2,” Snastikom, vol. 10, 2023.
S. Permatasari, M. Asikin, and N. R. Dewi, “MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 11, no. 1, pp. 233–245, 2022, doi: 10.33022/ijcs.v11i1.3025.
A. Zahmi and M Aryadinata Zaiyen, “APPLICATION OF THE GDLC (Game Development Life Cycle) METHOD IN BUILDING AN EDUCATIONAL GAME APPLICATION INTRODUCING HOME EQUIPMENT FOR EARLY CHILDREN,” J. Sci. Res. Dev. , vol. 5, no. 2, pp. 945–953, 2023, [Online]. Available: https://idm.or.id/JSCR/inde
A. N. Akbar and A. Herliana, “Pembuatan Game Kuis Fiqih Dengan Menggunakan Construct 3 Di MA Sukamiskin,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 5, pp. 603–611, 2023, doi: 10.32672/jnkti.v6i5.6676.
E. Riyandana, M. G. An Ars, and A. Surahman, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Kosakata Baku Dalam Bahasa Indonesia Di Tingkat Sekolah Dasar (Studi Kasus Sd Negeri 1 Way Petai Lampung Barat),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 2, pp. 213–225, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i2.2028.
N. Mei, S. Susanti, P. Studi, S. Informasi, U. Adhirajasa, and R. Sanjaya, “Permainan Pemilahan Sampah Menggunakan Construct 3 Di SDN 184 Buahbatu untuk didaur ulang bisa menjadi pilihan sederhana dalam mengurangi tumpukan sampah,” vol. 2, no. 3, 2024.
S. Permastasari, M. Asikin, and N. R. Dewi (Nino Adhi), “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA ‘MaTriG’ DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 3 DI SMP,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 8, no. 1, p. 21, 2022, doi: 10.24853/fbc.8.1.21-30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal SANTI - Sistem Informasi dan Teknik Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0