Pengembangan Aplikasi Permainan Pisah Menggunakan Metode Finite State Machine untuk Anak-Anak

Authors

  • Fawaz Akbar Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/santi.v5i2.787

Keywords:

aplikasi, permainan, pilah, sampah, ϵ-NFA

Abstract

Pengelolaan sampah yang belum optimal di Indonesia menjadi permasalahan yang perlu diatasi. Edukasi pemilahan sampah sejak dini pada anak-anak dapat membentuk kebiasaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi permainan "Pisah" menggunakan metode Finite State Machine (FSM) dalam bentuk non-deterministic finite automaton dengan transisi epsilon (ϵ-NFA). Metode pengembangan perangkat lunak digunakan, meliputi analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Aplikasi permainan "Pisah" dirancang dengan tiga level, dimana pemain harus memilah sampah organik dan non-organik melalui sentuhan tangan. Setiap transisi, input, dan state pada ϵ-NFA menggambarkan karakteristik atau keadaan dalam permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi permainan "Pisah" dapat dibangun menggunakan pemodelan ϵ-NFA. Ini membuktikan bahwa teori automata dapat dimanfaatkan untuk membantu pengembang dalam mendesain aplikasi permainan. Aplikasi ini dapat memfasilitasi anak-anak dalam belajar memilah sampah secara interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat membentuk kebiasaan yang baik sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. M. Sulaiman, R. Andrianto, and M. A. Yulianto, “Mobile Learning Application for Language and Automata Theory

using Android-based,” J. Online Inform., vol. 5, no. 2, p. 176, 2020, doi: 10.15575/join.v5i2.630.

F. W. Wibowo, “FINITE STATE MACHINE UNTUK PENGENDALI ELEVATOR

BERBASIS FIELD,” vol. 12, no. 1, pp. 6–8, 2011.

A. T. Setyadi, I. Kuswardayan, and R. R. Hariadi, “Hotel Manajer : Permainan Simulasi Manajemen Operasi Hotel dengan Pemodelan Finite State Machine,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. 1–5, 2018, doi: 10.12962/j23373539.v7i1.29498.

C. Robson, “Real Wolrd Research,” p. 2024, 2002.

S. B. Merriam, “Qualitative research: A guide to design and implementation,” JosseyBass High. adult Educ. Ser., vol. 2nd, p. 304, 2009, doi: 10.1097/NCI.0b013e3181edd9b1.

R. K. Yin, “Research Question Than a,” vol. 11, no. 1, pp. 2016–2019, 2018.

T. Oko, Review of Interviewing as Qualitative Research: A Guide for Researchers in Education and the Social Sciences., vol. 37, no. 7. 1992. doi: 10.1037/032390.

M. W. Lipsey and D. B. Wilson, “Applied social research methods series,” Pract. meta- analysis., 2001.

C. Marina, “Cr??tica de libros,” Pediatr. Integr., vol. 18, no. 6, pp. 401–402, 2014.

J. Webster and R. T. Watson, “Analyzing the Past to Prepare for the Future: Writing a Literature Review.,” MIS Q., vol. 26, no. 2, pp. xiii–xxiii, 2002, doi: 10.1.1.104.6570.

Z. Ming and J. Jiang, “COURSE OUTLINE EECS 4314 : Advanced Software Engineering Fall 2019 Instructor : Lectures : Course TA : Calendar Descriptions for this Course : Learning Outcomes : Topics Covered : Required Textbooks : Optional Textbooks : Significant Dates : Assessment : ,” 2019.

K. Wiegers and J. Beatty, “Software Requirements (Third Edition),” Managing, 2013, doi: 10.3362/9781780449357.

J. Hopcroft, R. Motwani, and J. Ullman, Introduction To Automata Theory , Languages , and Languages , and. 2006.

G. J. Pangalos, “Designing the user interface,” Comput. Ind., vol. 22, no. 2, pp. 193–200, 1993, doi: 10.1016/0166-3615(93)90066-A.

R. S. Pressman and B. R. Maxim, “Software Engineering Eight Edition,” 2020.

C. Foltz, N. Schneider, B. Kausch, M. Wolf, C. Schlick, and H. Luczak, “Usability

engineering,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 4970 LNCS, pp. 527–554, 2008, doi: 10.1007/978-3-540- 70552-9_21

Downloads

Published

2025-07-18

Issue

Section

Articles