Implementasi Teknologi Game Face Beauty Untuk Pembelajaran Tata Rias Wajah Remaja menggunakan Metode MDLC Berbasis Mobile
DOI:
https://doi.org/10.58794/santi.v4i1.783Keywords:
Wanita, Makeup, Simulasi, RemajaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya penggemar make up terutama wanita di era saat ini, menggunakan make up merupakan hal yang wajar sekarang ini, remaja merupakan individu yang berada dalam masa transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa, menggunakan make up merupakan hal yang wajar sekarang ini,make up banyak sekali disukai di indonesia. Dikalangan remaja make up merupakan kebutuhan sehari-hari untuk menambah kepercayaan diri. Seiring dengan perkembangan teknologi banyak hal yang dapat di buat sebagai pendukung dalam pembelajaran salah satunya adalah game.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memudahkan remaja dalam memilih warna make up, seperti mencocokkan warna powder, eyeshadow, mascara dan dengan wajah yang sudah ada dalam game, seseorang yang ingin belajar make up bisa mencontohkan pengapliksian warna yang sudah di terapkan di game face beauty yang di kembangkan menggunakan software construct 3.Game make up merupakan game simulasi yang sangat membantu apalagi bagi para remaja untuk membantu nya melatih cara bermake up atau belajar bermake up sehingga ia tidak perlu membeli semua warna yang tidak ia butuhkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pengenalan make up berbasis software construct 3.
Downloads
References
R. Saputra and A. H. Fikri, “Animal Introduction Android Educational Game Application for Early Children Using Construct 3 Aplikasi Game Edukasi Android Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Construct 3,” J. Sci. Res. Dev., vol. 5, no. 2, pp. 907–914, 2023, [Online]. Available: https://idm.or.id/JSCR/in
A. P. Yudha and W. Wiguna, “Aplikasi Media Promosi Mobile Game 2D Simulasi Kosmetik Purbasari di PT GOC,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 398–406, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/281
N. N. Ariani, M. Giatman, and Y. Yuliana, “Strategi pemanfaatan media sosial dalam pemasaran usaha jasa make up artist,” JRTI (Jurnal Ris. Tindakan Indones., vol. 7, no. 3, p. 363, 2022, doi: 10.29210/30031968000.
S. Permastasari, M. Asikin, and N. R. Dewi (Nino Adhi), “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA ‘MaTriG’ DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 3 DI SMP,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 8, no. 1, p. 21, 2022, doi: 10.24853/fbc.8.1.21-30.
Mustari Lamada, Mustamin, and Maulidina, “Pengembangan Game Edukasi Tata Surya Menggunakan Construct 3 Berbasis Android,” Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 55–60, 2022, doi: 10.59562/intec.v1i2.237.
Laurentius Kuncoro Probo Saputra, Danny Sebastian, Kristian Adi Nugraha, Matahari Bhakti Nendya, and Kadek Dendy Senapartha, “Pendampingan Pembuatan Produk Video Game Dengan Construct 3 pada Siswa Sekolah Tingkat Menengah Atas,” Sendimas 2021 - Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 395–402, 2021, doi: 10.21460/sendimasvi2021.v6i1.74.
C. Stascia and S. M. Tondok, “Hubungan antara konsep diri dengan fungai psikologis make-up pada masa emerging adulthood,” Calyptra J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 7, no. 2, pp. 3753–3768, 2019.
Y. Dianti,. 2017. [Online]. Available: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
D. Nurdiana and A. Suryadi, “Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc,” J. Petik, vol. 3, no. 2, p. 39, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i2.149.
R. I. Borman and Y. Purwanto, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2019.
T. Menora, C. H. Primasari, Y. P. Wibisono, T. A. P. Sidhi, D. B. Setyohadi, and M. Cininta, “Implementasi Pengujian Alpha dan Beta Testing Pada Aplikasi Gamelan Virtual Reality,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 48–60, 2023, doi: 10.24002/konstelasi.v3i1.6625.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal SANTI - Sistem Informasi dan Teknik Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0