Efektivitas Game Edukasi Stop Bulliying Dalam Meningkatkan Kesadaran Anti-Bulliying Pada Anak SD Menggunakan Construct 2 Dan Metode MDLC

Authors

  • Jamil Reza Lubis Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/santi.v4i2.777

Keywords:

Bulliying, Game Edukasi, Anak SD, Construct 2, Mdlc

Abstract

Bullying dilingkungan sekolah dasar dapat menimbulkan dampak yang negative dikarenakan merusak mental dan emosi anak-anak.Bullying merupakan suatu prilaku yang tidak menyenangkan baik secara verbal dan fisik yang bisa dilakukan oleh perorangan maupun kelompok.Salah satu cara dapat menghindari masalah tersebut yaitu dengan menerapkan media pembelajaran efektif dan interaktif.pembuatan games ini untuk mengembangkan aplikasi games edukasi’stop bullying’untuk anak SD yang dibuat menggunakan construct 2 dan metode MDLC yang terdiri dari 6 tahap yaitu, konsep,desain,pengumpulan materi ,pembuatan,pengujian dan distribusi.Game bullying dibuat sebagai kuis yang mengajarkan anak-anak tentang apa saja tindakan bullying,penjelasan bullying,bentuk bullying beserta dampak.Didalam game mencakup berbagai pertanyaan yang harus diselesaikan oleh pemain,yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak-anak tentang penting nya sikap anti bullying.Dalam tahap  pembuatan game materi edukasi tentang bullying lalu di integerasikan ke dalam scenario permainan yang mudah di pahami oleh anak-anak .Game stop bullying ini menjadi salah satu solusi dalam pencegahan bullying dilingkungan sekolah dasar.      

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. V Ester, “Pengaruh Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri 122345 Pematang Siantar,” Pengemb. Penelit. Pengabdi. J. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 1–9, 2023.

V. U. Hasibuan, W. Lestari, F. Yani, and S. M. Lova, “Edukasi Bullying Pada Anak Sekolah Dasar Dalam Pendidikan Multikultural,” J. Hum. Educ., vol. 3, no. 4, pp. 117–125, 2023, doi: 10.31004/jh.v3i4.430.

N. D. Lestari et al., “Multidisciplinary Science Sosialisasi Penindasan Anak Di SDN 198 Palembang,” vol. 1, no. 5, pp. 1141–1148, 2023.

C. B. Siagian et al., “Penggunaan ‘Fun With English’ Dengan Metode Game Based Learning Untuk Melatih Kemampuan Kosakata Di Smp Negeri 3 Pematangsiantar,” Pengabdi. Masy. Sumber Daya Unggul, vol. 1, no. 2, pp. 75–84, 2023, doi: 10.37985/pmsdu.v1i2.54.

L. L. Dias, J. Enstein, and G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 27–34, 2021, doi: 10.37792/jukanti.v4i1.233.

I. I. Purnomo, “Aplikasi Game Edukasi Lingkungan Agen P Vs Sampah Berbasis Android Mengunakan Construct 2,” Technol. J. Ilm., vol. 11, no. 2, p. 86, 2020, doi: 10.31602/tji.v11i2.2784.

Y. Kalaka, Y. A. Mustofa, and H. Dalai, “Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar,” J. Ilm. Ilmu Komput. Banthayo Lo Komput., vol. 2, no. 1, pp. 78–82, 2023, doi: 10.37195/balok.v2i1.542.

R. S. Qamaria et al., “Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying,” Kontribusi J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 33–46, 2023, doi: 10.53624/kontribusi.v4i1.265.

S. Ramdhan, R. Tullah, and S. N. Janah, “Iklan Animasi Stop Bullying Pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia,” J. Sisfotek Glob., vol. 9, no. 2, 2019, doi: 10.38101/sisfotek.v9i2.240.

A. Yulianti and Ekohariani, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar,” IT-Edu J. Inf. Technol. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 527–533, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272

A. Latifah, E. Satria, and A. Kamaludin, “Pengembangan Game Classic Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 19, no. 1, pp. 100–109, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1009.

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles