Optimasi Pengembangan Snake Game Menggunakan Metode Iterative Development Untuk Melatih Keterampilan Motorik Anak-Anak
DOI:
https://doi.org/10.58794/santi.v4i2.776Keywords:
Game, Game Edukasi, Snake, Construct 3, Anak-AnakAbstract
Game merupakan permainan digital yang melibatkan interaksi antarmuka dengan pengguna. Namun dengan kemajuan teknologi saat ini game bisa dimainkan pada smartphone android [1]. Peneliti mengembangkan sebuah game edukatif "Snake" menggunakan platform Construct 3 yang dirancang khusus untuk anak-anak. manfaat bermain game Snake bagi anak-anak, dengan fokus pada dampak terhadap perkembangan kognitif, keterampilan motorik, dan aspek sosial. Game Snake, yang terkenal karena kesederhanaannya, menawarkan berbagai peluang untuk pengembangan keterampilan penting pada anak-anak. Selain itu, game ini juga membantu anak-anak dalam mengembangkan strategi, pemikiran logis, dan pemahaman tentang konsep ruang dan gerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain game Snake dapat meningkatkan kepercayaan diri anak-anak, mendorong kesabaran dan ketekunan, serta menyediakan sarana rekreasi yang bermanfaat. Penelitian ini juga menemukan bahwa game Snake dapat mendukung perkembangan kemampuan sosial melalui fitur multiplayer dan papan skor. Dengan demikian, game Snake tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai alat edukatif yang efektif untuk anak-anak.
Downloads
References
D. Adirinarso, vol. 13, no. 1. 2023.
Amilia Pramita and Rudiana Agustini, “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas Xi Sma Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa,” Unesa J. Chem. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 336–344, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/15787
K. T. Martono, “Pengembangan Game Dengan Menggunakan Game Engine Game Maker,” J. Sist. Komput., vol. 5, no. 1, p. 23, 2015.
A. Wicaksono, “Development Of Mobile-Based Learning Media Using The Construct 3 Application In Informatics Subjects,” vol. 2, no. 2, 2024.
K. Rohman, “Agresifitas Anak Kecanduan Game Online,” Martabat J. Peremp. dan Anak, vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.21274/martabat.2018.2.1.155-172.
M. C. Paremeswara and T. Lestari, “Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. Pengaruh Game Online, pp. 1473–1481, 2021.
B. W. Soedijono and A. Amborowati, “EKSPLORA INFORMATIKA 1 Perancangan Pengembangan Game Ular Melawan Ulat Menggunakan Augmented Reality,” pp. 1–8.
S. Permatasari, M. Asikin, and N. R. Dewi, “MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 11, no. 1, pp. 233–245, 2022, doi: 10.33022/ijcs.v11i1.3025.
H. W. Ariandono and S. Lim, “Crowrdfunding Donasi : Studi Iterative Development Dalam Mengimplementasikan Feedback Pada Pengembangan Website,” J. Ilmian Betrik, vol. 13, no. 03, pp. 320–328, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal SANTI - Sistem Informasi dan Teknik Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SANTI - Journal of Information Systems and Information Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0