Aplikasi Digitalisasi Pemasaran Mobil Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android

Authors

  • Shandy Kartasasmita Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Muhammad Siddik Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Ramalia Noratama Putri Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58794/santi.v3i3.695

Keywords:

Digitalisasi, Mobil, Argumented Reality

Abstract

Perkembangan teknologi telah mengubah paradigma pemasaran, terutama dalam industri otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi digitalisasi berbasis Android yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai strategi pemasaran inovatif untuk mobil bekas. Aplikasi ini menyajikan pengalaman interaktif bagi calon pembeli dengan memungkinkan mereka melihat mobil bekas secara virtual dalam lingkungan nyata melalui kamera perangkat Android. Selain itu, aplikasi juga menyediakan informasi terperinci mengenai spesifikasi teknis, riwayat perawatan, dan testimoni pelanggan secara real-time. Metode pengembangan menggunakan pendekatan perancangan sistem dan pengujian prototipe. Aplikasi ini menggunakan markerbased tracking dimana dalam pembuatan aplikasi ini akan lebih mudah dalam memasukkan objek 3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan interaksi konsumen dengan produk dan mempercepat proses keputusan pembelian. Dengan menggabungkan kecanggihan AR dan kepraktisan platform Android, aplikasi ini dapat menjadi alat pemasaran yang efektif untuk industri mobil bekas. Implementasi aplikasi ini dapat meningkatkan daya saing bisnis dan merangsang pertumbuhan penjualan melalui pengalaman berbelanja yang inovatif dan informatif bagi konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. A. Dwijaya and S. Setiawansyah, “Perancangan Aplikasi Untuk Pelanggaran Dan Prestasi Siswa Pada Smp Kartika Ii-2 Bandar Lampung,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 127–136, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i2.313.

U. I. Negeri and M. Y. Batusangkar, “KEUNTUNGAN SHOWROOM SUMBER BAHAGIA MOBILINDO DHARMASRAYA DALAM PENJUALAN MOBIL,” vol. 3, no. April, pp. 74–82, 2023.

L. Lisawanto, Y. M. Mantri, R. Yusuf, and M. Mohdari, “Digitalisasi PT Pos dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan PT Pos Indonesia,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 7, no. 1, p. 667, 2023, doi: 10.33087/ekonomis.v7i1.1072.

W. Sulistyoningsih, I. N. Y. A. W. Wiajaya, and H. S. Alam, “Penerapan Model Business Intelligence Pada Perusahaan Retail XLT Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 17, no. 1, pp. 33–44, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/893

P. Andryas, T. Pujianto, and S. H. Putri, “Penerapan Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Jamu Si Nok Dengan Menggunakan Metode Sostac Implementation of Digital Marketing Strategy on Usaha Jamu Si Nok Using Sostac Method,” vol. 7, no. 2, pp. 674–685, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.21

Y. Herdiana, K. Nistrina, and A. Dwiputra, “Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Data Aset Dengan Menerapkan Qr COde Generator Di Laboratorium Komputer Fakultas Teknologi Informasi,” vol. 09, pp. 51–55, 2022.

A. B. Siddiq and S. R. Mustafa, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pai,” Riau J. Comput. Sci., vol. 9, no. 1, pp. 45–52, 2023.

dodiet aditya Setyawan, Tahta Media Group v.penelitian. 2021.

S. D. Riskiono, T. Susanto, and K. Kristianto, “Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, p. 199, 2020, doi: 10.24114/cess.v5i2.18053.

A. S. Hindun, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Berbasis Android: Sebagai Media Pembelajaran Ipa Yang Bermakna,” Perspektif, pp. 444–459, 2022.

A. Galih Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘ AMUDRA ’ Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 77–80, 2019.

H. Susanto and M. Iqbal, “EXPLORE – Volume 11 No 2 Tahun 2021 Terakreditasi Sinta 5 SK No : 23 / E / KPT / 2019 Analisis Risk Assesment Aplikasi Website Instansi XYZ dengan Menggunakan Metode Octave Allegro EXPLORE – Volume 11 No 2 Tahun 2021 Terakreditasi Sinta 5 SK No : 23 / E /,” vol. 11, no. 2, pp. 98–106, 2021.

S. Julizal and A. Saleh, “Penerapan Augmented Reality Untuk Pengenalan Komponen Listrik Jaringan Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android,” SISITI Semin. Ilm. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 12, no. 1, pp. 344–352, 2023.

P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, D. A. N. Komputer, and U. P. Batam, “Kendaraan Bermotor Berbasis Augmented Reality Dengan Metode Markerless,” 2021.

A. L. Kalua, “Penerapan Extreme Programming Pada Sistem Informasi Keuangan Sekolah Berbasis Website,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2022, doi: 10.58602/jima-ilkom.v1i2.10.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles