Perancangan Aplikasi Kantin Elektronik (E - Canteen) Klik-EAT! UNS Berbasis Web

Authors

  • Putri Rizqi Universitas Sebelas Maret
  • Raissa Nurul Universitas Sebelas Maret
  • Shalli Dyangrosa Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.58794/santi.v3i1.444

Keywords:

Aplikasi, Kantin, Pemesanan, Rekayasa Perangkat Lunak , Website

Abstract

Industri teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan yang pesat membuat perangkat lunak menjadi bagian penting bagi manusia. Salah satu implementasi dari Rekayasa Perangkat Lunak adalah sistem e-canteen yang merupakan sistem aplikasi belanja berbasis Website yang diimplementasikan pada ruang lingkup kampus Universitas Sebelas Maret. Selama ini, sistem pemesanan yang diterapkan di Universitas Sebelas Maret masih harus antri untuk memesan menu yang diinginkan dan hal tersebut mengurangi efektivitas waktu. Permasalahan tersebut telah menginspirasi penulis untuk merancang aplikasi e-canteen berbasis web yang bernama Klik-EAT! UNS. Perancangan aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai bahasa pemrograman sistem. Hasil akhir dari perancangan aplikasi ini mempunyai beberapa fitur diantaranya terdapat menu registrasi, edit profil, melihat daftar menu yang disediakan oleh kantin, menampilkan harga menu, dan menu proses checkout pesanan. Harapan penulis dengan adanya aplikasi website ini dapat mempermudah Civitas Akademika UNS dalam berbelanja makanan ataupun minuman tanpa jauh-jauh mengantri ke kantin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, E., Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: CV MFA, 2019. [E-book]. Available: (2)

Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak | Edwar Ali - Academia.edu [Diakses: 24 Juni 2023].

Purnama, S., Hafizd, K.A., Sayyidati, R., Sistem Informasi Kantin Elektronik (E-Canteen) Politeknik Negeri tanah Laut Berbasis Web Mobile. ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informasi ( p- ISSN: 1978 - 5232;e-ISSN: 2527 - 337X). 2020; vol(14): 73 - 85.

Revaldy, V., Putra, W.H.N., Hanggara, B.T.. Pengembangan Aplikasi E-Canteen dengan Pembayaran Non-Tunai Berbasis android Untuk Siswa (Studi Kasus: SMA Negeri 5 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2020; vol(4): 1924 - 1932.

Bariah, S.H. dan Putra, M.I.S., Penerapan Metode Waterfall Pada Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa. Jurnal Petik. 2020; vol(6).

Agustiani, S., et al., Pengembangan Sistem Informasi Akademik untuk Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Data pada SMK Mihadunal Ula. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak. 2023; vol(4).

Nugroho, A.C., Putra, G.R., Fitriati, D., “Implementasi e-Kantin di Fakultas Teknik Universitas Pancasila”, SEMNATI. 2019. vol.(2); pp. 301 - 306

Sukarmin, S., Abbas, A., dan Talib, A., “SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA KANTIN STUDIO ANIMASI (STUASI) AIKOM BERBASIS WEBSITE”, JAMINFOKOM. 2022. vol(3), no. 2, hlm. 1–8.

Nurdiansyah, F.. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Web (Studi Development Pada Wisma MM UGM Hotel). Jurnal Online Universitas Gadjah Mada.

Brilian, R.P., Rohman, A.. Sistem Informasi Manajemen Tabungan Pada Bank Sampah Raflesia Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika (JBMI). 2022; vol(19), no. 3.

Rojali, PErancangan Aplikasi Pemenuhan Gizi melalui Pola Makan Pada Penderita Tuberkulosis Paru Menggunakan Metode RAD (Rapid Application Development). Jurnal SANTI (Sistem Informasi dan Teknologi Informasi). 2023; vol(2), no.3.

Downloads

Published

2023-06-29

Issue

Section

Articles