Strategi Pengembangan Usaha Industry Rumah Tangga “Arsy Bakery”
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v1i2.87Keywords:
Industry Rumah Tangga, Strategi, Pemasaran, BakeryAbstract
Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengembangkan masyarakat industri rumah tangga yang mandiri secara ekonomi di Desa Bonto Bulaeng. Permasalahan yang dihadapi industri rumah tangga dalam hal ini arsip roti adalah 1) belum memiliki pola pikir wirausaha, 2) sistem pemasaran yang kurang efisien, 3) tidak mencatat pengeluaran. Solusi dan target output yang dihasilkan dari PKM Ibu Rumah Tangga di Desa Damak Maliho adalah 1) Membangun pola pikir wirausaha bagi mitra, 2) memberikan baliho pemasaran 3) laporan keuangan, 4) proses pemasaran melalui media sosial. Cara yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memberikan pendampingan pola pikir wirausaha, penyediaan baliho dan media sosial untuk proses pemasaran yang efisien, pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan laporan keuangan. Melalui PKM ini, pengetahuan tentang home industry bertambah, dan mampu menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari yang kemudian berdampak pada peningkatan pendapatan arsip bakery yang merupakan home industry untuk kemudian dapat memberikan ilmu bagi usaha sejenis maupun usaha lainnya
References
M. Mahadiansar, K. Ikhsan, I. G. E. P. S. Sentanu, and A. Aspariyana, “Paradigma Pengembangan Model Pembangunan Nasional Di Indonesia,” J. Ilmu Adm. Media Pengemb. Ilmu dan Prakt. Adm., vol. 17, no. 1, pp. 77–92, 2020, doi: 10.31113/jia.v17i1.550.
Diana and N. Laila, “Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan di masa Pandemi Covid 19,” Pros. Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.
T. Susanti, “Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Strategi pemasaran Yang di Lakukan Oleh Home Industry Mister Chau di Kabupaten Majalengka,” J. Huk. dan Syariah, vol. 9, no. 1, pp. 130–132, 2018.
I. B. Bayu DP and E. Sulistyawati, “Pengaruh Brand Equity Terhadap Niat Beli Konsumen Dimediasi Brand Preference,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 8, no. 5, p. 2697, 2019, doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p04.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JDISTIRA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0