Sosialisasi Cara Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pada Masa Pendemic Covid 19 Siswa di Rumah

Authors

  • A Arasul STKIP Hermon Timika

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v2i1.84

Keywords:

Google Classroom, Belajar, Mengajar, Covid 19, PKK

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan sosialisasi cara penggunaan aplikasi google classroom untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar pada masa pendemik covid 19 siswa di rumah. Aplikasi Google Classroom saat ini digunakan oleh guru-guru sekolah baik tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah umum untuk disampaikan soal-soal yang akan dikerjakan maupun untuk materi yang disampaikan oleh guru. Orang tua siswa wajib mengetahui secara keseluruhan aplikasi Google Classroom seperti menjawab soal, membuat komentar, ataupun bertanya ke guru. Tidak hanya itu aplikasi Google Classroom juga dapat digunakan oleh pihak sekolah untuk mengambil nilai siswa-siswanya dari ulangan harian hingga ujian. Adapun aplikasi Google Classroom ini sangat populer dimasa pandemi covid 19 seperti saat ini guna mendukung proses elajar mengajar. Selain itu para orang tua murid yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Pembinaan Kesejakteraan Keluarga (PKK), diharuskan mengetahui proses belajar mengajar dengan aplikasi tersebut. Hal ini yang menjadi tujuan dibuatnya pengabdian kepada masyarakat ini mengenai penggunaan aplikasi Google Classroom guna menunjang proses belajar mengajar dimasa pandemi Covid 19.

References

S. Hemrungrote, P. Jakkaew, and S. Assawaboonmee, “Deployment of Google Classroom to enhance SDL cognitive skills: A case study of introduction to information technology course,” 2nd Jt. Int. Conf. Digit. Arts, Media Technol. 2017 Digit. Econ. Sustain. Growth, ICDAMT 2017, pp. 200–204, 2017.

R. A. S. Al-Maroof and M. Al-Emran, “Students acceptance of google classroom: An exploratory study using PLS-SEM approach,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 13, no. 6, pp. 112–123, 2018.

T. J. Rani and M. R. Beutlin, “Effectiveness of Google Classroom as a Tool For Teaching and Learning,” Int. J. Evid. Based Nurs., no. April, pp. 2–6, 2020.

S. Sukmawati and N. Nensia, “The Role of Google Classroom in ELT,” Int. J. Educ. Vocat. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 142–145, 2019.

A. S. Harjanto and S. Sumarni, “Teacher’s Experiences on The Use of Google Classroom,” 3rd English Lang. Lit. Int. Conf., vol. 3, pp. 172–178, 2019.

M. E. Millatana, “Peningkatan Prestasi Belajar Matriks dengan Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Classroom di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta The Impact Of Blended Learning Method Employing Google Classroom On The Improvement Of Student Learning Achieve,” J. Ideguru, vol. 4, no. 2, pp. 76–85, 2019.

G. M. Tinungki and B. Nurwahyu, “The implementation of Google Classroom as the e-learning platform for teaching Non-Parametric Statistics during COVID- 19 pandemic in Indonesia,” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 4, pp. 5793–5803, 2020.

D. D. Prandika and M. Amrullah, “The Effect of the Covid 19 Pandemic on the Online Learning Process,” Proc. ICECRS, vol. 10, pp. 63–71, 2021.

J. Zuniga-Tonio, “Google Classroom as a Tool of Support for Flexible Learning in the New Normal,”

J. Educ. Manag. Dev. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 25–39, 2021.

A. H. Albashtawi and K. B. Al Bataineh, “The effectiveness of google classroom among EFL students in Jordan: An innovative teaching and learning online platform,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 15, no. 11, pp. 78–88, 2020.

K. Abid Azhar and N. Iqbal, “Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions,” Prizren Soc. Sci. J., vol. 2, no. 2, pp. 52–66, 2018.

N. L. P. Sumartini, D. A. Eka Agustina, and L. D. S. Adnyani, “The Strengths and Weaknesses of Using Google Classroom for Blended Learning,” J. Pendidik. Bhs. Ingg. undiksha, vol. 9, no. 2, p. 170, 2021.

T. Zarraonandia, P. Diaz, A. Montero, I. Aedo, and T. Onorati, “Using a Google Glass-Based Classroom Feedback System to Improve Students to Teacher Communication,” IEEE Access, vol. 7, no. c, pp. 16837–16846, 2019.

A. Guritno, I. Salatiga, and I. Salatiga, “the University Students ’ Perception of Online Examination Using Google Form,” BRITANIA, vol. 1, no. 1, pp. 120–135, 2017.

M. Sofian Hadi and F. Rosiana Dewi, “Google meet application as an online learning media for descriptive text material,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 189–194, 2021.

Downloads

Published

2022-06-23

Issue

Section

Articles