Pemanfaatan Literasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Umkm Penjualan Es Teh Anak Rantau Kota Pekanbaru

Authors

  • Noprieka Suriadiman STIE Mahaputra Riau
  • Dwi Anindya Harimurti STIE Mahaputra Riau
  • Andry STIE Mahaputra Riau

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.600

Keywords:

Literasi, Digital, Marketing, Peningkatan, UMKM

Abstract

Literasi  digital  adalah  mengacu  pada  kemampuan  seseorang  untuk  menggunakan,  memahami,  dan berpartisipasi  dalam  lingkungan  digital  dengan  efektif. perkembangan teknologi informasi telah mengubah lingkup dunia pemasaran dalam beberapa tahun terakhir ini. Metode komunikasi pemasaran yang sebelumnya bersifat tradisional dan konvensional, kini telah terintegrasi dalam dunia digital. Digital marketing menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa perusahaan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/dan beralih ke pemasaran moderen.. Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat. Sebagaian aktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Salah satunya seperti UMKM  Es Teh Anak Rantau. Melalui tim pengbadi mengadakan pelatihan tentang digital marketing dilakukan sebagai upaya pengembangan UMKM Es Teh Anak Rantau. Hasil dari kegiatan ini di dapatkan bahwa Pelaku usaha mengikuti kegiatan pelatihan dengan seksama. Hal ini terlihat dari atusias pelaku dalam memahami digitalisasi marketing.

References

Bungin, B. (2007). Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat (2nd ed.). Kencana

I. P. G. Sutisna, “Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19,” STILISTIKA J. Pendidik. Bhs. dan Seni, vol. 8, no. 2, pp. 268–283, 2020, doi: 10.5281/zenodo.3884420.

A. M. Afrilia, “Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran ‘Waroenk Ora Umum Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen,” J. Ris. Komun., vol. 1, no. 1, pp. 147–157, 2018, doi:

24329/jurkom.v1i1.21.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan

Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.

J.Sulaksono and N.Zakaria, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

(UMKM) Desan Tales Kabupaten Kediri” Generation Jurnal.vol. 4, no. 1, pp. 2580-4952, 2020.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.

Susanti, E., 2020, Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor, Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa, Dan Masyarakat, no 2, vol 1.

Suwarni, E., Sedyastuti, K., & Mirza, A. H., 2019, Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro Pada Era Ekonomi Digital, Jurnal Ikraith Ekonomika, no 2, vol 2.

Istiqomah and Andriyanto, “Analisis SWOT Dalam Pengembangan Bisnis (Studi Pada Sentra Jenang Di Desa Kaliputu Kudus),” J. Bisnis Dan Manaj. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 363–382, 2017.

Downloads

Published

2023-12-24

Issue

Section

Articles