Pendampingan Pemasaran Produk Melalui Sistem Digitalisasi Bagi UMKM Mie Ayam Di Desa Gejlig, Kabupaten Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v2i1.59Keywords:
Pemasaran Produk, Digitalisasi, UMKMAbstract
UMKM merupakan elemen yang memainkan peranan penting dalam pertumbuhan stabilitas ekonomi karena mampu memberikan kontribusi serta peran yang nyata terhadap sektor perekonomian suatu negara. Metode pemasaran digital mulai dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di era serba digital ini karena dianggap memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mengetahui berbagai macam produk yang ditawarkan. Namun, beberapa pelaku UMKM ada yang masih bertahan melakukan pemasaran secara tradisional dengan fokus berjualan hanya di tempat. Hal ini lantaran kurangnya penguasaan teknologi para pelaku UMKM tersebut, sehingga menyebabkan mereka tidak mampu bersaing dengan pelaku UMKM lainnya. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui pendampingan dengan memberikan pengetahuan dan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya dengan menggunakan metode pemasaran digital. Tujuan dari pengabdian ini yaitu meningkatkan pemahaman pelaku UMKM mie ayam 33 tentang pemasaran produk secara digital; dan membantu membimbing dalam proses pembuatan beberapa platform digital untuk kepentingan pemasaran produk. Berdasarkan dari kegiatan PKM yang telah dilakukan, dihasilkan pemahaman kurang lebih sebanyak 70% dari pelaku UMKM Mie Ayam 33 mengenai pemasaran produk secara digital dan pengelolaan terhadap platform digital yang telah tersedia.
References
U. Muhammadiyah Jember et al., “Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis 2021 Meninjau Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis Sektor UMKM,” pp. 165–179, 2021.
A. F. Subari, C. N. Ayunita, D. U. Setyaningrum, and M. Emilia, “Pemanfaatan Pemasaran Digital Menggunakan Instagram Untuk Meningkatkan Pendapatan Umkm Bakso Ojo Lali Di Pondok Jaya,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, p. 9.
B. Manggu and S. Beni, “PKM Pendampingan Usaha Kecil Pedagang Kaki Lima (Kasus Pedagang di Kota Bengkayang),” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 74–83, 2021.
R. A. Bahtiar, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Serta Solusinya,” p. 6.
H. Hilmiana and D. H. Kirana, “Digitalisasi Pemasaran Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Pendapatan Umkm Segarhalal,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, p. 74, Apr. 2022, doi: 10.24198/kumawula.v5i1.35886.
D. A. Nohe, N. Aliah, A. S. Rahman, J. R. Maulida, and R. Fitriyanti, “Digital Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Omset Penjualan Umkm Toko Buah Lokal Merdeka,” p. 5.
S. Yuningsih, R. Sudya, H. I. Amhal, and ..., “Pendampingan Pemasaran Produk Umkm Mie Ayam Melalui Sistem Digitalisasi Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Wilayah Cinere, Kota …,” … Masy. LPPM UMJ, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10686
R. Yulita, F. Maisa, M. D. Pertiwi, T. H. Manurung, and L. D. Pratiwi, “Keefektifan Penggunaan Sosial Media Pemasaran Pada Umkm Kecamatan,” Glow J. Pengabdi. Kpd. Masy. Vol1, vol. 1, no. 1, pp. 25–29, 2021.
W. L. Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Akunt., vol. 10, no. 1, p. 10, 2020.
R. Kusumawardhani, I. S. Kurniawan, A. Maulida, and A. D. Cahya, “Pelatihan UKM Rumahan Industri Pangan sebagai Upaya Meminimalkan Kendala Berwirausaha,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Indones. J. Community Engagem., vol. 6, no. 1, p. 23, Mar. 2020, doi: 10.22146/jpkm.46438.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JDISTIRA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0