Wahana Jembatan Panorama Pada Taman Bermain Mekarsari Boyolali untuk mendukung Perkembangan Holistik Anak

Authors

  • Zainal Arifin Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami Nomor 36A, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
  • Wijang Wisnu Raharjo Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami Nomor 36A, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
  • Kuncoro Diharjo Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami Nomor 36A, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
  • Wahyu Purwo Raharjo Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami Nomor 36A, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
  • Dody Ariawan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami Nomor 36A, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
  • Bambang Kusharjanta Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami Nomor 36A, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
  • Ubaidillah Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami Nomor 36A, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
  • Anugrah Akbar Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami Nomor 36A, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
  • Singgih Dwi Prasetyo Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami Nomor 36A, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.559

Keywords:

pembelajaran, taman bermain, jembatan panorama, perkembangan anak

Abstract

Pembelajaran anak di luar ruangan melalui taman bermain diakui memberikan dampak positif yang signifikan pada perkembangan fisik, sosial, emosional, dan kognitif anak-anak sehingga secara efektif dapat merangsang perkembangan holistik anak-anak. Taman bermain anak adalah ruang terbuka yang dirancang khusus untuk memberikan kebebasan bermain kepada anak-anak. Selain sebagai tempat bermain dan bersenang-senang, taman bermain juga merupakan wahana penting yang memberi kesempatan kepada anak-anak untuk belajar, tumbuh, dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Pengabdian ini bertujuan untuk merancang desain wahana bermain jembatan panorama yang dirancang dengan mempertimbangkan faktor keselamatan, kenyamanan, dan pengembangan anak di Taman Mekarsari Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Jembatan panorama merupakan salah satu sarana permainan anak-anak dengan berbentuk seperti jembatan gantung yang diharapkan dapat menumbuhkan sifat percaya diri yang dimiliki sehingga dapat mendukung perkembangan holistik anak.  Jembatan panorama yang dirancang mengedepankan aspek keselamatan dan keindahan visual sehingga nyaman dan aman untuk digunakan.

References

Baskara, M. (2011). PRINSIP PENGENDALIAN PERANCANGAN TAMAN BERMAIN ANAK DI RUANG PUBLIK. Jurnal Lanskap Indonesia, 3(1), 27–34. http://medha.lecture.ub.ac.id/2012/02/prinsip-pengendalian-perancangan-taman-bermain-anak-di-ruang-publik-design-control-principles-of-children-playground-in-public-space/

Firdaus, W., Refianto, R., & Wahyu, A. H. (2020). PERANCANGAN PLAYGROUND UNTUK SARANA BERMAIN ANAK DI TAMAN GASIBU. 7(3), 6204–6215.

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.

Swastiani, S. Y., Kohdrata, N., & Astawa, I. N. G. (2022). Desain Taman Bermain Anak Berbasis Daya Kembang Kognitif Anak di Taman Kota Sewaka Dharma. Jurnal Arsitektur Lansekap, 8(2).

Hantono, D., Purwantiasning, A. W., Nur'aini, R. D., & Sari, Y. (2020). Pengadaan Taman Bermain Anak Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda II Dusun Gunung Leutik Kabupaten Bogor. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 236-241.

Wijayanti, A. (2017). Analisis Dampak Pengembangan Desa Wisata Kembang Arum Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal. Tesis. Sarjana Wiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-11-06

Issue

Section

Articles