Edukasi Bahaya Lesbie, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) Pada Siswa SMA Budi Luhur Pekanbaru

Authors

  • Huda marlina wati Universitas Abdurrab
  • Marsella br Sirait Universitas Abdurrab
  • Dewi Sekar Kinasti Universitas Abdurrab
  • Indah Permata Putri Universitas Abdurrab
  • Nida Nurul Khasanah Universitas Abdurrab
  • Reddy Reddy Universitas Abdurrab
  • Riska Anis Mahdiyyah Universitas Abdurrab
  • Sofia Sofia Universitas Abdurrab
  • Nur Mugri Melliyani Harahap Universitas Abdurrab
  • Nuranti Nuranti Universitas Abdurrab
  • Nadya Ade Anggraini Universitas Abdurrab
  • Sonia Sonia Universitas Abdurrab
  • Anthoni Brigantono Anthoni Brigantono Universitas Abdurrab
  • Hadi Surya Pratama Universitas Abdurrab
  • Yoga Aulia Nanda Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.552

Keywords:

Edukasi, LGBT, Siswa, Pekanbaru

Abstract

Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender (LGBT) merupakan bentuk disorientasi seksual yang angka kejadiannya terus meningkat termasuk di Indonesia. Data Center Intelligence Agency (CIA) pada 2015, populasi LGBT di Indonesia merupakan ke- 5 terbesar di dunia. Hal ini perlu diantisipasi dengan meningkatkan pengetahuan generasi muda khususnya remaja terhadap bahaya Lesbie, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) sehingga dapat menekan perkembangan perilaku menyimpang tersebut yang tidak sesuai dengan norma agama dan norma kesusilaan yang terdapat di masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa  tentang buruknya akibat perilaku menyimpang dari Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) dan bagaimana pencegahannya di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Edukasi ini dilaksanakan di SMA Budi Luhur Pekanbaru dan diikuti oleh siswa kelas 12 SMA Budi Luhur yang berlokasi di Kelurahan Lembah Sari RW. 04, RT. 01, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Edukasi imi merupakan salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Abdurrab sebagai salah satu kegiatan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 8. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan penyuluhan dan sosialisasi pada siswa kelas 12. Program ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Abdurrab sebagai salah satu kegiatan pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 8. Metode yang digunakan adalah dengan penyuluhan dan sosialisasi kepada siswa kelas 12. Hasil edukasi menunjukkan bahwa setelah dilakukan penyuluhan dan tanya jawab, seluruh siswa mampu memahami dan menjelaskan tentang orientasi seksual yaitu LGBT dan bahaya perilaku LGBT.

References

H. Hasnah and S. Alang, “Lesbian, Gay, Biseksual Dan Transgender (Lgbt) Versus Kesehata: Studi Etnografi,” J. Kesehat., vol. 12, no. 1, pp. 63–72, 2019, doi: 10.24252/kesehatan.v12i1.9219.

R. Damayanti, “Pandangan Lesbian, Gay Dan Biseksual (Lgb) Terhadap Status Gender Dan Persamaan Hak Asasi Manusia Di Jakarta, Bogor, Depok Dan Tangerang, 2015,” Kajian, pp. 1–35, 2015.

E. S. Gardner, “Dampak LGBT dan Antisipasi Di Masyarakat.,” no. 5, pp. 63–65, 2016.

M. Marhaba, C. Paat, and J. Zakarias, “Jarak Sosial Masyarakat Dengan Kelompok Lesbian Gay Biseksual Dan Trangender (LGBT) Desa Salilama Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo Provinsi Gotontalo,” J. Ilm. Soc., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021

Downloads

Published

2023-09-28

Issue

Section

Articles