Pendampingan Inovasi dan Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Djamoe Mbah Uti Kelurahan Umban Sari

Authors

  • Itto Nesyia Nasution Universitas Abdurrab
  • Putri Amanda Yazera Universitas Abdurab
  • Alfiona Priscillya Universitas Abdurrab
  • Gunawan Gunawan Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.519

Keywords:

Inovasi dan Digitalisasi UMKM, Media Sosial, Personal Branding, Media Digital

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran kunci dalam ekonomi Indonesia, terutama dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan rumah tangga. Pemanfaatan digital marketing, termasuk media sosial, telah menjadi strategi penting bagi UMKM untuk tumbuh dan bersaing. Penelitian ini berfokus pada kegiatan pendampingan dan pengembangan inovasi serta digitalisasi UMKM dengan studi kasus di Djamoe Mbah Uti di Kelurahan Umban Sari, Kota Pekanbaru.  Metode penelitian melibatkan survei lokasi awal untuk mengevaluasi kondisi bisnis, dan dilanjutkan dengan pendampingan usaha selama satu bulan. Selama periode pendampingan, upaya dilakukan dalam pembuatan akun Instagram dan pembelajaran dalam pembuatan desain melalui Canva untuk meningkatkan pemasaran online toko UMKM.  Hasilnya menunjukkan bahwa pendampingan berhasil membantu pemilik Djamoe Mbah Uti dalam memperluas pemasaran, meningkatkan akun Instagram, dan memperbarui desain produk. Kesimpulannya, pendampingan dan pengembangan inovasi serta digitalisasi UMKM adalah langkah yang efektif untuk membantu pelaku usaha mengatasi kendala dan memasuki era bisnis modern. Ini memberikan peluang bagi mereka untuk mengembangkan produk dan branding mereka, meningkatkan penjualan, dan mengikuti perkembangan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan.

References

H. Mulachela, “UMKM Adalah: Ciri, Peran, dan Faktor Perkembangannya,” Diambil kembali dari katadata. co. id https//katadata. co. id/sortatobing/finansial/6125bb463f83b/umkm-adalah-ciri-peran-dan-faktor-perkembangannya, 2021.

V. A. Handini and W. Choiriyati, “Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. August, p. 128, 2016.

A. M. Afrilia, “Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran ‘Waroenk Ora Umum’ Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen,” J. Ris. Komun., vol. 1, no. 1, pp. 147–157, 2018, doi: 10.24329/jurkom.v1i1.21.

D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, May 2017, doi: 10.21009/JPMM.001.1.01.

H. Irfani, F. Yeni, and R. Wahyuni, “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0,” JCES (Journal Character Educ. Soc., vol. 3, no. 3, pp. 651–659, 2020.

P. D. Saputro, F. Ulya, and Mustaqim, “Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Era E-commerce & Media Sosial,” J. Pengabdi. Balerang, vol. 2, no. February, pp. 0–5, 2020.

M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.

Nursatyoa and D. Rosliani, “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com,” Ilmu Komun., vol. 1, no. 2, p. 46, 2018.

J.Sulaksono and N.Zakaria, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desan Tales Kabupaten Kediri” Generation Jurnal.vol. 4, no. 1, pp. 2580-4952, 2020.

M. M.Amin, “Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rumah Tanjak Riau di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru),” Diklat Rev. J. Manaj. Pendidik. dan Pelatih., 2022.

Downloads

Published

2023-09-11

Issue

Section

Articles