Edukasi Bullying Pada Remaja Untuk Mencegah Perilaku Menyimpang di SMPN 3 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v2i2.418Keywords:
Pendidikan atau konseling, Bullying, RemajaAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mencegah perilaku menyimpang pada kasus bullying remaja dengan cara meningkatkan pengetahuan melalui pemberian edukasi atau penyuluhan pada siswa-siswi kelas 8.1 SMP Negeri 3 Pekanbaru. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu (1) melakukan sosialisasi dan penyuluhan menggunakan media leaflet, video dan Power Point (PPT) tentang materi bullying, (2) melakukan diskusi dan pembinaan konseling dengan pola dialog dan sharing terkait permasalahan bullying, dan (3) melakukan evaluasi pengetahuan siswa tentang bullying menggunakan dua metode, yaitu (1) secara kualitatif dengan melakukan tanya jawab dalam bentuk pertanyaan terbuka, dan (2) secara kuantitatif dengan pengisian lembar kuesioner Pre-test dan Post-tes yang terdiri dari 10 pertanyaan dalam bentuk multiple choice. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa-siswi kelas 8.1 SMP Negeri 3 Pekanbaru yang berjumlah 40 orang dan didampingi oleh 1 orang guru wali kelas. Pengetahuan siswa tentang bullying mengalami peningkatan setelah diberikan edukasi atau penyuluhan, sehingga dapat disimpulkan bahwa edukasi atau penyuluhan memberikan dampak positif pada pengetahuan siswa. Pengetahuan siswa dalam kategori baik hanya 1 orang (2,5%) sebelum diberikan edukasi atau penyuluhan dan mayoritas pengetahuan siswa dalam kategori baik menjadi sebanyak 26 orang (65%) setelah diberikan edukasi atau penyuluhan.
References
A. Sofia and M. A. Adiyanti, ‘Hubungan pola asuh otoritatif orangtua dan konformitas teman sebaya terhadap kecerdasan moral’, J. Pendidik. Progresif, vol. 4, no. 2, pp. 133–141, 2013.
A. Halimah, A. Khumas, and K. Zainuddin, ‘Persepsi pada Bystander terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP’, J. Psikol., vol. 42, no. 2, p. 129, 2015, doi: 10.22146/jpsi.7168.
Yuyarti, ‘Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter’, J. Kreat., vol. 9, no. 1, pp. 52–57, 2018, doi: https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i1.16506.
Y. P. Sari and W. Azwar, ‘Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat’,
Ijtimaiyya J. Pengemb. Masy. Islam, vol. 10, no. 2, pp. 333–367, 2018, doi: 10.24042/ijpmi.v10i2.2366.
A. Zhang, K. Wang, J. Zhang, and B. A. Oudekerk, ‘Indicators of School Crime and Safety: 2016. NCES 2017-064/NCJ 250650’, Natl. Cent. Educ. Stat., pp. 1–261, 2017, [Online]. Available: https://search.proquest.com/docview/1913354081?accountid=26598%250Ahttp://link.periodicos.capes.gov.br/sfxlcl41?url_ver=Z39.88- 2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:book&genre=report&sid=ProQ:ProQ%253Aeric&atitle=&title=Indicators+of+School+Crime+and+Safe
R. A. Hidayati, ‘Hubungan Peran Teman Sebaya Dengan Perilaku Bully Pada Remaja Di Smp Negeri 3 Gamping Sleman Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta).’, 2020, [Online]. Available: http://digilib.unisayogya.ac.id/5082/1/NASKAH PUBLIKASI RIZKI ANDINI HIDAYATI 201510201010 ILMU KEPERAWATAN S1. - rzkndini h.pdf
N. Fatimah, Z. V. Rohmadani, and R. Setiyani, ‘Pengaruh Perundungan Terhadap Harga Diri Remaja Di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta).’, 2022, [Online]. Available: http://digilib.unisayogya.ac.id/6525/1/Naskah Publikasi Nurfeny Fatimah - Nurfeny Fatimah.pdf
F. A. Nauli, Jumaini, and V. Elita, ‘Analisis Kondisi Bullying pada Anak Usia Sekolah sebagai Upaya Promotif dan Preventif’, J. Ners Indones., vol. 7, no. 2, pp. 11–20, 2017.
M. F. Shidiqi and V. Suprapti, ‘Pemaknaan Bullying pada Remaja Penindas (The Bully)’, J. Psikol. Kepribadian dan Sos., vol. 2, no. 2, pp. 90–98, 2013, [Online]. Available: http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpksd3ed32a0002full.pdf
E. Nurhayaty and A. S. Mulyani, ‘Pengenalan Bulliying dan Dampaknya Pada Pelaku dan Korban’, J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 173–179, 2020, doi: 10.31294/jabdimas.v3i2.8013.
R. S. Qamaria and F. Astuti, ‘Pelatihan Anti Bullying Mampu Meningkatkan Pemahaman Guru Dalam Mencegah Perilaku Bullying’, JURKAM J. Konseling Andi Matappa, vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.31100/jurkam.v4i1.382.
Y. Arif and D. Novrianda, ‘Perilaku Bullying Fisik Dan Lokasi Kejadian Pada Siswa Sekolah Dasar’, J. Kesehat. Med. Saintika, vol. 10, no. 1, p. 135, 2019, doi: 10.30633/jkms.v10i1.317.
A. Asfar and W. O. S. Asnaniar, ‘Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Penyakit HIV/AIDS di SMP BAZNAS Provinsi Sulawesi Selatan’, J. Islam. Nurs., vol. 3, no. 1, pp. 26–31, 2018, [Online]. Available: https://journal3.uin- alauddin.ac.id/index.php/join/article/view/5471
S. Soedjatmiko, W. Nurhamzah, A. Maureen, and T. Wiguna, ‘Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku pada
Anak Sekolah Dasar’, Sari Pediatr., vol. 15, no. 3, p. 174, 2016, doi: 10.14238/sp15.3.2013.174-80.
A. V. Galaresa and A. Al Khasanah, ‘Hubungan Pengetahuan Terhadap Tindakan Bullying Pada Remaja’, © 2022 J. Keperawatan, no. jurnal keperawatan, pp. 14-19., 2022.
N. W. Sitasari, ‘Pengetahuan dan Keterampilan Guru Dalam Menangani Perilaku Bullying’, J. Forum Ilm. Vol., vol. 13, no. 2, pp. 1–11, 2016.
Z. H. Mulachela and J. Prasetyaningrum, ‘Perilaku Bullying Pada Remaja Ditinjau Dari Self Esteem Dan Jenis Kelamin (Doctoral dissertation,
Universitas Muhammadiyah Surakarta).’, pp. 1–14, 2017, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/50120/2/Naskah Publikasi.pdf
W. S. Hertinjung and U. Karyani, ‘Profil Perilaku dan Korban Bullying di Sekolah Dasar’, 2nd Univ. Res. Coloquitum, no. 2011, pp. 173–180, 2015, [Online]. Available: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/1535
E. Junalia and Y. Malkis, ‘Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta’, J. Community Serv. Heal. Sci., vol. 1, no. 3, pp. 15–20, 2022.
Livana, Y. Susanti, and M. A. Silviani, ‘Peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja melalui pendidikan kesehatan tentang dampak bullying’,
Ners Widya Husada - p-ISSN 2356-3060, vol. 5, no. 3, pp. 113–122, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JDISTIRA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0